Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru 

Tantang adrenalinmu di berbagai destinasi epik ini

Bagi pemerintah, Kalimantan menjadi kandidat kuat sebagai calon ibu kota baru Indonesia. Namun, di mata wisatawan, Kalimantan merupakan destinasi yang sangat indah.

Apalagi di Kalimantan Timur sebagai menjadi wilayah terluasnya. Sebelum benar-benar dijadikan ibu kota dan penuh dengan pembangunan infrastruktur, berikut beberapa wisata paling epik yang bisa kamu kunjungi.

1. Pulau Derawan

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/deripratamaaa__

Inilah salah satu destinasi paling populer di ujung Kalimantan Timur. Pulau Derawan menawarkan pesona bahari yang mengagumkan. Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan, mulai dari snorkeling, diving, surfing, atau sekadar bermain di pinggir pantai.

Bagi orang luar Kalimantan, kamu harus menuju Balikpapan dahulu. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Tarakan atau Berau. Bagi yang pengin hemat, lebih baik memilih Tarakan, tapi perjalanannya akan memakan waktu lebih lama.

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/and.g703

Harga penginapan di Pulau Derawan bisa disesuaikan dengan kantongmu. Tersedia homestay dengan harga mulai Rp75 ribu hingga vila untuk rame-rame dengan biaya Rp660 ribu per malamnya.

Lokasi: Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

2. Gua Haji Mangku

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/jmswnr

Beranjak ke Maratua, kamu bisa menemukan gua indah bernama Haji Mangku. Tempat ini begitu eksotis karena airnya jernih kebiru-biruan. Berada di tengah hutan membuatmu akan merasa jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Asyiknya lagi, akses Gua Haji Mangku sudah sangat mudah. Dari pintu masuk ke lokasi gua, kamu hanya perlu berjalan selama 10 menit.

Lokasi: Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

3. Bukit Batu Dinding

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/bung_kisruh

Bukit Batu Dinding bisa kamu temukan setelah menempuh perjalanan 45 kilometer ke Samarinda dari Balikpapan. Bukit ini punya formasi bebatuan yang fotogenik dengan panjang sekitar 500 meter. Sebaiknya gunakan sepatu ketika ke sini.

Kamu harus ekstra hati-hati, karena pijakan kakimu hanya sekitar lima meter. Meleng dikit saja, nyawa jadi taruhannya. Meski demikian, Bukit Batu Dinding layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

4. Bukit Bangkirai

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/gloriamfp

Temukan jembatan gantung pertama Indonesia di kawasan Semboja, Kutai Kertanegara. Luasnya 1.500 hektare, berada di hutan hujan tropis yang cukup jarang ditemui. Uniknya, kamu akan melihat banyak pohon setinggi 40 hingga 50 meter yang punya diameter 2,3 meter.

Lokasi: Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara Regency

5. Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru jalanwisata.id

Wisata dengan air biru jernih lainnya bisa kamu temui di Tulung Ni’ Lenggo. Di sini kamu bisa menyusuri danau asri yang sangat menenangkan. Jangan lupa berenang di danau ya biar makin seru.

Lokasi: Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau

6. Taman Nasional Kutai

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/zakycilin

Taman Nasional Kutai sangat pas buat kamu yang pengin mengenal alam dan satwa Kalimantan TImur. Tempatnya berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan Bontang. Luasnya mencapai 198 ribu hektare.

Beberapa eksositem yang bisa kamu lihat antara lain hutan dipterocarpaceae campuran, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, vegetasi hutan kerangas, dan sebagainya.

Lokasi: Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur

Baca Juga: 8 Wisata Alam di Sambas yang Memesona, Surga Dunia di Ujung Kalimantan

7. Taman Batu Sembinai

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru socialmediafeed.me

Taman Batu Sembinai begitu indah dengan hamparan hutan hijau lebatnya. Terdapat bebatuan tak beraturan yang terlihat cantik pula. Sayangnya, kamu harus melewati jalanan berkelok untuk bisa sampai ke sini.

Lokasi: Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser

8. Danau Labuan Cermin

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/fahmiakhatami

Kamu semua pasti tahu kehebatan dari Danau Labuan Cermin, kan? Kalau ada objek di atas danau, kamu bisa melihat bayangan di atas permukaan danau dengan jelas. Naik perahu, menyelam, berenang, atau sekadar foto-foto jadi kegiatan terfavorit di sini.

Lokasi: Kecamatan Biduk biduk, Kabupaten Berau

9. Danau Kakaban

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/kyranayda

Berenang dengan ubur-ubur tanpa takut tersengat menjadi daya tarik utama Danau Kakaban. Kamu hanya butuh waktu sekitar 40 menit dari Pulau Derawan. Selain di Derawan, ubur-ubur ini hanya bisa ditemukan di Danau Jellyfish, Pulau Mikronesia kawasan tenggara laut Pasifik.

Lokasi: Kepulauan Derawan 

10. Pulau Beras Basah

10 Tempat Wisata Keren di Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru instagram.com/chazynash

Pulau Beras Basah populer di Samarinda sebagai salah satu destinasi keluarga terbaik. Ombak di sini tenang dan garis pantainya bisa menjadi tempat bermain anak-anak yang menyenangkan. Fasilitasnya pun cukup lengkap, ada banana boat, area kemah, gazebo tepi pantai, perahu untuk disewa, dan lain-lain.

Lokasi: Bontang Lestari, Kalimantan Timur

Itulah 10 destinasi favorit yang bisa kamu temukan di Kalimantan Timur. Jadi ke mana dulu kita?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah, Calon Ibu Kota Baru!

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Just For You