Comscore Tracker

5 Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Lanskap Alamnya Memikat

Tak hanya pantai, Lampung juga kaya akan wisata alam air terjun

Menghabiskan waktu berlibur di Lampung menjadi pilihan yang mengasyikkan. Pasalnya, provinsi yang berada di selatan Pulau Sumatra ini memiliki banyak pesona alam yang masih asri, terutama air terjunnya. 

Gak hanya satu, ada banyak air terjun eksotis yang bisa kamu temukan. Letaknya yang tersembunyi membuat petualangan menjadi semakin menarik dan mengesankan, deh! Di mana saja ya? Berikut rekomendasi air terjun di Lampung yang menarik untuk dijelajahi.

1. Air Terjun Putri Malu

5 Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Lanskap Alamnya MemikatAir Terjun Putri Malu (instagram.com/senursenja)

Bisa dibilang Air Terjun Putri Malu adalah salah satu wisata primadona di Lampung. Dengan ketinggian air 80 meter, lanskap alam yang disuguhkan sangat menakjubkan. 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati sejuknya air terjun ini, harus menempuh perjuangan yang cukup ekstra. Jarak parkiran hingga lokasi aliran air terjun sendiri sekitar 7,5 km. Bila tak ingin trekking, kamu bisa menyewa ojek motor yang juga berfungsi sebagai guide nantinya. 

Lokasi : Hutan Register 24, Kec. Banjit, Kab. Way Kanan, Lampung.

Harga tiket : Rp 20.000.

2. Air Terjun Way Kalam

5 Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Lanskap Alamnya MemikatAir Terjun Way Kalam (instagram.com/shandy_gustinst)

Berbeda dengan Air Terjun Putri Malu, air terjun ini lebih mudah dijangkau dari jalan utama. Pengunjung hanya perlu trekking selama 15 menit menyusuri jalan setapak untuk tiba di Air Terjun Way Kalam. 

Dikelilingi pepohonan rimbun, suasana di air terjun terasa sangat asri. Di bawahnya terdapat kolam alami cukup dangkal yang biasa digunakan berenang atau berendam. 

Lokasi : Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Harga tiket : Rp 5.000

 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Bandar Lampung, Healing Gak Bikin Kantong Bolong

3. Air Terjun Semantung

5 Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Lanskap Alamnya MemikatAir Terjun Semantung (instagram.com/hery_yt_)

Air Terjun Semantung dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Bangkuang. Hal ini lantaran banyak ditemukan tumbuhan bangkuang di sekitarnya. 

Dengan ketinggian mencapai 40 meter, air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras. Bila ingin bermain air, kamu bisa menceburkan diri ke kolam yang ada di bawahnya. 

Lokasi : Dusun Semantung, Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa, Lampung Barat, Lampung

Harga tiket : Rp 5.000

4. Air Terjun Way Lalaan

5 Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Lanskap Alamnya MemikatAir Terjun Way Lalaan (instagram.com/trrwd_)

Sudah ada sejak tahun 1937, pesona Air Terjun Way Lalaan telah dikenal hingga mancanegara. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Tanggamus ini memiliki kolam dengan warna hijau toska. 

Bukan hanya jernih, kolam ini tak terlalu dangkal sehingga aman untuk berenang maupun berenang. Tapi, bila membawa anak-anak tetap harus siaga agar tidak tergelincir.

Lokasi : Kampung Baru, Kota Agung Timur, Tanggamus Regency, Lampung 35384.

Harga tiket : Rp 5.000.

5. Air Terjun Talang Rabun

5 Air Terjun Tersembunyi di Lampung, Lanskap Alamnya MemikatAir Terjun Talang Rabun (instagram.com/backpackermaniss)

Berlokasi dalam Taman Huta Raya, Air Terjun Talang Rabun menawarkan suasana asri dan menyejukkan. Untuk menjangkau air terjun ini, pengunjung harus trekking melewati bukit dan perkebunan milik warga. 

Jangan khawatir, perjuanganmu akan terbayar tuntas begitu tiba. Air terjun ini mengalir dari tebing setinggi 30 meter. Di sekelilingnya terdapat batuan yang bisa kamu gunakan untuk bersantai. 

Lokasi : Talang Rabun, Desa Sukadadi, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 

Harga tiket : gratis

Menikmati segarnya air terjun menjadi sarana pelepas penat dan lelah. Buat kamu yang mencari destinasi wisata menenangkan di Lampung, wajib mampir ke salah satu air terjun di atas, ya! 

Baca Juga: Mie Khodon Kuliner Legendaris Bandar Lampung, Dulu Dimasak Pakai Arang

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya