Comscore Tracker

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburit

#RamadanMasaKini Ngabuburit menghibur dan mengedukasi

Ngabuburit identik dengan kumpul bareng sahabat. Atau ada juga yang malah menghabiskan detik-detik ngabuburitnya dengan berdiam di kamar saja. Nggak jarang, kita malah lupa bahwa keluarga sebenarnya juga butuh porsi sendiri buat jadi sahabat ngabuburit kita.

Buat yang tinggal di Jambi ataupun lagi berlibur ke Jambi, jangan tunda lagi buat ajak keluarga ke 9 tempat wisata di Jambi yang asyik buat ngabuburit ini.

1. Kompleks Candi Muaro Jambi

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/lacultureindo

Bagi yang suka menikmati situs peninggalan sejarah milik leluhur, kompleks Candi terluas di Asia Tenggara ini cocok jadi tempat ngabuburit sampai maghrib tiba. Dengan waktu 30 hingga 45 menit dari kota Jambi, kita sudah bisa sampai di kompleks Candi Muaro Jambi.

Dipenuhi dengan sembilan candi bercorak buddhisme yang telah dipugar, lima di antaranya yang sering menjadi spot favorit berfoto adalah Candi Kedaton, Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Astano, dan Candi Kembar Batu.

Selain menyaksikan keindahan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu, kompleks candi ini juga menyediakan sepeda sewaan seharga Rp 10.000 per jam untuk membantu berkeliling kompleks, karena memang jarak dari candi yang satu ke candi yang lain bisa memakan waktu 15 sampai 20 menit dengan hanya berjalan.

Permainan anak di sekitar kompleks, jajanan berbuka puasa, serta penjualan suvenir juga bisa ditemukan di sini.

Jam kunjungan: 08.00 - 18.00

HTM: Rp 5.000

Lokasi: Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, tepi Sungai Batanghari

2. Jembatan Gentala Arasy

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/taujambi

Jembatan yang menghubungkan kota Jambi dengan kawasan seberang Jambi ini adalah jembatan khusus pejalan kaki.

Serunya, di ujung jembatan sisi utara, kita bisa menemukan menara Gentala Arasy yang memiliki jam besar di puncak menara. Dalamnya pun, ada museum berisi sejarah perkembangan agama Islam di Jambi yang diwakilkan melalui ratusan koleksi naskah, kitab kuno Islam, serta benda-benda bersejarah milik Islam.

Yang membuat jembatan Gentala Arasy jadi favorit warga Jambi karena kita bisa nongkrong santai di pinggir jembatan sambil memandangi perahu-perahu yang melewati sungai Batanghari. Bisa juga menikmati kuliner untuk berbuka puasa di pinggiran Sungai Batanghari sisi selatan.

Jam kunjungan: Buka 24 jam

HTM: Gratis

Lokasi: Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi

3. Jambi Paradise

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/13ivifiid

Taman wisata air yang baru dibuka pada Desember 2015 ini memberikan hiburan serta aktivitas beragam yang menyenangkan.

Banyak spot instagramable yang ditawarkan, misalnya saja lorong tumbuhan merambat, lorong bambu berbentuk segitiga, Gardens by the Bay-nya Singapura versi Jambi Paradise, jembatan gantung, labirin, atau miniatur kapal pesiar dalam danau buatan.

Tidak hanya itu, untuk membuat mood baik kembali, Jambi Paradise juga menyuguhkan permainan yang bayarnya terpisah dengan tiket masuk, seperti flying fox, sepeda air, balon di atas air, sewa motor ATV, perahu kretek untuk berkeliling danau dan kegiatan memberi makan ikan di pinggiran danau.

Seru banget kalau bisa ngabuburit di sini karena tahu-tahu sudah waktu berbuka saja.

Hari dan jam kunjungan: Senin - Minggu, 08.00 - 18.00

HTM: Senin - Jumat, Rp 25.000, Sabtu - Minggu, Rp 30.000

Lokasi: Simpang Acai, Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

4. Taman Rimba Zoo

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/edyiskandar03

Selanjutnya, ada Taman Rimba Zoo Jambi yang bisa jadi pilihan keluarga yang ingin mengisi bulan puasa dengan hal-hal bermanfaat, terutama untuk anak-anak. Mereka bisa langsung bertatap muka dari jarak jauh dengan hewan yang selama ini hanya dikenalkan dan diajarkan dari sekolah dan media online. Bahkan di tempat inilah momen tepat bagi kita untuk mengajarkan anak peduli dan mau menyayangi hewan.

Momen seru lainnya adalah menunggang gajah dan aktivitas memberi rusa makan.

Kebun binatang yang dipenuhi pohon rindang ini juga memiliki penangkaran burung berukuran jumbo. Hampir segala jenis burung dipelihara di sini. Butuh waktu sekitar satu hingga dua jam untuk mengelilingi Taman Rimba Zoo. Bahkan saking menikmati, nggak sadar kalau sudah tiba waktunya berbuka.

Hari dan jam kunjungan: Senin - Minggu, 08.45 - 16.30

HTM: Rp 10.000 (dewasa), Rp 5.000 (anak-anak)

Lokasi: Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi

Baca Juga: 5 Kuliner Paling Enak di Jambi di Bawah Rp 15 Ribuan

5. World of Water Waterpark Jambi

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/worldofwaterwaterpark

Siapa yang suka main air? Harus banget ajak keluarga untuk bermain air di sini sampai puas. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari kota Jambi, kamu udah bisa mencoba beberapa wahana yang seru seperti gentong besar yang airnya terjatuh deras ketika terisi penuh, lazy river, seluncuran setinggi 4 - 5 meter yang berkelok-kelok, dan juga wahana kolam khusus anak kecil.

