5 Fakta Bukit Lona Tidore, Tersembunyi di Balik Perkebunan Cengkih

Bisa lihat pemandangan Pulau Maitara dan Ternate dari sini lho!

Pulau Tidore mungkin bukan tempat yang pertama kali terlintas saat merencanakan liburan. Tapi ternyata, daerah ini memiliki pesona wisata yang masih sangat alami. 

Salah satu tempat wisata yang belum lama dibuka adalah Bukit Lona. Menyuguhkan lanskap perbukitan dan kepulauan sekitar, Bukit Lona menjadi tempat yang asyik untuk bersantai. 

Bila kamu penasaran, simak 5 fakta tentang Bukit Lona berikut ini yuk!

1. Sajikan lanskap alam yang eksotis

5 Fakta Bukit Lona Tidore, Tersembunyi di Balik Perkebunan CengkihBukit Lona (instagram.com/medis_djalali)

Dengan ketinggian 837 meter di atas permukaan laut, Bukit Lona menyuguhkan panorama perbukitan yang sangat indah. Dari sini, pengunjung bisa melihat perbukitan sekitar dan pepohonan hijau yang membentang sangat luas. 

Tak hanya itu, jejeran Pulau Maitara dan Pulau Ternate pun akan tampak jelas dari sini, lho. Pemandangan ini bakalan tampak memukau saat dilihat langsung maupun diabadikan dengan kamera.

2. Berada di tengah kebun pala dan cengkih

5 Fakta Bukit Lona Tidore, Tersembunyi di Balik Perkebunan CengkihBukit Lona (instagram.com/_rfirly)

Bukit Lona berada di kawasan perbukitan pala dan cengkih. Saat berkunjung ke sini, kamu akan menghirup wanginya rempah-rempah ini. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan proses panen tanaman pala dan cengkih, lho! 

Menarik, bukan?

Baca Juga: 5 Pantai Indah di Tidore, Pemandangannya Tak Tertandingi!

3. Baru dibuka sejak 2020

5 Fakta Bukit Lona Tidore, Tersembunyi di Balik Perkebunan CengkihBukit Lona (instagram.com/rkmnyharun)

Tempat wisata ini terbilang cukup baru karena baru dirintis sejak awal 2020 lalu. Bermula dari seorang Kepala Seksi Perencanaan KPH Ternate Tidore yang sedang mengunjungi kebun pala milik orang tuanya, ia pun melihat pesona menawan dari Bukit Lona dan mengusulkannya dibuat sebagai tempat wisata. 

Akhirnya, bukit ini pun mulai ditata dan diberi fasilitas pendukung seperti tempat duduk dan beberapa spot foto estetetik. Meskipun belum selengkap tempat wisata lainnya, Bukit Lona menjadi tempat yang asyik untuk liburan.

4. Akses menuju lokasi cukup mudah

5 Fakta Bukit Lona Tidore, Tersembunyi di Balik Perkebunan CengkihBukit Lona (instagram.com/muhammadhanafisahril)

Akses menuju Bukit Lona cukup mudah dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pengunjung bisa arahkan kendaraan lewat Kelurahan Soasio ke Kelurahan Gurabunga. Teruskan perjalanan melewati Kelurahan Rum dan Kelurahan Jay hingga akhirnya tiba di Lada Ake. 

Setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung harus trekking sejauh 300 meter untuk tiba di puncak bukit. Kamu tak perlu khawatir akan tersesat karena telah tersedia papan petunjuk di sepanjang jalur.

5. Informasi lainnya tentang Bukit Lona

5 Fakta Bukit Lona Tidore, Tersembunyi di Balik Perkebunan CengkihBukit Lona (instagram.com/abdulindonesia)

Lokasi : Lada Ake, Jaya, Tidore, Rum, Kec. Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Harga tiket : Rp5.000

Jam buka : 24 jam

Pesona yang dimiliki Bukit Lona begitu mengagumkan. Bila kamu berkunjung ke Pulau Tidore kelak, jangan lupa mampir ke tempat ini ya.

Baca Juga: 5 Hal Unik Kesultanan Ternate-Tidore, Potensi Wisatanya Bikin Takjub!

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya