Comscore Tracker

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!

Kira-kira kapan ya Indonesia bisa seperti ini?

Transportasi di Indonesia kian berkembang pesat, terutama di jalur darat dan udara. Berbagai penghargaan berhasil disabet karena perkembangan tersebut. Sayangnya, perkembangan transportasi jalur laut belum cukup signifikan.

Lain halnya di beberapa negara yang memiliki pelabuhan keren, sehingga menjadi destinasi wisata andalan. Melansir dari wanderlust.co.uk, inilah 10 pelabuhan terbaik di dunia yang punya pemandangan menakjubkan.

1. Sydney, Australia

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!instagram.com/drew_down_under

Tak dapat dipungkiri kalau kawasan Pelabuhan Sydney di Australia ini sangat memukau. Adanya Opera House dan jembatannya membuat pemandangan di sekitar semakin menawan. Kerennya lagi, kualitas air di sini sangat baik, lebih dari 586 spesies ikan hidup di sini.

2. Pelabuhan Victoria, Hong Kong

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!instagram.com/photoholic_paras

Pelabuhan Victoria menjadi salah satu lokasi perdagangan terpenting di dunia. Pelabuhan ini memisahkan Hong Kong Selatan dari daratan Tiongkok ke utara,

Pemandangannya pun spektakuler. Momen terbaiknya bisa kamu dapatkan saat festival kembang api tahunan.

3. Pelabuhan Seward, Alaska

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!alaska.org

Pelabuhan Seward di Alaska mungkin tidak sebesar negara lainnya. Namun, pelabuhan ini menampung 100 perahu nelayan dan selusin perahu wisata setiap harinya.

Berdiri sejak 1964, pelabuhan ini telah menyiapkan beragam kebutuhan kapal. Misalnya Travelift 50 ton dan 330 ton, perbaikan kapal, air minum, utilitas listrik, toko perangkat keras, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak kalah penting adalah pemandangan di sekitar pelabuhan. Sepanjang mata memandang, kamu akan melihat gletser, paus, dan satwa liar.

4. Pelabuhan English, Antigua

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!elevay.com

Pelabuhan English di Pulau Antigua merupakan pemukiman alami di ujung selatan. Dulunya, tempat ini menjadi basis operasi angkatan laut kerajaan pada abad ke-18. Kamu bisa mengunjungi bekas pangkalan tersebut di Nelson's Dockyard.

Saat ini, pelabuhan menjadi pusat perahu dan kapal pesiar. Laut birunya yang memesona ditambah area perbukitan hijau membuatnya semakin memukau.

5. Pelabuhan Neko, Antartika

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!instagram.com/mikelouagie

Neko merupakan dua dari salah satu pelabuhan di Antartika. Dikelilingi fyord dan gletser membuat suasana di sekitarnya terlihat magis.

Meski berada di ujung dunia, tempat ini sangat populer sebagai destinasi wisata. Sebagai rumah satwa liar, kamu bisa mudah menyaksikan macan tutul, penguin, paus, anjing laut, dan sebagainya.

6. Rio De Janeiro, Brasil

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!overflightstock.com

Beralih ke Brasil, ada kawasan teluk di Rio De Janeiro yang menjadi tempat berlabuhnya banyak kapal. Kawasan tersebut identik dengan Gunung Sugarloaf yang berada di Teluk Guanabara.

Kawasan di sekitar teluk berpasir putih ini begitu nyaman dan bersih. Bersepeda dan berjemur menjadi kegiatan favorit para wisatawan.

Baca Juga: 10 Potret Unik Suasana Bandara dan Pesawat Jadul, Keren pada Masanya

7. Stockholm, Swedia

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!instagram.com/visitstockholm

Stockholm menjadi salah satu pusat budaya, media, politik, dan pertumbuhan ekonomi di Swedia. Sebagai ibu kota, tempat ini terdiri dari 14 pulau yang terkoneksi dengan 50 jembatan.

Jalur perairannya membentang ke Danau Mälaren hingga ke Laut Baltik. Spesialnya dari Stockholm adalah efisiensi fungsi pelabuhan yang telah dioptimalkan.

8. Mumbai, India

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!britannica.com

Pelabuhan yang bermuara di Sungai Ulhas ini terbentuk secara alami. Secara kualitas memang belum sepadan dengan Sydney, tapi perkembangannya sudah sangat signifikan. Di sini terdapat tiga dok utama, yakni Indira, Pangeran, dan Victoria.

Pemandangan terbaiknya bisa kamu dapatkan saat menginap di Hotel Taj Mahal. Kamu bisa juga naik perahu untuk ke Pulau Elephanta yang berasal dari abad ke-7.

9. Auckland, New Zealand

10 Pelabuhan Terbaik di Dunia dengan Pemandangan yang Bikin Takjub!instagram.com/storiesbybianca

Dijuluki Kota Layar, Auckland menampilkan lebih banyak kapal dibandingkan daerah lainnya. Saking banyaknya, tempat ini mengadakan festival tahunan berupa perlombaan kapal.

Secara khusus, New Zealand menjadikan Auckland sebagai destinasi air yang menawarkan banyak elemen menarik. Mulai dari bersantai hingga naik feri, kamu bisa melakukannya dengan cara antimainstream. 

10. Kanal Panama, Panama, Amerika Tengah

https://www.youtube.com/embed/m8TkcWhmByg

Kanal yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik ini telah berfungsi sejak 1914. Walaupun terkesan sederhana, kanal ini punya konsep yang futuristik.

Kapal yang masuk akan melewati tiga lock, yakni Gatun Locks, Pedro Miguel Locks, dan Miraflores Locks. Lock tersebut bertugas memotong waktu tempuh kapal laut, sehingga tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.

Sebuah pengalaman yang tak akan bisa kamu temukan di tempat lain. Selengkapnya bisa kamu cek video di atas.

Nah, itulah 10 pelabuhan terindah yang ada di dunia. Menurut kamu, mana yang terbaik dan pengin kamu kunjungi duluan?

Baca Juga: 7 Destinasi Liburan Terbaik untuk Menikmati Salju, Bebas Visa Lho!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You