Yang nggak ikut berenang, bisa juga kok santai-santai dengan menyewa gazebo seharga Rp 150.000.

Fasilitas lain yang bikin nyaman adalah kamar mandinya cukup luas dan menyediakan sekitar 10 kamar mandi untuk bersih-bersih selepas berenang. Loker dan pelampung juga bisa disewa sepuasnya.

Hari dan jam kunjungan: Senin libur, Selasa - Jumat, 10.00 - 17.30, dan Sabtu - Minggu, 08.00 - 17.30

HTM: Selasa - Jumat, Rp 40.000, Sabtu & Minggu, Rp 65.000

Lokasi: Citraraya City, Mendalo darat, Jambi luar kota, Jambi

6. Danau Sipin

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/hasniati0710

Danau Sipin yang sempat redup keberadaannya karena tidak dikelola dengan serius kini kembali diangkat dan diperkenalkan menjadi salah satu objek wisata di tengah kota yang wajib didatangi.

Berkunjung ke sini, kita akan menemukan pemandangan keramba ikan tawar. Spot foto kekinian juga tak mau kalah eksis.

Ingin menikmati angin sejuk diiringi view terbaik? Boleh juga menyewa perahu hanya dengan Rp 5.000 per orang agar dapat mengelilingi danau sambil menikmati sunset bersama keluarga.

Hari dan jam kunjungan: Bebas

HTM: Rp 3.000

Lokasi: Jl. Ade irma Suryani Nasution, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jambi

7. Taman Wisata Kampoeng Radja

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/117tansuri

Taman hiburan yang sudah beroperasi sejak tahun 2006 ini nggak kalah seru dengan Jambi Paradise. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentu akan girang bisa bermain di sini karena Kampoeng Radja memiliki banyak permainan seperti sepeda air, kiddy land khusus anak kecil, paintball, bumper boat, gocart dan waterpark.

Capek mengelilingi area tamannya? Tenang, ada penyewaan mobil golf yang siap mengantar pengunjung menuju wahana yang mau dimainkan. Sudah tentu ngabuburit di Kampoeng Radja, membuat kamu nagih buat ke sini lagi.

Hari dan jam kunjungan: Senin - Minggu, 08.00 - 17.00

HTM: Weekdays Rp 35.000, Weekend Rp 45.000 sudah termasuk 10 wahana

Lokasi: Jl. Lingkar Barat 3 No.108, Kenali Besar, Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 

8. Alam Sebapo

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/alamsebapo

Belum punya rencana weekend kemana pun? Di bulan Ramadan ini, yuk coba rencanakan menginap bersama keluarga di Alam Sebapo.

Selain mempererat kedekatan antar anggota keluarga dengan paket outbondnya, kita juga bisa mendapatkan pengalaman terbaik melalui paket wisata edukasi bertema lingkungan, seperti melihat satwa hutan lebih dekat dan pemahaman lingkungan hidup langsung dari ahlinya.

Hiburan lain yang menyegarkan otak dan tak kalah seru adalah bermain ayunan di tengah-tengah danau, bersantai di hammock, camping, atau berburu ikan dengan tangan telanjang. Dijamin ngabuburit di sini menjadi lebih bermakna.

Hari dan jam kunjungan: Senin - Minggu, 08.00 - 18.00 / Reservasi untuk menginap

Lokasi: Jl. Lintas Jambi - Palembang Km 22, Lorong panjang, Dusun Kenanga RT 08, Desa Sebapo, kecamatan Mestong, kabupaten Muaro Jambi, Jambi

9. Lubuk Penyengat

9 Tempat Wisata di Jambi yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/maxireynaldo

Sebelum mengunjungi kompleks Candi Muaro Jambi, nggak ada salahnya berhenti sebentar di Lubuk Penyengat yang juga masih dalam wilayah Muaro Jambi.

Lubuk penyengat tadinya adalah sebuah sungai yang tertutup oleh banyak semak liar yang kemudian disulap dan dibersihkan oleh komunitas sadar wisata (Pokdarwis) menjadi sebuah tempat wisata swafoto.

Bedanya dengan tempat wisata Jambi lainnya, Lubuk Penyengat menawarkan spot foto yang unik dan kreatif karena dibuat dari bahan-bahan mentah lokal seperti sabut kelapa, ranting kayu, jerami dan rotan.

Agar lebih puas, harus banget mencoba mengitari sungai dengan perahu sampan yang harga sewanya hanya sebesar Rp 5.000 per orang. Keuntungannya, bisa menikmati Lubuk Penyengat yang alamnya masih terasa syahdu.

Hari dan jam kunjungan: Senin - Minggu, 08.00 - 18.00

HTM: Rp 5.000

Lokasi: Jl.Lintas Desa Baru Jambi Tulo, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

Gimana, sudah gak sabar untuk mengunjungi  9 tempat wisata di Jambi yang asyik buat ngabuburit hari ini? Segera buat jadwal ngabuburit sebelum bulan suci ini berakhir. Tentu akan berkesan dan menjadi cerita bersama untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Yuk Mengenal Peradaban di Jambi Lewat Festival Sungai Batanghari 

Ribka Damanik Photo Community Writer Ribka Damanik

Nulis demi kepuasan batin | @er.ers & @yanabring.bags anak kesayangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You