Comscore Tracker

5 Hal Menarik yang Bakal Kamu Jumpai di Puncak Gunung Geurutee

Pemandangan alamnya segarkan jiwa dan raga

Aceh memiliki segudang wisata alam yang tak akan berhenti membuatmu terpukau. Provinsi yang ada di ujung Pulau Sumatra ini bahkan memiliki perpaduan pegunungan dan hamparan laut yang bisa dinikmati sekaligus.

Salah satu wisata memadukan kedua hal tersebut adalah Puncak Gunung Geurutee yang berlokasi di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Awalnya, tempat ini hanya sebagai persinggahan pengendara saja.

Namun, berkat pesonanya yang indah, kini banyak orang yang menjadikan Puncak Gunung Geurutee sebagai tujuan wisata. Gak perlu bingung, berikut beberapa hal menarik yang bakal kamu jumpai di Puncak Gunung Geurutee, Aceh. Semuanya seru!

1. Mengabadikan foto berlanskap Samudra Hindia

5 Hal Menarik yang Bakal Kamu Jumpai di Puncak Gunung GeuruteePuncak Gunung Geurutee (instagram.com/meisyasiregar)

Berkat panorama yang memukau, Puncak Gunung Geurutee kerap dijadikan tempat berfoto. Di sini, kamu dapat mengabadikan momen dengan latar hamparan laut membiru yang sangat luas.

Selain itu, terlihat pula garis pantai membentang dengan pasir putih. Dijamin hasil fotomu bakal tampak Instagramable, deh!

2. Melihat indahnya gugusan pulau-pulau kecil

5 Hal Menarik yang Bakal Kamu Jumpai di Puncak Gunung GeuruteePuncak Gunung Geurutee (instagram.com/roizatulhayati)

Tak hanya lanskap lautan saja, kamu juga akan melihat gugusan pulau kecil yang tidak berpenghuni. Biasanya, pulau itu hanya disinggahi oleh nelayan yang mencari ikan di laut. 

Sebelum tsunami melanda Aceh pada 26 Desember 2004, kedua pulau ini menyatu. Namun, setelah tsunami terjadi, pulau ini terbelah menjadi dua yang kini dikenal dengan nama Pulau Klueng dan Pulau Tsunami.

3. Ngopi sembari menikmati pemandangan alam

5 Hal Menarik yang Bakal Kamu Jumpai di Puncak Gunung GeuruteePuncak Gunung Geurutee (instagram.com/___o.kinoviaaa)

Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, Puncak Gunung Geurutee juga dilengkapi warung-warung makanan. Warung ini berjejer di pinggir jalan yang posisinya tepat berada di atas jurang.

Aneka makanan dan minuman, mulai dari camilan, makanan berat, hingga kopi, tersedia di sini. Apalagi dengan disediakan kursi kayu yang menghadap langsung ke laut, bikin sesi minum kopimu terasa lain, deh!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Bireuen, Aceh yang Indahnya bak Cuilan Surga

4. Tempat beristirahat para pengendara

5 Hal Menarik yang Bakal Kamu Jumpai di Puncak Gunung GeuruteePuncak Gunung Geurutee (instagram.com/nazaraulia278)

Kawasan Puncak Gunung Geurutee berada di perlintasan jalan nasional yang sering dilalui pengendara dari Banda Aceh ke arah barat selatan Aceh dan sebaliknya. Biasanya, para pengendara akan beristirahat di Puncak Gunung Geurutee sebelum melanjutkan perjalanan.

Di sini, mereka bisa menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan atau menyantap makanan yang tersedia di warung tersebut. Warung di sini rata-rata buka hingga pukul 19.00 WIB, lho.

5. Bermain dengan monyet

5 Hal Menarik yang Bakal Kamu Jumpai di Puncak Gunung GeuruteePuncak Gunung Geurutee (instagram.com/fauzialrifani_)

Di kawasan ini, kamu juga akan menjumpai monyet di pepohonan sekitar. Monyet-monyet ini biasanya bergelantungan di pinggir jalan bahkan di warung menanti pengunjung memberi makan.

Adanya monyet ini menjadi fenomena tersendiri yang menarik perhatian wisatawan. Tentu tak perlu khawatir, meski hidup secara liar, monyet-monyet ini sudah terbiasa berinteraksi dengan wisatawan.

Menikmati indahnya pemandangan laut dan perbukitan dapat membantu tubuh menjadi lebih segar. Apalagi kalau jalan-jalannya ke Puncak Gunung Geurutee, dijamin makin berkesan, deh!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Aceh Tamiang, Banyak Alam yang Menawan

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya