Comscore Tracker

5 Wisata Dataran Tinggi di Yogyakarta dengan View Sunset Memukau

Pemandangannya sangat memanjakan mata

Pemandangan matahari terbenam selalu menjadi incaran wisatawan, khususnya muda mudi. Beberapa wisata alam yang menyuguhkan view sunset pun tak pernah sepi. 

Bagi kamu yang mencari ketenangan alam dan pemandangan sunset yang juara, Yogyakarta menjadi jawabannya. Berikut lima wisata dataran tinggi di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Bukit Paralayang Watugupit

5 Wisata Dataran Tinggi di Yogyakarta dengan View Sunset MemukauBukit Paralayang Watugupit (instagram.com/fauziekasaputra)

Bukit Paralayang Watugupit merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset di Jogja. Sambil menunggu matahari terbenam, kamu juga bisa menyaksikan hamparan pasir Pantai Parangtritis. 

Pesona Bukit Paralayang Watugupit telah tersohor hingga ke berbagai daerah. Untuk menyaksikan pemandangan sunset, sebaiknya datanglah lebih awal. Lantaran saat menjelang sore, bisa jadi kamu tidak dapat tempat duduk. 

Lokasinya berada di Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu bisa memasuki daerah wisata ini dengan merogoh kocek Rp10 ribu per orangnya.

2. Puncak Kosakora

5 Wisata Dataran Tinggi di Yogyakarta dengan View Sunset MemukauPuncak Kosakora (instagram.com/piiikkkk_)

Puncak Kosakora adalah sebuah bukit karst yang berdiri di jajaran pantai Gunungkidul. Dengan ketinggian 50 mdpl, kamu dapat melihat Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, hingga Pantai Kukup. Bahkan mercusuar yang berada di Pantai Baron juga akan terlihat. 

Untuk menuju Puncak Kosakora, kamu harus masuk ke Pantai Ngrumput karena kedua wisata ini berada dalam satu area. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu masih harus mendaki sekitar 5-10 menit untuk tiba di atas. Berada di atas puncak ini, lelah dan penat akibat aktivitas sehari-hari akan sirna. 

Lokasinya beradi di Area Hutan, Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tiket masuknya pun sekitar Rp10 ribu untuk retribusi dan Rp2 ribu untuk masuk ke Puncak Kosakora.

Baca Juga: 5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang Maknyus

3. Spot Riyadi

5 Wisata Dataran Tinggi di Yogyakarta dengan View Sunset MemukauSpot Riyadi (instagram.com/ernymahardika)

Nama Spot Riyadi diberikan karena sebenarnya objek wisata ini adalah sebuah halaman rumah milik Bapak Riyadi. Awalnya hanya beberapa fotografer dan pesepeda yang mampir lantaran iseng. Setelah tersebar, keindahan Spot Riyadi pun mulai digarap serius dan menarik banyak minat wisatawan.

Selain pemandangan sunset yang menakjubkan, kamu juga dapat melihat gagahnya Candi Prambanan, Candi Plaosan dan hamparan Kota Jogja. Gunung Merapi juga akan terlihat nan megah dari Spot Riyadi, lho! 

Lokasinya sendiri berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Para pengunjung pun tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun, untuk kamu yang membawa kendaraan, ada biaya parkir yang harus dibayar, ya.

4. Puncak Sosok

5 Wisata Dataran Tinggi di Yogyakarta dengan View Sunset MemukauPuncak Sosok (instagram.com/muhammaddede_dwi)

Meski terbilang baru, Puncak Sosok telah menarik banyak wisatawan. Spot ini menawarkan pemandangan kota dan landscape Yogyakarta 360 derajat. 

Ada banyak fasilitas yang dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Puncak Sosok. Mulai dari gazebo, spot foto instagramable, tempat duduk, aula, warung makan, hingga panggung live music. Tak hanya memiliki sunset yang indah, pemandangan malamnya pun sayang untuk dilewatkan. 

Lokasi Puncak Sosok berada di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Biaya sukarela pun dikenakan oleh tiap pengunjung yang datang.

5. Candi Ijo

5 Wisata Dataran Tinggi di Yogyakarta dengan View Sunset MemukauCandi Ijo (instagram.com/choirullmaher)

Candi Ijo memiliki daya tarik tersendiri dibanding candi lain di Yogyakarta. Sebagai candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta, Candi Ijo menawarkan pemandangan kota yang tak kalah memukau.

Selain itu, objek wisata ini banyak pula dikunjungi wisatawan yang ingin berburu sunset karena lokasinya yang pas dengan pemandangan sunset yang memanjakan mata.

Lokasi Candi Ijo berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Para pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp10 ribu per orangnya.

Kelima tempat wisata di atas tak hanya menawarkan keindahan sunset, tapi juga spot instagramable bagi kamu yang ingin berburu foto-foto ciamik. Jika berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk berkunjung ke lima tempat di atas, ya.

Baca Juga: 5 Penginapan Sejuk di Tengah Kota Yogyakarta, Bikin Betah Nginep!

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya