Comscore Tracker

Pantai Nunggalan Uluwatu, Bali: Info Lokasi, Harga, dan Tips

Liburan ke sini seperti di pantai pribadi, lho!

Sebagai tujuan tempat wisata populer, Bali terkenal dengan pantainya yang indah. Salah satu di antaranya adalah Pantai Nunggalan di kawasan Uluwatu. 

Pantai Nunggalan belum sepopuler pantai lain di Uluwatu, sehingga lebih sepi pengunjung. Bila kamu tertarik untuk mengunjunginya, simak terlebih dahulu informasi wisata Pantai Nunggalan di Uluwatu, Bali, berikut ini!

1. Sekilas tentang Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan Uluwatu, Bali: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Nunggalan (instagram.com/_sukmayanti)

Bisa dibilang, pantai ini termasuk salah satu hidden gem di Uluwatu karena lokasinya berada di balik tebing karang. Salah satu keistimewaan yang bakal kamu temukan di sini adalah nuansa sepi yang membuatmu serasa liburan di pantai pribadi. 

Untuk menikmati keindahan Pantai Nunggalan, kamu harus melakukan perjuangan terlebih dahulu, yakni menyusuri bukit karang. Namun, perjuanganmu akan terbayar begitu tiba di lokasi. Perpaduan pasir putih dan perbukitan hijau akan menyambutmu.

2. Lokasi dan rute menuju Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan Uluwatu, Bali: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Nunggalan (instagram.com/primadiaz)

Pantai Nunggalan terletak searah dengan Pantai Uluwat atau tepatnya di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. Pertama, kamu bisa arahkan kendaraan menuju kawasan Uluwatu.

Setelah itu, masuk ke Jalan Batu Nunggalan dan belok ke kiri ke arah Vila Plenilunio. Kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di sini dan melanjutkan perjalanan berjalan kaki menuruni bukit karang.

Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit. Tenang saja, ada beberapa batuan yang dicat berwarna sebagai petunjuk arah ke pantai.

3. Jam operasional, harga tiket, dan fasilitas di Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan Uluwatu, Bali: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Nunggalan (instagram.com/follownahh)

Pantai Nunggalan merupakan pantai yang masih sangat alami, sehingga belum diberlakukan jam operasional. Kamu bisa mengunjunginya kapan pun.

Untuk menikmati keindahan pantai ini pun kamu tidak akan dipungut biaya masuk. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan yang dititipkan di Vila Plenilunio.

Layaknya pantai tersembunyi, Pantai Nunggalan belum dibekali fasilitas seperti pantai lainnya. Di sepanjang pantai, hanya bisa kamu temukan satu buah warung makanan. Bila ingin ke kamar mandi, kamu bisa menumpang pada pemilik warung tersebut.

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Honeymoon Bali, Cocok untuk Berburu Senja!

4. Pesona eksotis Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan Uluwatu, Bali: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Nunggalan (instagram.com/masell.le)

Meskipun cukup sepi, keindahan yang ditawarkan Pantai Nunggalan tak bisa dianggap remeh. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan membentang di balik tebing karang.

Pada salah satu sisi pantainya, bisa kamu temukan sebuah bangkai kapal. Keberadaan bangkai kapal karam ini menjadi salah satu foto yang banyak digemari wisatawan. Bangkai kapal karam ini pun tampak Instagramable dengan lukisan mural.

Area pantai yang masih sepi pengunjung menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi kamu yang ingin mencari tempat menenangkan diri. Kamu pun bisa menjelajahi Pantai Nunggalan dari ujung ke ujung secara leluasa.

5. Tips liburan ke Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan Uluwatu, Bali: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Nunggalan (instagram.com/ade.zz_)

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan bila ingin mengunjungi Pantai Nunggalan:

  1. Pastikan tubuh dalam kondisi yang fit karena perjalanan akan menguras tenaga. 
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman dan antilicin. 
  3. Bawalah perbekalan untuk mengantisipasi rasa haus di tengah perjalanan. 
  4. Beberapa sinyal provider tidak terdeteksi di Pantai Nunggalan. Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menikmati alam. 
  5. Sebaiknya pulang sebelum matahari terbenam, mengingat medan yang dilalui cukup sulit. 

Ditemani pemandangan Pantai Nunggalan dan nuansa alaminya, liburan bakal terasa berkesan. Jadi, kapan, nih, kamu mau mengunjungi pantai ini? Wajib mampir saat kamu liburan ke Uluwatu, Bali, ya!

Baca Juga: Wisata Gili Ketapang: Informasi Lokasi, Harga, dan Aktivitas!

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya