Comscore Tracker

Bikin Bangga, Wonderful Indonesia Sabet Penghargaan Bergengsi Ini!

Indonesia bakal makin mendunia, nih

Setelah sukses meraih penghargaan di United Nations World Tourism Organization (UNWTO), Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) kembali meraih penghargaan "Brand of The Year  Indonesia 2018". Gelaran ini merupakan ajang bergengsi yang penilaiannya sangat ketat.

Penghargaan untuk Wonderful Indonesia diserahkan pada Kamis 8 Maret, di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ciputra World, Jakarta Selatan. Penyerahan diberikan dalam acara awarding night  "WOW Brand Festive Day 2018", yang diselenggarakan MarkPlus Inc.

“Ini merupakan kehormatan besar buat Wonderful Indonesia. Saya akan membuktikan jika brand value itu ada impact-nya," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui siaran pers (9/3).

Dia memberikan contoh, tahun 2016 transaksi yang diraih Indonesia sebesar Rp 6 triliun. Sedangan tahun 2017, Rp 8 triliun. "Tahun 2018 ini, kita targetkan sebesar Rp 10 triliun,” ujar Arief.

Untuk diketahui, Wonderful Indonesia menjadi penghasil terbesar kedua, setelah hasil ekspor kelapa sawit yang berada di posisi teratas. Di peringkat ketiga diduduki oleh hasil ekspor tekstil Indonesia.

1. Kementerian Pariwisata terus mempromosikan wisata Indonesia melalui "Wonderful Indonesia"

Bikin Bangga, Wonderful Indonesia Sabet Penghargaan Bergengsi Ini!bisniswisata.co.id

Melalui WI-PI, Kementerian Pariwisata berupaya untuk mengenalkan seluruh wisata, budaya, dan adat Indonesia secara global. Didirikan sejak 2014, WI-PI terbilang sangat berhasil dibandingkan program negara lain. Apalagi di 2018 ini Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkenalkan Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018 yang menjadi strategi baru WI-PI.

Bahkan sebelum adanya program baru tersebut, WI-PI telah menempati peringkat kedua sebagai penyumbang devisa. Sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara pada 2017. 

Baca juga: Indonesia Diprediksi Jadi 5 Negara Terkuat di Dunia, Apa Dampaknya?

2. Dampak luar biasa dari penghargaan "Brand of The Year Indonesia 2018"

Bikin Bangga, Wonderful Indonesia Sabet Penghargaan Bergengsi Ini!Dok.Kementerian Pariwisata

Menurut Arief, penghargaan "Brand of The Year  Indonesia 2018" berpengaruh pada aspek 3C yakni confidence, credibility, dan calibration. Menurut dia, jika dikomunikasikan dengan baik, penghargaan yang diperoleh dapat menjadi marketing  yang paling efektif.

"Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik," katanya.

Bahkan menurut Founder and Chairman Markplus Inc, Hermawan Kartajaya, pencapaian WI-PI sepertinya akan susah ditandingi brand  lain di masa depan.

3. WI-PI akan menjual 18 destinasi unggulan di Indonesia pada tahun ini

Bikin Bangga, Wonderful Indonesia Sabet Penghargaan Bergengsi Ini!instagram.com/indtravel

Seperti yang disinggung di atas, WI-PI mempunyai berbagai program baru sepanjang tahun ini. Misalnya berupa "VIWI 2018". Program besar yang melibatkan Kementerian Pariwisata dan jaringannya dengan konversi bersama 16 asosiasi. Hal ini dilakukan sebagai program konversi dari branding  menjadi selling atau penjualan produk wisata.

VIWI 2018 bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta orang pada 2018 dan 20 juta orang pada 2020. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, VIWI 2018 akan memberikan 18 pililhan destinasi unggulan dalam paket pariwisata yang ditawarkan.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Kementerian Pariwisata juga memiliki 100 pilihan paket festival di Indonesia. Apalagi pada tahun ini pemerintah berencana menggelar 100 event secara profesional.

Baca juga: 7 Pulau Terluar Indonesia: Jarang Dilirik, tapi Pesonanya Mendunia

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !