Comscore Tracker

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!

Hanya ada satu di Indonesia

Tana Toraja menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang telah dikenal di seluruh dunia. Walau  harus menempuh perjalanan darat selama 8 jam dari Makassar, Sulawesi Selatan, hal itu tidak menurunkan semangat para wisatawan.

Tana Toraja terkenal dengan masyarakatnya yang memegang kepercayaan, aturan, serta ritual yang cukup ketat. Menurut mitos, nenek moyang asli masyarakat Toraja dipercaya berasal dari surga dan turun langsung ke bumi dengan menggunakan tangga. 

Maka dari itu, liburan ke Tana Toraja itu rasanya kurang lengkap kalau gak menyusuri objek wisata bersejarah untuk mengenal budaya dan adat setempat.

1. Tradisi Ma’nene

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!needanews.com

Jika kamu sering melihat mumi yang identik dengan balutan kain, kamu akan melihat kondisi yang berbeda di sini. Di Tana Toraja, para mayat leluhurnya dikenakan baju yang layak.

Ma'nene merupakan tradisi mengganti baju orang yang sudah meninggal serta membersihkan tubuhnya.  Ma'nene dilakukan masyarakat Baruppu, Sulawesi Selatan. Tradisi ini dilakukan setelah panen besar pada Agustus. Ma'nene ini biasanya dilakukan tiga kali dalam setahun.

2. Upacara Rambu Solo

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!indonesiakaya.com

Rambu Solo merupakan upacara pemakaman,  supaya arwah orang meninggal tersebut tidak akan memberikan kemalangan pada orang-orang yang ditinggalkannya. 

Upacara pemakaman Rambu Solo memiliki rangkaian kegiatan yang rumit dan membutuhkan biaya tidak sedikit. Jika orang meninggal berasal dari kalangan bangsawan, keluarga itu harus mengadakan upacara Rambu Solo dengan memotong kerbau dan babi sekitar 24-100 ekor. 

Selama menunggu persiapan upacara Rambu Solo, tubuh orang meninggal itu dibungkus kain dan disimpan di rumah leluhur atau tongkonan. Upacara ini biasanya dilakukan sekitar Juli hingga Agustus.

3. Desa Adat Kete Kesu

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!Cumilebay.com

Kete Kesu merupakan salah satu desa adat terbaik di Indonesia. Lokasinya lima kilometer dari Rantepao. Terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia lebih dari 500 tahun. 

Para wisatawan akan menemukan kuburan batu yang menyerupai sampan atau perahu yang menyimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia. Ada pula yang berbentuk kerbau dan babi. Peti berukir kerbau berarti jenazah laki-laki, sedangkan peti berukir babi melambangkan jenazah perempuan.   

Baca juga: 10 Kota Terbaik untuk Dijadikan Liburan 2018, Ada Indonesia?

4. Museum Ne' Gandeng

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!cektravel.info

Kamu yang benar-benar ingin mempelajari sejarah Tana Toraja, sebaiknya datang ke museum Ne' Gandeng. Lokasinya berada di Desa Palangi, Kecamatan Sa’dan Balusu.

Kamu bisa mengenal beragam budaya, adat, dan sejarah masyarakat Toraja ditemani pemandangan alam yang menyejukkan. Museum Ne' Gandeng juga dilengkapi fasilitas penginapan Tongkonan dengan biaya sekitar Rp 500 ribu.

Tongkonan merupakan rumah adat khas Toraja yang dapat menampung hingga 30 orang.

5. Batutumonga

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!kompas.com

Batutumonga terkenal sebagai salah satu negeri di atas awan. Hampir seluruh keindahan Tana Toraja dapat dilihat, termasuk Rantepao. Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah pagi hari supaya bisa menikmati momen matahari terbit. 

Wisatawan harus waspada saat singgah ke Batutumonga. Perjalanannya membutuhkan waktu 30 menit hingga satu jam dengan medan jalanan berkelok dan sempit di antara jurang. 

6. Bori Kalimbuang

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!panoramio.com

Bori merupakan situs purbakala sebagai tempat sekumpulan menhir (batu berdiri) yang tertata rapi dan menawan. Menhir didirikan untuk menghormati pemuka adat atau keluarga bangsawan yang meninggal. 

Sedikitnya, ada sekitar 102 menhir yang terdiri 24 buah batu ukuran besar, 24 buah ukuran sedang, dan 54 buah berukuran kecil.

7. Lovely December

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Tana Toraja, Liburan Makin Seru!Portalsolata.com

Lovely December tahun ini akan mengangkat tema "Pengalaman Surgawi yang Tak Terlupakan". Sejak 2008, festival ini menampilkan berbagai tradisi dari kebudayaan Tana Toraja yang dikemas dalam atraksi seni.

Kamu tidak akan merasa bosan, karena terdapat 7 kegiatan yang seru dan menarik. Di antaranya seperti The Coffee Festival, Bulls Contest and Bull Fight, Christmas Choirs Competition, Traditional Food and Beverage Fiesta, Art and Culture Festival, Sports Tourism, serta as well as Fun and Fury Paragliding. 

Festival akan berlangsung mulai 5 Desember hingga 31 Desember mendatang. Semakin tertarik berkunjung ke Tana Toraja? Siapkan tiket liburanmu untuk Desember mendatang, ya.

Baca Juga: 10 Potret Kapitoo Glamping & Cafe, Tempat Nongkrong Kekinian di Toraja

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya