Comscore Tracker

Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnya

Belajar perekonomian Indonesia dari masa ke masa

Sebelumnya Bank Indonesia, bank sentral Indonesia dipegang De Javasche Bank N.V. Barulah pada Juli 1953, Bank Indonesia mengambil alih kelangsungan perekonomian bangsa.

Nah, kalau kamu pengin tahu lebih dalam mengenai sejarah dan perkembangan keuangan Indonesia itu gampang banget, lho! Kamu tinggal datang ke Museum Bank Indonesia di Jakarta Barat.

Berikut IDN Times kasih informasi beberapa hal menarik yang ada di tempat wisata bersejarah Museum Bank Indonesia dan juga lokasinya, harga tiket masuk, dan lain-lainya. Penasaran, langsung ajah yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Lokasi Museum Bank Indonesia

Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnyainstagram.com/smkmandiribekasi

Lokasi Museum Bank Indonesia berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Gedungnya berada tepat di sebelah Museum Bank Mandiri. Karena berada di pusat kota, kamu bisa ke sini dengan mudah. Bisa naik kereta, bus, atau kendaraan pribadi.

Kalau menggunakan kereta, kamu tinggal memilih berhenti di Stasiun Jakarta Kota. Jaraknya dari kawasan Kota Tua hanya 200 meter.

2. Jam operasional dan harga tiket Museum Bank Indonesia

Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnyainstagram.com/sofyan.21

Museum Bank Indonesia hanya tutup pada Senin dan hari libur Nasional. 

Waktu kunjungan:

Selasa-Jumat: 08.00-15.30

Sabtu Minggu: 08.00-16.00

Harga tiket: Rp5.000

Museum Bank Indonesia memberikan tiket gratis ke beberapa orang. Syaratnya:

  1. Anak-anak di bawah usia tiga tahun.
  2. Pengunjung rombongan yang telah mendaftar dan mendapatkan konfirmasi dari Museum Bank Indonesia.
  3. Pelajar atau mahasiswa yang menunjukkan identitas kartu pelajar atau mahasiswa.
Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnyainstagram.com/aquilasenja13

Buat kamu yang pengin mendaftarkan diri untuk rombongan, caranya gampang banget. Daftar secara online untuk waktu kunjungan tiga bulan ke depan melalui laman resmi Bank Indonesia. 

Setelah itu, kamu cukup mengirimkan surat dan email supaya bisa diproses lebih lanjut. Isinya adalah konfirmasi, dengan mengirimkan surat resmi dari instansi, universitas, atau sekolah ke:

Departemen Komunikasi 
Bank Indonesia, Gedung Thamrin Lt. 1 
Jalan MH Thamrin Nomor 2, Jakarta, 10350 
Fax: (021) 386-1458             
Telepon: Contact Center Bank Indonesia (kode area) 131

email:

Mutia Balkis (mutia_b.i@bi.go.id)

Shelly Iszvetya (bicara_event@bi.go.id)

Baca Juga: 10 Museum di Surabaya yang Paling Hits & Instagramable, Sarat Sejarah!

3. Daya tarik Museum Bank Indonesia

Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnyabi.go.id

Sesuai namanya, museum ini dikhususkan untuk mempelajari sejarah keuangan Indonesia. Kamu bisa mendapatkan banyak wawasan tentang perekonomian Indonesia di sini.

Di antaranya seperti memahami sejarah Bank Indonesia, peran Bank Indonesia dari waktu ke waktu, serta ilmu pengetahuan ekonomi, moneter, dan perbankan secara luas.

Meski terkesan klasik, tapi teknologi yang digunakan museum cukup interaktif. Beberapa di antaranya seperti uang logam yang terlihat berterbangan, tata pamer yang aktraktif dan interatif, video mapping, hingga berbagai peragaan menggunakan teknologi digital. 

Wisata Museum Bank Indonesia: Lokasi dan Harga Tiketnyaarsitag.com

Di samping itu, kamu juga bisa melihat sejarah mata uang Indonesia maupun asing. Ada pula brankas zaman dahulu, termasuk logam emas mulia di dalamnya. Gak cuma belajar, kamu juga bisa sembari hunting foto kece di sini. Banyak spot Instagramable lho di sini!

Secara keseluruhan, tak ada ruginya datang ke Museum Bank Indonesia. Apalagi harga tiket masuknya murah banget, cuma Rp5.000. Kalau benar-benar pengin belajar, gunakan saja jasa tur dengan pemandu. Berlaku setiap pukul 08.00; 10.00; dan 13.00 selama museum buka.

Dan itulah beberapa info menarik tentang tempat wisata Museum Bank Indonesia yang edukatif tidak lupa juga informasi harga tiket masuknya, lokasinya dan jam operasional. Semoga menjadi inspirasi kamu untuk liburan sambil belajar mengetahui sejarah. Jadi kapan mau ke sini, nih?

Baca Juga: 15 Potret Kece MotoMoto Resto & Museum Milik Boy William, Hits Abis!

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You