Comscore Tracker

Asyik, Sekarang Turis Indonesia Gratis Visa ke India Lho!

Prosesnya cepat dan mudah banget

Walau tak sepopuler negara Asia lainnya, India cukup ramai dikunjungi wisatawan Indonesia. Keindahan benteng Amber, Taj Mahal, Ladakh, dan lainnya menjadi daya tarik utama untuk liburan ke negeri Bollywood. Kabar baiknya, sekarang liburan ke India tidak perlu mengurus Visa lagi, lho!

1. Wisatawan Indonesia bebas visa hingga 30 hari

Asyik, Sekarang Turis Indonesia Gratis Visa ke India Lho!ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sejak pertemuan Diaspora India di Jakarta Convention Center, akhir Mei lalu, Perdana Menteri India, Nerendra Modi telah mengumumkan bahwa wisatawan Indonesia mendapatkan hak bebas visa hingga 30 hari. Dia berharap wisatawan Indonesia berkesempatan melihat perkembangan India. Apalagi saat ulang tahun India ke-75 pada 2022 nanti, India mempunyai konsep baru bernama "New India".

Mengurus visa ke India juga terbilang cepat dan mudah. Kamu hanya perlu mengajukannya ke Konsulat Jenderal India terdekat, hanya butuh waktu 1-2 hari sejak berkas diterima.

2. Tak ada pungutan biaya untuk mengurus visa India 

Asyik, Sekarang Turis Indonesia Gratis Visa ke India Lho!facebook.com/cgibali

Jika 30 hari di India termasuk waktu yang singkat, tentunya kamu butuh mengurus visa ke India. Meskipun mudah, pemegang paspor Indonesia perlu membayar sekitar 51 dollar AS atau sekitar Rp 720 ribu. Namun itu dulu, melalui laman Facebook, Konsulat Jenderal India di Bali memberitahukan bahwa mengurus e-visa sekarang gratis sejak 18 Juni lalu. Kamu bisa mengunjungi website indianvisaonline.gov.in.

Asyik, Sekarang Turis Indonesia Gratis Visa ke India Lho!wikipedia.org

Nah, enak banget, kan? Selain memudahkanmu tanpa perlu ke Konsulat Jenderal India, sekarang bisa lebih hemat untuk berwisata ke India. Apalagi e-visa India tersebut berlaku hingga 60 hari melalui 25 bandara dan 5 pelabuhan.

Adapun bandaranya antara lain Ahmedabad, Amritsar, Bagdogra, Cochin, Calicut, Chennai, Chandigarh, Coimbatore, Delhi, Goa, Guwahati, Gaya Hyderabad, Jaipur, Kolkata, Lucknow, Mangalore, Mumbai, Nagpur, Pune, Trivandrum, Tiruchirapalli, Bengaluru, Vishakhapatnam, dan Varanasi. Sedangkan lima pelabuhannya antara lain Cochin, Chennai, Goa, Mangalore, dan Mumbai.

3. Masih bingung gimana cara mendapatkan e-visa India?

Asyik, Sekarang Turis Indonesia Gratis Visa ke India Lho!indianvisaonline.gov.in

Daripada hanya 30 hari, lebih enak mengurus e-visa agar lebih puas di India hingga 60 hari, kan? Seperti yang dibilang di atas, mengurusnya gak ribet, kok. Begini caranya:

  1. Masuklah ke laman indianvisaonline.gov.in untuk melengkapi data yang diperlukan.
  2. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor Temporary Application ID (warnanya merah cerah).
  3. Catat dan simpan nomor tersebut, karena sangat penting dalam melengkapi data di tahap selanjutnya.
  4. Selanjutnya, kamu harus mengisi data penunjang, mulai dari unggah foto, scan paspor, data diri sendiri, data diri ayah dan ibu, dan sebagainya.
  5. Sebagai catatan, kamu memerlukan referensi orang di India yang kamu kenal. Jika tidak ada, tulislah nama, alamat, dan nomor telepon hotel tempatmu menginap.
  6. Setelah semua data telah dilengkapi, kamu tinggal menunggu kabar melalui email.
  7. Gak lama kok, setidaknya kamu akan mendapatkan jawaban kurang dari 24 jam

Nah, gampang banget kan? Sudah ada rencana ke India bertemu Kajol atau Shahrukh Khan?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You