Comscore Tracker

5 Pesona Pantai Porok, Hidden Paradise di Gunungkidul Yogyakarta

Lanskap lautan birunya menenangkan jiwa

Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, terkenal memiliki puluhan pantai yang cantik. Salah satu pantai di Gunungkidul adalah Pantai Porok. Pantai ini berlokasi di Dusun Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Porok dapat dikatakan sebagai pantai tersembunyi di Gunungkidul karena masih sedikit yang mengetahui keberadaannya. Namun, beragam keindahan dan pesona yang disajikan sangat sayang untuk dilewatkan, lho.

Bak surga tersembunyi, berikut pesona Pantai Porok yang menjadi salah satu pantai terbaik di Gunungkidul, Yogyakarta. Indahnya kebangetan!

1. Suasana pantai yang asri dan sunyi

5 Pesona Pantai Porok, Hidden Paradise di Gunungkidul YogyakartaPantai Porok (instagram.com/dewi_rhmd)

Pantai Porok merupakan salah satu tempat wisata alam yang jauh dari perkotaan. Letaknya pun cukup tersembunyi, sehingga jarang terjamah wisatawan.

Hal ini membuat keindahan Pantai Porok terjaga secara alami dan asri. Cocok dijadikan tempat berlibur yang nyaman sekaligus menenangkan pikiran dari padatnya kehidupan perkotaan.

2. Pantai dengan pasir putih yang landai

5 Pesona Pantai Porok, Hidden Paradise di Gunungkidul YogyakartaPantai Porok (instagram.com/dedenyd)

Seperti pantai Gunungkidul lainnya, Pantai Porok dipenuhi dengan hamparan pasir putih. Meskipun tidak terlalu luas, nuansanya terasa cukup privat.

Bibir pantainya pun cukup landai, sehingga aman bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekadar bermain air. Didukung dengan ombak yang tidak terlalu besar membuat bermain air terasa nyaman.

3. Rindangnya pepohonan di sekitar pantai

5 Pesona Pantai Porok, Hidden Paradise di Gunungkidul YogyakartaPantai Porok (instagram.com/anangmaulanamb)

Nuansa alami Pantai Porok juga bertambah dengan adanya pepohonan yang menghiasi sekitar pantai. Pepohonan ini berada tak jauh dari bibir pantai.

Tak hanya memberi efek kesegaran dan kesejukan, pengunjung juga bisa berteduh di bawah pohon sembari menikmati pemandangan pantai. Selain itu, menggantungkan hammock di antara pepohonan ini menjadi cara bersantai yang asyik, lho!

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Trenggole, Hidden Gem di Gunungkidul

4. Dapat dijangkau dengan trekking

5 Pesona Pantai Porok, Hidden Paradise di Gunungkidul YogyakartaPantai Porok (instagram.com/arrumda)

Untuk menjangkau Pantai Porok, pengunjung harus melakukan aktivitas otot terlebih dahulu. Sebab, belum ada akses langsung menuju Pantai Porok.

Pengunjung bisa menitipkan kendaraan di Pantai Lolang atau Pantai Kukup. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 15 menit. Gak perlu khawatir, banyaknya pohon hijau di sepanjang jalan membuat perjalananmu tak terasa melelahkan.

5. Tempat sempurna untuk berkemah

5 Pesona Pantai Porok, Hidden Paradise di Gunungkidul YogyakartaPantai Porok (instagram.com/ekajullia)

Bila ingin berlama-lama, kamu bisa berkemah di Pantai Porok. Suasana pantai yang sepi dan minim pengunjung membuat kemah terasa khidmat. 

Namun, pengunjung harus membawa peralatan seperti tenda, matras, dan lain sebagainya dari rumah, ya. Sebab, belum ada penyewaan di sini.

Wah, seperti liburan di pantai pribadi, kan? Meski perjalanan memakan waktu dengan usaha lebih, semua akan sepadan dengan keindahan yang disuguhkan Pantai Porok. Kalau sedang ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Pantai Porok, ya!

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Kesirat Gunungkidul Kala Senja, Bikin Betah

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya