Comscore Tracker

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019

#Oscar2019 Salah satu hadiah Piala Oscar, nih!

Setiap tahunnya, perhelatan Academy Awards alias Piala Oscar selalu dinantikan seluruh masyarakat di dunia. Pasalnya, penghargaan yang merebutkan salinan patung Academy Award of Merit ini selalu memberikan kejutan di dalamnya. 

Layaknya acara resmi pada umumnya, semua tamu undangan mendapatkan goodie bag. Kalau tahu isinya, kamu pasti pengin banget menjadi salah satu tamu undangan tersebut. Hadiah istimewa di dalamnya banyak banget, termasuk liburan mewah naik kapal ke Sungai Amazon.

Mendengar nama Amazon, kamu pasti sudah terbayang hal yang seram, kan? Ternyata kawasan Amazon itu gak melulu tentang hewan buas dan hutan yang menyeramkan, lho!

1. Amazon sering dijadikan lokasi film

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019rollingstone.com

Lokasinya yang masih alami, membuat Sungai Amazon seringkali dijadikan lokasi film. Apalagi dengan adanya hutan tropis terluas di dunia yang bisa membuat elemen di dalamnya menghasilkan film super keren.

Beberapa di antaranya, seperti Amazonia (2013), The Emerald Forest (1985), The Lost City of Z (2016), Embrace of the Serpent (2015), The Mission (1986), dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada film favoritmu?

2. Banyak hewan mungil tapi buas di Amazon

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019nationalzoo.si.edu

Kalau di Afrika, kamu bisa melihat predator bertubuh besar. Kamu bisa merasakan kehadiran singa, jaguar, macan tutul, kuda nil, dan sebagainya secara jelas. Rasanya jantung kayak mau copot. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku ketika kamu singgah ke Hutan Amazon.

Selain ular, banyak hewan berbahaya yang bakal menantikan kehadiranmu di sini. Ada ikan piranha dengan gigi tajamnya yang akan memangsa targetnya secara berkelompok, belut yang mampu menghasilkan tegangan listrik hingga 650 volt, katak atau ulat beracun yang bisa membunuh manusia, sebuah ikan parasit bernama candiru yang bisa masuk ke dalam tubuh kita, dan lain-lain.

3. Hutan Amazon dianggap paru-paru dunia

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019chimuadventures.com

Terlepas dari fakta Hutan Amazon yang gundul karena penebangan ilegal, hutan ini merupakan hutan tropis terbesar di dunia. Bahkan, Amazon mampu menghasilkan 30 persen dari seluruh oksigen di bumi.

Maka dari itu, Amazon dianggap sebagai paru-paru dunia. Sedangkan, sungainya sendiri memproduksi 20 persen air tawar untuk bumi.

4. Hutan terluas di dunia

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019roughguides.com

Sudah pada tahu, kan kalau Amazon merupakan hutan terluas di bumi? Namun, tahukah kamu kalau hutan ini bukan hanya milik Brasil saja? Dengan luas sekitar 5,5 juta kilometer persegi, Hutan Amazon berada di sembilan negara sekaligus.

Brasil memang mendominasi dengan mencakup 60 persen hutan. Selain Brasil, ada Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis.

5. Dibutuhkan waktu 66 hari untuk berenang di Sungai Amazon

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019facebook.com/martinstrelfan

Siapa sih yang pernah terbesit menyusuri Amazon dengan cara berenang? Apalagi ada banyak hewan buas yang berada di dalam sungai tersebut. Ternyata ada lho orang nekat yang berhasil menyusuri Sungai Amazon asal Slovenia, bernama Martin Strel.

Dimulai pada 1 Februari 2007, Martin memulai aksinya untuk melewati derasnya arus sungai dan hewan buas. Akhirnya dia berhasil melewati itu semua pada 7 April 2007. Salah satu cara yang dia gunakan untuk menghindari serangan piranha adalah mengelabuinya menggunakan sebuah kapal berisi darah segar.

Nekat banget, kan? Kalau masih sayang nyawa gak usah ditiru, ya.

Baca Juga: 10 Isi Goodie Bag Mewah Undangan Oscar 2019, Senilai Rp1,2 Miliar

6. Kata siapa suku asli Amazon berbahaya?

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019etniasdelmundo.com

Dari sekian banyak suku asli Amazon, Huaorani lah yang dianggap berbahaya. Cerita tersebut bermula ketika wilayah mereka didatangi pelayar dari Eropa saat abad pertengahan. Suku Huaorani tidak pernah kalah, sekali pun dalam perang, makanya dianggap berbahaya.

Faktanya, mereka hanya melindungi tempat tinggal mereka yang terletak di Hutan Amazon di sebelah timur Ekuador. Lambat laun, Suku Huaorani mulai melakukan kontak dengan dunia luar, dimulai pada 1956. Hal tersebut menimbulkan perpecahan internal, karena adanya pro dan kontra. 

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019ecuadorgreentravel.net

Butuh waktu bagi pemerintah dan suku Huaorani mencapai kesepakatan. Hingga akhirnya Pemerintah Ekuador dan organisasi di Ekuador membuka mata untuk menjaga keberlangsungan hidup suku Huaorani. Salah satunya dengan menjual paket wisata untuk tinggal bersama suku setempat.

Ada dua paket wisata yang disediakan, yakni 5 hari 4 malam dan 4 hari 3 malam. Harganya dibanderol mulai US$801 atau sekitar Rp11 juta.

7. Amazon telah menjadi destinasi wisata yang eksotis

https://www.youtube.com/embed/dQZXWVpZ368

Belum ada kepastian soal paket liburan yang akan didapatkan para tamu Oscar. Mereka hanya ditawarkan liburan dengan kapal mewah dengan tujuan Amazon, Islandia, Galapagos, atau Kosta Rika (pilih salah satu). 

Seperti yang disinggung di atas, sekarang Amazon memang menjadi salah satu destinasi wisata. Kamu bisa menginap di tengah hutan atau bermalam di sebuah kapal mewah menyusuri Sungai Amazon.

Jika melihat video di atas, pasti jadi tertarik berwisata di Amazon, kan? Kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah ditemani alam Amazon yang mengagumkan.

Hutan Amazon bukan lagi hanya untuk mereka yang cinta petualangan. Kini Amazon bisa dinikmati semua kalangan yang menginginkan liburan antimainstream. Kalau tetarik, kamu bisa menemukan beragam agen perjalanan untuk mengenal Amazon lebih dalam.

8. Amazon merupakan salah satu keajaiban dunia

8 Fakta Unik tentang Hutan Amazon, Hadiah Liburan Tamu Oscar 2019roughguides.com

Meskipun dianggap berbahaya, ada banyak sisi positif yang bisa diambil dari kawasan Amazon. Mengundang para tamu Oscars ke sini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan betapa besarnya potensi wisata di Amazon. 

Pada 2011, Amazon telah ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature. Selain besarnya hutan dan panjangnya sungai, Amazon juga memiliki 2,5 juta spesies jenis serangga, 3.000 jenis buah (saat ini yang aman dimakan hanya 200), dan rumah bagi 10 juta senis hewan mulai dari amfibi hingga reptil.

Menarik banget, bukan? Yuk, nabung dulu buat liburan ke sana!

Baca Juga: 9 Kategori Makanan Mewah Ini Bakal Disantap Tamu VIP Piala Oscars 2019

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You