Comscore Tracker

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indah

Surga kecil di Indonesia bagian barat

Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok beserta kampung halamannya di Belitung sedang ramai menjadi bahan pembicaraan di media sosial. Hal ini dikarenakan film yang menceritakan tentang kisah hidupnya, A Man Called Ahok  sedang tayang di bioskop. 

Selain kagum dengan perjalanan hidup Ahok, film tersebut juga membuat para penonton terpukau dengan keindahan Belitung. Tidak dapat dimungkiri, Belitung menjadi salah satu surga kecil Indonesia. Dari sekian banyak tempat wisata, inilah beberapa tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi.

1. Kampung Ahok

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahborukaro.com

Saking spesialnya sosok mantan Bupati Belitung Timur itu, terdapat kompleks wisata bernama Kampung Ahok. Berada di kawasan Manggar, Belitung Timur, tempat ini merupakan kawasan wisata yang dibangun adik Ahok, yakni Basuri Tjahaja Purnama. Kamu bisa melihat silsilah keluarga besar Ahok sejak 1924 di sini.

2. Pantai Tanjung Tinggi

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahindonesia-tourism.com

Beranjak ke Kecamatan Sijuk, ada pantai yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi dikenal memiliki hamparan pasir putih dan bebatuan granit. Menariknya lagi, kamu bisa bermain jetski, kano, memancing, dan sebagainya.

3. Desa Namang

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahbabelreview.co.id

Di Bangka Tengah terdapat Desa Namang yang mempunyai jamur paling mahal se-Indonesia. Dikenal dengan nama jamur pelawan, harganya bisa mencapai Rp2 juta per kilogram. 

Kamu bisa membelinya dalam bentuk kemasan atau langsung mencoba di area hutan. Jamur pelawan juga menjadi suguhan khas Bangka dalam perayaan "Makan Bedulang".

4. Pulau Lengkuas

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahtwitter.com/jpmp_indonesia

Bicara soal Belitung, kamu wajib banget mampir ke Pulau Lengkuas. Terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang megah sebagai bangunan ikonik khasnya. Mercusuar setinggi 50 meter tersebut bisa kamu telusuri dengan membayar tiket Rp5.000.

Pulau Lengkuas juga menjadi penangkaran penyu sisik. Jika beruntung, kamu bisa berkesempatan melepasnya langsung ke laut.

Baca Juga: 10 Potret Eric Febrian Pemeran Ahok Muda, Remaja Asli Belitung

5. Museum Kata

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahindonesiakaya.com

Film Laskar Pelangi yang sempat nge-hits membawa pengaruh dengan didirikanya museum Kata ini. Dibangun Andrea Hirata, museum ini terletak di Desa Gentong. Lokasinya tak jauh dari SD Laskar Pelangi. Terdapat 200 karya sastra dari berbagai genre di sini. Museum buka pukul 10.00 hingga 17.00.

6. Danau Kaolin

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahinstagram.com/amel_agustina16

Gak hanya pasir pantainya saja yang putih di Belitung. Ada lagi Danau Kaolin yang memadukan air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. 

Tak banyak orang tahu tempat ini, karena memerlukan agen wisata terpercaya untuk bisa mengaksesnya. Rata-rata orang ke sini karena penasaran melihat sisi lain dari potensi wisata Belitung.

7. Bukit Berahu

7 Rekomendasi Wisata Kece di Belitung, Kampung Halaman Ahok yang Indahtraveloka.com

Belitung juga memiliki sebuah bukit yang indah bernama Berahu. Sebuah tempat eksotis yang memadukan resto dan bungalow atau vila. Bukit Berahu ini letaknya cukup dekat dengan Tanjung Tinggi.

Dari atas bukit ini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan pantai pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Spesialnya lagi, kamu bisa merasakan pantai yang begitu bersih bak milik sendiri. Pasalnya, pantai di sini merupakan hak milik dari bungalow.

Nah, itulah beberapa keindahan di kampung halaman Ahok, Belitung. Jadi kapan kamu mau ke sana?

Baca Juga: 7 Kuliner Enak dari Kampung Halaman Ahok, Mendadak Bikin Ngiler

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya