Comscore Tracker

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cuti

Lengkap dengan rincian biayanya, nih

Liburan ke Bali memang gak ada bosannya. Pulau Dewata selalu memberikan kejutan di setiap kunjungannya. Namun, bagi kamu yang pengin mendapatkan suasana yang istimewa, Nusa Penida bisa jadi pilihan yang tepat.

Berikut itinerary dua hari satu malam untukmu liburan ke Nusa Penida yang bisa jadi inspirasimu.

1. Biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Bali

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiidntimes.com

Harga tiket pesawat ini bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung maskapai dan layanan yang kamu gunakan. Keberangkatannya pilih yang paling pagi, supaya bisa langsung beranjak ke Nusa Penida. Sedangkan, tiket pulangnya sebaiknya malam hari supaya tidak terlalu terburu-buru.

Rata-rata harga tiket pesawat ke Bali dari Jakarta untuk saat ini dibanderol mulai Rp738 ribu. Total untuk biaya tiket PP-nya sekitar Rp1,8 juta. 

2. Transportasi dari bandara ke pelabuhan Sanur

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/dsloong

Kabar baiknya, sekarang ojek online bisa mengambil penumpang di kawasan bandara. Harganya dibanderol mulai Rp26 ribu untuk motor dan Rp61 ribu untuk mobil. Jarak tempuh ke pelabuhan Sanur sekitar 30 menit.

Sebaiknya segera berangkat ke pelabuhan, karena keberangkatan hanya dilakukan pada pukul 08.15, 10.45, dan 15.00 WITA.

3. Naik kapal dari Sanur ke Nusa Penida

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/rina_sorparno

Setibanya di Pelabuhan Sanur, kamu akan dihadapkan pilihan beberapa kapal cepat. Rata-rata harganya sama, sekitar Rp100 ribu per orang. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit untuk menuju Pelabuhan Toyapakeh, Nusa Penida.

Sebaiknya gunakan sandal saat naik kapal, karena tidak menutup kemungkinan kamu harus naik atau turun kapal dari bibir pantai. Sebelum masuk Nusa Penida, ada biaya retribusi sekitar Rp25 ribu per orang.

4. Pilih penginapan di dekat pelabuhan

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cuti.instagram.com/cindythenn

Kalau mau lebih nyaman, kamu bisa memilih penginapan di sekitar pelabuhan. Misalnya di daerah Desa Sakit.

Hal ini akan memudahkanmu, karena bisa menaruh barang dan tidak terburu di esok harinya. Harga per malamnya mulai Rp200 ribuan, tergantung kualitas dan pelayanan hotel.

5. Sewalah motor untuk mobilitasmu di Nusa Penida

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/ofleatherandlace

Nusa Penida merupakan daerah perbukitan dan kapur karang. Sewalah motor selama berwisata di sini. Harganya mulai Rp70 ribu, lengkap dengan helm dan jas hujan.

Bagi yang memilih mobil, harganya mulai Rp400 ribuan, sudah termasuk sopir dan bahan bakarnya.

Baca Juga: Dua Hari Liburan di Marina Bay Sands Singapore Bisa Ngapain Aja?

6. Itinerary hari pertama di Nusa Penida

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/ofleatherandlace

Sebenarnya dua hari satu malam merupakan waktu yang sebentar untuk liburan di Nusa Penida. Tempat ini seakan menjadi "surganya" wisata alam, sehingga butuh waktu lebih panjang untuk mendatangi semuanya.

Namun, daripada mendatangi semua dengan waktu yang singkat, lebih baik memaksimalkan waktu kunjungan untuk mendapatkan pengalaman terbaiknya, ya gak?

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/syahrandi

Di saat hari masih cerah, mulailah menuju Air Terjun Peguyangan yang punya kolam-kolam alami. Kamu harus menuruni ratusan anak tangga curam untuk sampai ke sana.

Tenang, pesona alamnya yang indah akan membuat rasa lelahmu hilang. Harga tiket masuk per orang sekitar Rp10 ribu.

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/saragih_erick

Menjelang sore, kamu bisa beranjak ke Pantai Kelingking. Semakin cepat makin baik, karena pantai ini sangat indah menjelang senja. Jaraknya sekitar 16 kilometer dari Peguyangan.

Pantai yang punya daya tarik tebing menyerupai dinosaurus ini sangat populer di kalangan wisatawan. Bahkan, termasuk dalam salah satu daftar Travelers’ Choice Awards 2019 dari TripAdvisor.

Bermain seharian di sini bakal membuatmu benar-benar bahagia. Kalau pengin bermain di pantai, kamu harus menuruni tangga setapak terlebih dahulu. Tiketnya cuma Rp5.000.

7. Itinerary hari kedua di Nusa Penida

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/putusuasta_

Pada hari kedua ini, kamu bisa lebih santai menelusuri keindahan Nusa Penida sejak pagi. Bangunlah dini hari untuk bersiap melihat matahari terbit di Pantai Atuh. Pantai berpasir putih ini punya formasi karang yang memukau.

Di sana terdapat Batu Melawang yang terbesar di Pantai Atuh. Penduduk sekitar menyebutnya dengan Batu Bolong, karena adanya lubang besar atau terowongan. Harga tiketnya Rp5.000.

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/harrehtheworld

Setelah dari Pantai Atuh, kamu bisa beranjak ke Bukit Teletubbies yang jaraknya sekitar 12 kilometer. Saat bermain ke sini, sebaiknya makan dulu. Ada banyak tempat makan yang bisa dipilih sepanjang perjalanan dari Pantai Atuh.

Jalanan ke Bukit Teletubbies cukup sempit dan terdiri dari bebatuan. Namun, kendaraan bisa langsung mengakses spot wisatanya. Tiket masuknya sekitar Rp10 ribu per orang.

Sebenarnya waktu terbaik ke sini saat sore hari. Namun, akan membuatmu terburu-buru mengejar penerbangan, kalau kamu terhanyut keindahan Bukit Teletubbies.

Itinerary Wisata Nusa Penida 2 Hari 1 Malam, Gak Perlu Ambil Cutiinstagram.com/manuel.reich

Jam keberangkatan kapal dari Nusa Penida ke Sanur sekitar pukul 09.30, 13.30, dan 16.30 WITA. Memilih kapal cepat yang terakhir masih bisa mengejar penerbangan pulang pukul 19.30.

Namun, kamu bisa menyesuaikannya lagi tergantung kondisi dan tiket pesawat yang kamu dapatkan.

Nah, kira-kira itulah gambaran itinerary dua hari satu malam untuk liburan ke Nusa Penida. Siap melancong?

Baca Juga: 10 Potret Absurd Ekspektasi vs Realita Saat Liburan ke Bali!

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Just For You