Comscore Tracker

Pantai Queensland Diserang Ubur-ubur, 10 Ribuan Jadi Korban

Diperkirakan karena gangguan ekosistem 

Berjemur di atas pasir putih, snorkeling, dan melihat keindahan bawah laut di Queensland menjadi impian sebagian traveler. Selama ini, Queensland dikenal sebagai surga tropis dengan beragam keindahan kota hingga pantainya yang eksotis dan menawan. Fasilitasnya lengkap, kebersihannya terjaga, orang-orangnya ramah, semuanya bikin kita bahagia kalau liburan ke sini.

Sayangnya, sejak awal Desember hingga saat ini, beberapa pantai di Queensland berada dalam kondisi mencekam. Banyak wisatawan yang menjadi korban sengatan ubur-ubur yang sangat beracun, bluebottle.

1. Bluebottle bukan hal baru di pantai Queensland

Pantai Queensland Diserang Ubur-ubur, 10 Ribuan Jadi Korbantech2.org

Ubur-ubur ini memang sering terlihat di kawasan Queensland, Australia. Sudah banyak cara dilakukan supaya tak ada lagi yang menjadi korban. Misalnya seperti memasang tanda bahaya disengat ubur-ubur. Per 30 Desember 2018, sekitar 83,7 ribu orang mengunjungi pantai di Queensland.

"Kami telah melakukan 40 kali penyelamatan dan lebih dari 4.200 tindakan pencegahan," tulis otoritas resmi penjaga pantai, Surf Life Saving Queensland (SLSQ) melalui akun Twitternya.

Menurut Peneliti dan Kepala Australian Marine Stinger Advisory Service yang dilansir dari nytimes.com, Lisa Ann Gershwin, kejadian bluebottle di Queensland kali ini tidak wajar. Menurut dia, terlalu banyak orang yang tersengat, kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena kondisi gelombang timur laut yang sangat kuat. Angin kencang juga membuat bluebottle tersapu ke daratan.

Sedangkan, ilmuwan kelautan yang berbasis di Austin menduga kejadian ini ada sangkut pautnya dengan ekosistem yang tidak berfungsi dengan baik. Pemanasan air, penangkapan ikan secara berlebihan, dan polusi telah membuat beberapa jenis ubur-ubur berkembang.

2. Lebih dari 10 ribu orang tersengat bluebottle

Pantai Queensland Diserang Ubur-ubur, 10 Ribuan Jadi Korbandivemagazine.co.uk

Hingga saat ini sudah banyak korban keganasan bluebottle. Akhir pekan lalu saja, setidaknya ada 3.595 orang tersengat. Meski demikian, untungnya tidak ada korban meninggal karena kejadian ini. Lebih dari 24,7 ribu orang siaga melakukan tindak pencegahan dan penyelamatan.

"Kejadian tersebut menjadikan volunteer dan penyelamat profesional kami menjadi sangat sibuk memulai awal 2019. Sudah lebih dari 10 ribu yang telah kami tangani," tutur CEO SLSQ, John Brennan OAM, melalui akun Twitternya, hari ini.

Sengatan bluebottle biasanya tidak fatal, mungkin beberapa akan mengalami reaksi alergi. Bahkan menurut para dokter, sengatannya bisa berakibat "rasa sakit yang tajam" dan "pelepuhan kulit akut". Sakit yang dirasakan bisa berlangsung selama beberapa menit hingga jam.

Jika kita tersengat bluebottle, kamu harus segera mencuci luka sengatannya dengan air yang sangat hangat. Es juga bisa digunakan untuk mematikan rasa di daerah tersebut.

Baca Juga: 3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di Indonesia

3. Serangan bluebottle sudah mulai bisa diantisipasi

Pantai Queensland Diserang Ubur-ubur, 10 Ribuan Jadi Korbantwitter.com/lifesavingqld

Sejak Desember lalu, sudah banyak pantai yang ditutup akibat serangan bluebottle. Setidaknya ada 12 pantai yang ditutup, seperti Balgal, Ellis, EttyBay, dan sebagainya. Kini pantai yang ditutup hanya menyisakan empat saja.

"Update, pantai-pantai berikut ini ditutup karena adanya pelepasan jaring ubur-ubur. Pantai Balgal, Pantai Clifton, Pantai Forrest, dan Pantai Holloways," tulis SLSQ melalui Twitter, hari ini.

Kamu yang sedang liburan di Queensland, lebih baik terus update info terbaru di twitter.com/lifesavingqld. Tetap hati-hati dan selalu ikutin arahan petugas setempat, ya.

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Danau Ubur-ubur di Dunia, Bikin Betah Menyelam

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You