Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] 10 Paspor Terkuat di Asia Tenggara, Timor Leste Masuk

Indonesia masih kalah sama Timor Leste nih

Liburan ke luar negeri jadi salah satu impian terbesar sebagian besar orang. Dengan menilik negara orang, kita akan mendapatkan banyak pengalaman yang gak bisa didapatkan di Indonesia. 

Sayangnya, ada beberapa ketentuan khusus yang membuat liburan ke sana cukup merepotkan. Selain bisa paham bahasa daerah setempat, kita juga perlu menyiapkan paspor dan visa. Tidak semua sih harus menyiapkan visa, tergantung hubungan antarnegara.

Misalnya untuk paspor Indonesia, kita bisa bebas pergi tanpa visa ke semua negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Namun, paspor Indonesia belum cukup kuat dibandingkan Singapura atau Malaysia.

1. Beberapa alasan di balik lemah paspor Indonesia

[INFOGRAFIS] 10 Paspor Terkuat di Asia Tenggara, Timor Leste Masuktripzilla.id

Melansir dari henleypassportindex.com, Henley & Partners mengungkapkan visa merupakan suatu bentuk hubungan antarnegara. Saat ini kita hanya bisa bebas visa ke 73 negara di seluruh benua. Eropa hanya ada dua negara yang memerbolehkan kita ke sana tanpa visa, yakni Belarus dan Serbia.

Apakah hal ini membuktikan bahwa hubungan Indonesia dengan negara lainnya kurang baik? Tentu saja tidak. Hanya saja ada banyak faktor yang membuat paspor Indonesia cukup lemah. Menurut jurnal The Politics of Visa 2010 yang ditulis Adam Luedtke, banyak negara di Amerika Latin menyukai kedamaian.

Indonesia memang tidak terlibat perang, tapi cukup sering terjadi teror bom atau aksi demonstrasi. Sehingga membuat negara ini dipandang negatif di mata negara lain.

Selanjutnya ada pengaruh pendapatan dan kesejahteraan penduduk negaranya. Banyak negara yang memberlakukan kekayaan atau uang simpanan dalam bank sebagai salah satu persayaratan pemberian visa.

[INFOGRAFIS] 10 Paspor Terkuat di Asia Tenggara, Timor Leste Masukbethetourist.com

Adapun beberapa faktor lainnya antara lain pendidikan, kesehatan, keamanan, jumlah populasi, dan sebagainya. Perlahan tapi pasti, pemerintah terus mengupayakan supaya kekuatan paspor Indonesia terus meningkat. Terbukti pada 2017 saja, akses bebas visa Indonesia hanya 57, kini sudah meningkat hingga 71.

2. Singapura menjadi paspor terkuat pertama di Asia Tenggara

[INFOGRAFIS] 10 Paspor Terkuat di Asia Tenggara, Timor Leste Masukpaulhypepage.com

Berdasarkan data tahunan yang selalu di-update Henley & Partners Paspor Index 2017, paspor Singapura menjadi yang terkuat di Asia Tenggara, yakni berada di posisi keempat di dunia. Orang Singapura bisa bebas ke mana saja tanpa visa ke 173 negara di dunia.

Sekarang Singapura berada di nomor dua di dunia, selisih satu angka dengan Jepang. Singapura bisa bebas ke 179 negara di dunia tanpa membutuhkan visa. Mereka bisa ke beberapa destinasi populer, seperti Jepang, Australia, Perancis, dan lainnya.

Selain Singapura, paspor Malaysia juga cukup kuat dengan bebas visa atau visa pada kedatangan di 180 negara. Sedihnya, ternyata paspor Indonesia masih kalah jauh dengan milik Timor Leste, lho!

Baca Juga: Asyik, Sekarang Turis Indonesia Gratis Visa ke India Lho!

3. Berikut ini daftar 10 paspor terkuat di Asia Tenggara

[INFOGRAFIS] 10 Paspor Terkuat di Asia Tenggara, Timor Leste MasukIDN Times/Sukma Shakti

Dibandingkan posisi empat besar, selisihnya memang jauh ya. Meski demikian, kita hanya berharap semoga paspor Indonesia bisa terus menguat layaknya Singapura.

Baca Juga: 10 Paspor Ini Jadi Paling Keren di Dunia, Indonesia pun Tak Kalah

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You