Comscore Tracker

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! 

Wisata budaya yang unik! #LokalIDN 

Selain pantainya yang indah, pulau Bali juga memiliki destinasi wisata lain yang gak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Taman Nusa. Terletak di Gianyar, Taman Nusa telah dibuka sejak tahun 2013 dan menjadi salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sempat ditutup sementara karena merebaknya pandemi, taman wisata budaya yang satu ini telah dibuka kembali sejak awal Agustus lalu. Untuk merayakannya, Taman Nusa mengadakan promo Harga Tiket Masuk spesial reopening. Bagi wisatawan yang memiliki KTP Bali, promo HTM nya menjadi 40 ribu (dewasa) dan 30 ribu (anak-anak), sedangkan bagi wisatawan domestik non KTP Bali menjadi 50 ribu (dewasa) dan 40 ribu (anak-anak). Promo ini berlaku sejak awal bulan Oktober hingga 31 Desember 2020.

Menawarkan tempat wisata rekreasi dan edukasi, berikut tujuh hal unik yang ada di Taman Nusa Bali.

1. Pemandangan alam yang menyegarkan 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Dibangun di atas tebing yang menyusuri Sungai Melangit, Taman Nusa menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan Gianyar yang subur dan hijau di sekeliling taman seluas 10 hektar ini.

Untuk kamu yang lelah dengan hiruk-pikuk perkotaan, Taman Nusa jadi tempat terbaik untuk sejenak melarikan diri.

2. Menyajikan budaya dan tradisi Indonesia yang dikemas dalam konsep perjalanan waktu 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Untuk mengenalkan budaya Indonesia dengan cara yang menarik, Taman Nusa menyajikannya dalam konsep perjalanan waktu. Para pengunjung akan diajak menjelajah Indonesia dimulai dari masa sebelum merdeka, kemudian dilanjutkan dengan masa Indonesia merdeka hingga Indonesia masa kini. 

Pada bagian Indonesia sebelum merdeka, para pengunjung menyusuri masa prasejarah, masa perunggu hingga masa kerajaan. Masa prasejarah ditandai dengan pepohonan tinggi yang terasa seperti berada di masa lampau.

Melintasi bagian masa perunggu, pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan dari masa tersebut yang sebagian diantaranya masih digunakan hingga saat ini. Pada bagian masa kerajaan, terdapat salah satu mahakarya paling terkenal yaitu Candi Borobudur.

3. Deretan rumah tradisional yang bisa dikunjungi 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Taman Nusa juga memiliki satu kawasan yang dinamakan Kampung Budaya. Di kawasan ini, dibangun 60 rumah tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Rumah Bajawa dari Flores, Rumah Wale dari Minahasa, Rumah Honai dari Papua, dan Rumah Gadang dari Minangkabau yang merupakan salah satu rumah tertua di Taman Nusa.

Baca Juga: 5 Wisata Bali yang Dekat dengan Bandara Ngurah Rai, Selain Pantai Kuta

4. Berkesempatan mengenal kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Selain dapat mengunjungi rumah-rumah tradisional di Kampung Budaya, para pengunjung juga dapat menyaksikan sekaligus belajar berbagai keterampilan dan petunjukan seni tradisional dari masing-masing daerah. Misalnya menganyam tikar pandan, belajar membatik di rumah tradisional Yogyakarta, menyaksikan pembuatan tenun ikat di rumah tradisional Suku Lio NTT, hingga membuat kerajinan miniatur kapal pinisi di kawasan rumah tradisional Sulawesi Selatan.

5. Museum warisan budaya Indonesia 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Setelah puas menjelajahi Kampung Budaya, tempat lainnya yang gak boleh dilewatkan adalah museum yang menampilkan berbagai warisan budaya Indonesia. Sesuai namanya, di Museum Wayang dapat ditemukan beragam jenis wayang seperti Wayang Golek, Wayang Kulit hingga Wayang Suket, sedangkan di Museum Kain menampilkan berbagai koleksi tekstil seperti kain Ulos, Batik, Tenun Ikat dan lainnya.

Di bagian Museum Etnografi, pengunjung dapat menemukan Lukisan Panji. Hal menarik dari lukisan dengan tema pewayangan ini adalah jika terkenar sinar UV akan berubah menjadi lukisan kontemporer yang indah.

6. Toko suvenir yang menawarkan berbagai macam pernak-pernik 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Jika ingin membawa buah tangan, para pengunjung dapat memilih berbagai macam pernak-pernik yang ada di toko suvenir, seperti gantungan kunci, kain tradisional, hingga aksesoris yang dibuat oleh seniman yang ada di sekitar kawasan Taman Nusa.

7. Beragam spot foto yang unik 

7 Hal Menarik yang Ada di Taman Nusa Bali, Miniaturnya Indonesia! instagram.com/tamannusa

Berada di kawasan terbuka dengan pemandangan alam yang hijau di sekelilingnya, Taman Nusa memiliki banyak spot menarik untuk berfoto.

Salah satu spot unik dan favorit pengunjung adalah Jembatan Masa Depan. Jembatan yang berbentuk lorong waktu ini  menghubungkan Kampung Budaya dan Indonesia Masa Depan, yaitu kawasan museum yang menampilkan warisan budaya.

Itulah tujuh hal unik yang bisa ditemukan di Taman Nusa Bali. Apa kamu tertarik mengunjunginya ?

Baca Juga: 5 Wisata Selain Pantai di Bali yang Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

Ria Agustiana P Photo Verified Writer Ria Agustiana P

This too, shall pass.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya