Comscore Tracker

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan 

#MudikAsikIDNTimes Gak dapat tiket pesawat pun gak masalah

Pemerintah terus meningkatkan infrastruktur Indonesia demi akses yang lebih cepat dan lebih baik, khususnya di sektor jalan tol. Bahkan beberapa di antaranya memiliki pemandangan yang menawan.

Kira-kira mana saja ya, tol-tol indah yang ada di Indonesia? 

1. Tol Pandaan-Malang

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan instagram.com/rumahjawatimur

Baru diresmikan Senin lalu (13/5), jalan Tol Pandaan-Malang ini punya pemandangan yang mengagumkan. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan hamparan petak sawah dan eloknya pegunungan. Adapun gunung yang bisa kamu lihat adalah Gunung Arjuno, Gunung Kawi, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru.

Pemandangan tersebut bisa kamu nikmati dari Purwodadi, Lawang, hingga Singosari. Total ada lima seksi dengan panjang jalan sekitar 30,6 ribu kilometer.

2. Tol Bali Mandara

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan instagram.com/jasamargabalitol_official

Jalan tol pertama di Bali ini menghubungkan Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Benoa. Semua kendaraan bisa lewat jalur tol ini, termasuk kendaraan roda dua. Keunikan lainnya adalah letak jalannya yang sebagian besar berada di atas laut.

Maka dari itu, jalan tol Bali Mandara ini terkenal sangat indah. Bahkan, tak jarang ada wisatawan yang hanya sekadar lewat untuk merasakan sensasi berkendara di tol atas laut ini.

3. Tol Bawen-Salatiga

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan instagram.com/indonesiangreat_45

Pada 2017 lalu, tol Salatiga ini dianggap memiliki pemandangan yang paling indah. Dengan panjang jalan sekitar 17,6 kilometer, kamu akan ditemani keindahan Gunung Merbabu.

Saking indahnya, jalur tol Bawen-Salatiga mendapatkan julukan sebagai panoramic tol road. Gak kalah dengan jalur pegunungan di luar negeri, kan?

4. Tol Soreang-Pasirkoja

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan instagram.com/ekosept14n

Tol yang menghubungkan kawasan Kabupaten dan Kota Bandung ini begitu menawan. Ada begitu banyak pemandangan indah yang bisa kamu lihat, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, stadion Si Jalak Harupat, dan lain-lain.

Tol sepanjang 10,57 kilometer ini terlihat sangat berkilau saat golden hour. Apalagi ketika cuaca cerah dengan banyak awan, perjalananmu akan terasa singkat.

5. Tol Cikopo-Palimanan

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan artikel.rumah123.com

Tol yang terkenal dengan sebutan Cipali ini membentang sejauh 116 kilometer. Inilah tol terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

Keunikan dari tol Cipali bisa kamu temukan di KM 181-182, terdapat batu bleneng yang berdiri kokoh. Batu ini dianggap keramat bagi penduduk setempat, sehingga tidak mau memindahkannya. Selain itu, tol Cipali juga menawarkan pemandangan alam pedesaan dan pegunungan yang menakjubkan.

Baca Juga: 10 Trik biar Gak Mabuk Saat Mudik Naik Pesawat, Pulkam Jadi Senang

6. Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan instagram.com/bangbapukk

Panorama bukit hijau yang membentang di sepanjang jalan, menjadi ciri khas dari tol Cipularang. Keindahan terbaiknya bisa kamu lihat ketika melintasi KM 90, 101, dan 115.

Tol ini bisa menjadi alternatif kalau kamu tidak dapat tiket kereta atau pesawat dari Jakarta ke Bandung. Waktu tempuhnya hanya sekitar 1 jam 30 menit (kalau tidak macet).

7. Tol Padalarang-Cileunyi

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan instagram.com/mulkisalman

Tol sepanjang 88 kilometer ini merupakan jalur lanjutan dari Cipularang. Kalau lewat tol Purbaleunyi, kamu bisa ke Sumedang, Garut, Nagreg, Ciamis, Tasimalaya, Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Segarnya udara alam pedesaan akan menemanimu sepanjang perjalanan. Istimewanya lagi, ada masjid futuristik bernama Al-Safar. Desain eksterior dan interiornya sangat unik dan megah, hasil desain Ridwan Kamil di kala menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

8. Tol Medan-Tebing Tinggi

8 Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, Mudik Jadi Lebih Menyenangkan presidenri.go.id

Walaupun sudah diresmikan sejak tahun lalu, tol Medan-Tebing Tinggi masih dalam tahap penyempurnaan. Lewat tol ini, kamu bisa ke Tebing Tinggi dari Medan dengan waktu tempuh hanya satu jam saja.

Di sepanjang jalan, terdapat petak sawah dan perkebunan yang menghiasi di sisi kiri dan kanan. Ke depannya akan ada akses yang lebih cepat menuju Danau Toba, diperkirakan selesai pada 2020.

Itulah delapan jalan tol di Indonesia yang terkenal akan keindahannya. Sudah siap mudik lewat jalan tol yang mana nih?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You