Comscore Tracker

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih Murah

Cocok juga buat para backpacker nih!

Staycation di Surabaya kini semakin banyak pilihan. Dari hotel mewah bintang lima hingga penginapan sederhana dengan bujet murah, tapi tetap bikin betah dan nyaman. Salah satu yang terbaru adalah jaringan hotel berbasis teknologi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, OYO.

Secara nasional, OYO telah mengalami pertumbuhan bisnis sebesar lima kali lipat. "Sejak beroperasi di Indonesia pada Oktober 2018, kami telah memiliki lebih dari 150 hotel di 16 kota," kata Country Head OYO Indonesia, Rishabh Gupta, di OYO 197 Prime Royal Hotel Surabaya, hari ini (22/1).

1. OYO memiliki banyak keunggulan dibanding hotel budget lainnya

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih Murah

Sebelum OYO hadir di Indonesia, pasti kita mengenal banyak pilihan hotel budget lainnya. Meski bisa dibilang saingannya banyak, OYO tetap optimistis bisa lebih sukses. Pasalnya, mereka mengklaim kecanggihan teknologinya menjadi daya tarik utama.

"Harga kami fleksibel menyusaikan dengan keadaan. Sistem kami sudah bisa menentukan secara optimal berapa harga yang calon tamu harus bayarkan," kata Rishabh.

OYO sendiri termasuk jaringan hotel independen yang mempunyai laman dan aplikasi sendiri. Adanya aplikasi pemesanan online, seperti online travel agent, menjadi keuntungan tambahan. Namun, ketika ada komplain, aplikasi online tersebut bisa saja tak merespons keluhan pelanggan dengan baik.

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih MurahDok. IDN Times

Lain halnya dengan laman pribadi milik OYO. Kamu bisa melakukan protes dan ditangani secara langsung.

Rishabh mencontohkan misalnya ada kerusakan AC. Melalui aplikasi OYO, tim akan segera melakukan pengecekan untuk ditindak lebih lanjut. Jika memang AC rusak, kamar akan ditutup dan tidak akan dimasukkan ke dalam sistem hingga benar-benar diperbaiki. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan yang maksimal kepada para tamu.

2. OYO memberikan kesempatan lapangan kerja baru di Indonesia

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih Murah

Inilah yang menjadi salah satu kunci kesuksesan OYO di Indonesia. Mereka memberikan kesempatan kepada pengusaha yang pengin menjadi mitra, demi meningkatkan tingkat penghunian kamar hotel. Tidak ada syarat khusus, kamu hanya memerlukan bangunan yang nantinya akan dicek tim OYO (Oyopreneurs).

Mereka membebaskan pemilik untuk mendesainnya sesuai selera. Maka dari itu, setiap cabang OYO bisa memiliki harga dan konsep yang berbeda-beda. Meski demikian, ada enam hal yang harus dimiliki setiap cabangnya.

"Kami memiliki standar fasilitas, yakni AC, Wi-Fi, TV, linen khusus kamar hotel, atap tidak boleh terlalu rendah, dan air panas harus ada di dalam properti OYO," ujar Rishabh.

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih Murah

Pemilik bangunan tidak perlu bingung memikirkan hal tersebut. Nantinya pihak OYO akan membantu merenovasi properti calon mitra hingga layak huni seperti ketentuan.

"Pendanaan renovasi bisa kami bantu atau menggunaan dana pribadi mitra. Hal tersebut yang menjadi salah satu faktor penentu pembagian hasil antara mitra dengan OYO," tutur Rishabh.

Standar di setiap kota juga tidak akan selalu sama, masing-masing memiliki patokannya tersendiri.  "Salah satu mitra terbaru kami di Surabaya telah mendapatkan keuntungan hingga 76 persen dengan revenue  Rp90 juta per bulan," katanya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel di Surabaya dengan Harga Murah, Cuma Rp100 Ribuan

3. Jumlah OYO di Surabaya akan meningkat 22 hotel per bulan

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih Murah

Secara keseluruhan, Rishabh berharap banyak pada jumlah wisatawan di Surabaya. Dia memaparkan ada sekitar 29 juta orang yang datang berkunjung ke Surabaya selama 2018. Peningkatan jumlah pengunjung memungkinkan cabang OYO akan semakin banyak.

"Setiap bulannya ada sekitar 60-70 hotel OYO baru di Indonesia. Target kami ada 22 hotel baru di Surabaya," kata Rishabh.

Untuk saat ini, OYO di Surabaya sudah ada 27 hotel dengan 900 kamar ekslusif serta 40 Oyopreneuers. Gak selalu sama, tipe kamarnya ada yang sampai deluxe, ada juga yang menyediakan tipe kamar di atasnya. "Salah satunya seperti di OYO 197 Prime Royal," kata Kepala Bisnis OYO Surabaya, Michael.

OYO Kembangkan Hotel Budget Berkualitas, Bikin Staycation Lebih Murah

Fokus OYO memang di segmen hotel budget, tapi Rishabh tidak menutup kemungkinan jika ada hotel premium yang pengin bermitra. Namun, harga yang ditawarkan OYO tetap akan relatif terjangkau, seperti halnya OYO 197 Prime Royal. Harga terendahnya dipatok sekitar Rp312 ribu.

Sedangkan, untuk kamar bertipe suite di atas dibanderol sekitar Rp500 ribu melalui laman OYO. Kamar seluas 616 meter persegi ini sudah dilengkapi kasur berukuran king, ruang tamu, bathup, piyama, dan sebagainya.

"Harga di OYO bisa berubah sesuai waktu pemesanan, layaknya memesan tiket pesawat," kata Michael.

Wah, asyik nih buat staycation atau tempat singgah para backpacker. Nah, kamu sendiri sudah pernah merasakan menginap di OYO, belum? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel Murah di Medan, Harganya Mulai Rp99 Ribu Doang

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You