Comscore Tracker

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduran

Sayang Indonesia gak masuk, padahal banyak yang keren

Selain pesawat, akomodasi yang paling banyak digunakan yakni kereta api, baik untuk kepentingan bisnis, traveling, maupun mudik.

Naik kereta api memang menyenangkan, apalagi kita bisa menikmati pemandangan indah dari jarak lebih dekat. Berdasarkan survei 80 kereta api di seluruh dunia, inilah rute perjalanan terbaik versi Condé Nast Traveler.

1. Tokaido Shinkansen, Jepang

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranhighlightfinder.toocooljapan.com

Kereta cepat shinkansen bisa menempuh perjalanan sejauh 515 kilometer dalam waktu dua jam. Saking cepatnya, mungkin pemandangan yang kamu saksikan hanya tampak sekilas.

Dari sekian banyak rute, Tokyo ke Osaka merupakan yang terbaik. Kamu bisa menyaksikan kemegahan Gunung Fuji di tengah perjalanan. Pagi atau sore hari menjadi incaran banyak wisatawan untuk bisa merasakan pengalaman langka tersebut.

2. Trans-Mongolian Express, Tiongkok

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranthebesttravelplaces.com

Perjalanan panjang selama 12 jam dari Moscow, Rusia, ke Tiongkok tidak akan membosankan. Banyak pemandangan unik yang tidak terbayang sebelumnya.

Misalnya rute Siberia ke Mongolia yang daratannya berwarna merah dengan dominasi bukit pasir. Pemandangan semakin menakjubkan ketika kereta mulai mendekati Tiongkok. Kereta akan berada di atas lembah curam dengan pemandangan lembah, kebun, dan sungai yang menawan.

3. Riviera Trains, Prancis

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranconnexionfrance.com

Kereta api komuter di kota kecil nan indah di Riveria, Prancis, ini begitu menawan. Pemandangan kotanya sangat memukau. Semakin puas kalau kamu pesan tiket ke Italia.

Perjalanan selama 90 menit di dalam kereta begitu menyenangkan. Kereta akan melewati area perbukitan, hutan, dan terowongan penuh tanaman. Pemandangan yang bisa kamu lihat, seperti laut, teluk, dan area perkotaan yang menawan.

4. Sunset Limited

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranamerican-rails.com

Sunset Limited merupakan kereta tertua yang ada di Amerika Serikat. Salah satu rute terbaiknya adalah New Orleans menuju Los Angeles. Pastikan kamu dapat kursi di dekat jendela.

Kalau waktunya tepat, bahkan kamu bisa melihat sunset memesona di Arizona. Selain itu, nikmati pesona gurun ketika berada di kawasan New Mexico.

5. Venice-Simplon Orient Express, Inggris

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranstartribune.com

Inilah salah satu kereta terbaik yang bisa kamu temukan di kawasan Eropa. Venice-Simplon Orient Express memang dirancang untuk wisatawan yang pengin mendapatkan pengalaman luar biasa. Fasilitasnya lengkap dan pemandangannya apik.

Rute terbaik yang kamu pesan, yakni Venice (Italia) ke London (Inggris). Pemandangan gunung Alpen Swiss jadi momen yang tidak boleh dilewatkan.

6. Death Railway, Thailand

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranyoutube.com/Goran BMW Overlander

Rute perjalanan Bangkok ke Nam Tok, Thailand, ini memang indah. Banyak area hutan asri yang akan kamu saksikan. Kamu juga akan menyeberangi Sungai Kwai melalui jembatan.

Sayangnya, cerita di balik pembangunan jalurnya cukup tragis. Jalurnya dibangun pada zaman perang dunia ke-2 saat Jepang sedang menguasai Thailand. Banyak korban meninggal akibat pembangunannya.

Baca Juga: 4 Kuburan Kereta Api Paling Estetik, Wisata Kece yang Murah Meriah 

7. The Qinghai-Tibet, Tiongkok

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranqinghaitibetrailway.net

Kereta ini akan membuatmu serasa mendaki sebuah gunung tanpa harus kelelahan. Rute Xining ke Lhasa, Tiongkok, dianggap sebagai rute kereta api tertinggi di dunia. Perjalanannya berada di atas 5.000 meter di atas permukaan laut.

Pemandangannya sangat mengesankan, kamu bisa melihat danau berkilauan, area lereng hijau, Pegunungan Kunlun, sunset, sunrise, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Mandovi Express, India

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranforum.trainman.in

Pergi ke Madgaon dari Mumbai, India, menggunakan Mandovi Express akan jadi pengalaman yang luar biasa. Perjalanan selama 12 jam akan membuatmu menikmati pesona Pantai Konkan dan Bukit Sahyadri.

Semakin spesial dengan deretan pohon kelapa, aktivitas orang-orang di pedesaan, jembatan tua, dan sebagainya. Heartwarming banget!

9. Reunification Express, Vietnam

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranlonelyplanet.com

Hanoi dan Da Nang sama-sama terkenal sebagai destinasi wajib saat ke Vietnam. Kamu bisa naik kereta untuk melakukan perjalanan ke kedua kota tersebut.

Reunification Express menawarkan pemandangan istimewa, seperti sunrise, area perkebunan, Laut Tiongkok Selatan, bibir pantai, dan lain-lain.

10. Rupert Rocket

10 Rute Kereta Api Terbaik di Dunia, Bikin Menyesal kalau Ketiduranlonelyplanet.com

Kereta Skeena atau Rupert Rocket bisa jadi pilihan terbaik untuk melakukan perjalanan dari Jaspen ke Prince Rupert, Kanada. Sebuah kesempatan terbaik untuk menikmati Taman Nasional Jasper di Alberta.

Selain itu, ada pula kawasan Pegunungan Cariboo yang menjadi latar belakang danau hijau. Saking indahnya, kamu akan menyesal kalau ketiduran di tengah perjalanan.

Itulah 10 rute kereta api terbaik di dunia. Sayang, Indonesia gak terdaftar dalam list kali ini. Menurut kamu, mana yang paling indah?

Baca Juga: 10 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Naik Kereta Api, Bikin Gengges!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya