Comscore Tracker

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongeng

Ternyata ada tempat aslinya, lho

Disney menjadi salah satu pusat sebuah karya imajinasi indah dilahirkan. Setiap film yang dilahirkan Disney, pasti sukses membuat orang terhibur. Tidak hanya alur cerita, lokasi pembuatan film pun membuat banyak orang berdecak kagum. 

Tapi, apakah kamu tahu, sebagian besar suasana desa, istana, atau pemandangan di film Disney merupakan hasil inspirasi dari dunia nyata? Berikut ulasannya!

1. Tangled – Mont Saint-Michel, Normandy, Perancis

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengdisney.wikia.com
7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengwar-thunder-sajt.ru

Tangled merupakan adaptasi dongeng Rapunzel karya Brother Grimm dari Jerman. Dalam film itu, Rapunzel awalnya tinggal di Istana Corona, lalu diculik dan diasingkan ke menara tinggi di sebuah hutan antah berantah.

Istana Corona dalam film Tangled  terinspirasi dari Mont Saint-Michel yang terletak di sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Perancis. 

Wisata yang dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO pada 1979 itu sangat populer di Perancis. Untuk menuju pulau, kamu bisa menggunakan shuttle bus secara gratis.

2. Up – Angel Falls, Venezuela

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengarcadiapower.com dan albanyee

Untuk mendapatkan pemandangan indah kisah petualangan Carl Fredricksen dan Russell di Paradise Falls, tim kreatif Pixar pergi menuju Tepui, Venezuela. Layaknya seperti film, butuh perjuangan selama tiga hari untuk sampai ke tempat ini. Angel Falls adalah nama asli air terjun tertinggi di dunia. 

Meski begitu, kini Angel Falls menjadi wisata terpopuler di Venezuela. Kamu harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar menuju Canaima Camp. Dari Canaima, menyusuri sungai yang mengaliri air terjun, yaitu Sungai Churun, Gauja, dan Carrao. 

3. The Emperor’s New Groove – Machu Picchu, Cusco, Peru

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengdemilked.com
7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengescape.com.au

Film ini menceritakan tokoh utama sang kaisar sombong bernama Kuzco yang dikutuk menjadi ilama. Pertemuannya dengan Pacha membuat Kuzco harus melawan gengsinya dan belajar tentang roda kehidupan. Dibandingkan dua lokasi sebelumnya, spot  Disney satu ini memang terlihat berbeda jauh.

Sebelum tayang pada 2000, kru produksi melakukan perjalanan ke Machu Picchu di Peru. Tujuannya untuk mempelajari artefak Inca, arsitektur, hingga pemandangan alamnya. 

Desa Machu Picchu terletak di lembah Urubamba, sebuah pegunungan yang berada dengan ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut. Desa ini merupakan situs warisan UNESCO sejak 1983.

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting MV Idol KPop yang Bisa Jadi Referensi Liburanmu

4. Frozen – Hotel De Glace, Kota Quebec, Kanada

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengdisney.wikia.com
7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengbucurestifm.ro

Siapa sih yang gak tahu film Disney fenomenal satu ini? Frozen menceritakan sebuah Kerajaan Arendelle dengan tokoh utama Elsa yang mempunyai kekuatan sihir es. Alur ceritanya menarik, menunjukkan cinta sejati saudara diiringi lagu-lagu yang hangat.

Ada sebuah adegan di saat Elsa takut dengan kekuatannya sendiri, lalu membuat sebuah istana es untuk mengasingkan diri. Istana tersebut ternyata mengadaptasi dari hotel es di Quebec. Hotel ini kece banget dengan gaya arsitektur yang akan membuatmu berada dalam dunia fantasi es. 

5. Moana - Kepulauan Polinesia, Pasifik Selatan

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengcntraveler.com

Masih ingat film Moana  yang begitu memukau pada 2016 lalu, kan? Film animasi ke-56 Disney itu bercerita seorang gadis remaja yang melakukan perjalanan untuk menyelamatkan pulau dan penduduk Polinesia. Dari nama di filmnya saja sudah mirip dengan kenyataannya, yakni Kepulauan Polinesia. 

Direktur John Musker dan Ron Clements melakukan perjalanan ke beberapa pulau di Pasifik Selatan untuk penelitian. Di antaranya ke Fiji, Samoa, Tahiti, Moorea, Bora Bora, dan Selandia Baru yang akhirnya menjadi inspirasi utama bagi Motunui.

6. Finding Nemo - Pelabuhan Sydney, Australia

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengquora.com
7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengkirkhillephotography.com

Film yang menceritakan kisah perjuangan sang ayah menyelamatkan anaknya ini memang patut diapresiasi. Tanpa sadar, kita jadi terbawa suasana film, menyaksikan bagaimana usaha Marin dan Dory berenang dari Great Barrier Reef hingga Australia yang tentunya diperlukan banyak usaha.

Penggambaran suasana saat mereka tiba di pelabuhan Sydney sangat mengagumkan. Replika pemandangannya menakjubkan, mirip dengan aslinya. Sebagai kota terbesar di Australia, Sydney terkenal dengan bangunan hiburan dan pertunjukan seni Opera House.

7. Snow White - Istana Segovia, Spanyol

7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengdisney.wikia.com
7 Tempat Liburan Paling Kece ala Film Disney, bak Negeri Dongengthousandwonders.net

Salah satu film legenda Disney ini juga terinspirasi dari dunia nyata. Snow White mengalami beberapa kali pembaharuan agar bisa dinikmati semua generasi. Benteng Ratu di Snow White  terinspirasi dari Alcazar, Segovia, Spanyol Tengah. Sebuah kastil yang digunakan tempat tinggal raja Spanyol selama ratusan tahun, hingga rusak parah karena lalapan api pada 1862. 

Asyik banget, kan kalau bisa menikmati liburan ala Disney tersebut? Kamu pengin merencanakan liburan ala film Disney yang mana nih?

Baca Juga: 4 Lokasi Syuting Film Bumi Manusia, Rekomendasi Liburan yang Berkesan

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You