Comscore Tracker

3 Rekomendasi Penginapan di Bandung yang Ramah Anak   

Libur telah tiba, staycation bareng anak seru nih!

Jakarta, IDN Times - Selain sebagai salah satu kota dengan makanan tradisional terbaik di Asia, Bandung juga menjadi destinasi favorit wisatawan untuk liburan. Berbagai macam kuliner, toko-toko fesyen kekinian, hingga tempat-tempat wisata yang memanjakan mata, semua ada di Bandung, Jawa Barat. 

Menghabiskan waktu liburan dengan staycation di penginapan yang menawarkan beragam aktivitas seru, dijamin membuat liburan anak makin berkesan. Dalam memilih tempat staycation, faktor keamanan dan kenyamanan tentu menjadi hal yang penting, terlebih di masa transisi pandemik COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) merupakan salah satu upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan saat berlibur.  

“Penerapan CHSE ini harus disiplin di setiap akomodasi dan tempat rekreasi, kami akan pantau dan mudah-mudahan tidak akan mengganggu momentum pemulihan ekonomi,” katanya.

Nah, sembari merencanakan liburan bersama keluarga di Bandung, jangan lupa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap Selasa yang diadakan dua minggu sekali. Caranya? follow akun Instagram @pesona.indonesia lalu like posting-an terbaru PUKIS pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Yuk, raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia!

Bagi yang ingin staycation bersama keluarga di tempat yang aman dan nyaman, serta lengkap dengan berbagai fasilitas untuk anak, inilah 3 rekomendasi penginapan di Bandung yang bisa jadi pilihan!

1. Ciwidey Valley Resort & Hotel

3 Rekomendasi Penginapan di Bandung yang Ramah Anak   Dok. Ciwidey Valley Resort & Hotel

Penginapan yang beralamat di Jalan Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Kabupaten Bandung ini memiliki empat konsep penginapan yaitu cottage, hotel, glamping, dan camping ground.

Di Ciwidey Valley Resort & Hotel tersedia berbagai fasilitas seperti sand bath spa, playing ground, labirin, waterpark, dan lapangan olahraga. 

Para orang tua juga bisa mengajak anaknya untuk menyusuri sky walk dan akan bertemu dengan bird park yang cukup besar dan menjadi ciri khas penginapan ini. Di sini terdapat beberapa hewan seperti burung, angsa, bebek, ayam, dan patung hewan lain di sekitar sungai buatan.

Baca Juga: 12 Wisata Liburan Sekolah Bandung yang Seru untuk Anak-anak

2. Rumah Stroberi Organic Farm and Lodge

3 Rekomendasi Penginapan di Bandung yang Ramah Anak   Dok. Rumah Stroberi Organic Farm and Lodge

Hotel yang beralamat di Jalan Cigugur Girang No.145, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat ini menyediakan tujuh tipe kamar dengan nuansa alam mulai Rp450.000 per kamar.

Di sini anak-anak bisa menikmati aktivitas menarik di FunZone dan Kidde Land seperti Kiddie land, ATV ride, flying fix, high ropes, berkuda, hingga berkebun stroberi. Cukup dengan melakukan transaksi makan dan minum minimal Rp100 ribu, pengunjung sudah bisa merasakan sensasi berkebun stroberi.

Sementara stroberi yang dipetik akan dihargai Rp10.000 per 100 gram. Menu makanan yang direkomendasikan di sini adalah paket nasi liwet khas Sunda, disajikan dengan lalapan organik yang langsung dipetik dari kebun.

3. Dusun Bambu

3 Rekomendasi Penginapan di Bandung yang Ramah Anak   Dok. Dusun Bambu

Resor ini berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Kabupaten Bandung Barat. Dusun Bambu menyediakan dua tipe penginapan, yaitu Cottage Kampung Layung yang terinspirasi dari rumah tradisional Sunda dengan suasana perkampungan yang khas, dan Glamping Sayang Heulang yang menghadirkan pengalaman menginap di tenda dengan fasilitas lengkap seperti di hotel. 

Di sini kamu dan anak-anak bisa menikmati udara dingin Bandung sambil barbeque di malam hari dan menikmati alam dengan aktivitas seperti jogging di Taman Arimbi, mengelilingi danau Purbasari dengan sampan, dan bermain di playground yang bisa dinikmati secara gratis bagi tamu yang menginap. Adapun fasilitas lain seperti berkeliling menggunakan e-scooter, sepeda bambu, crazy cart drift, dan e-bicycle bisa kamu nikmati dengan biaya tambahan.

Selain menginap, di sini kamu juga bisa makan di restoran dengan pemandangan yang berbeda-beda. Terdapat empat jenis restoran yang bisa dinikmati pengunjung, yaitu Purbasari jika ingin merasakan sensasi makan masakan Sunda di saung tepi danau, Lutung Kasarung dengan konsep makan ala piknik tradisional di sangkar burung, Lembur Urang berkonsep makanan khas Bali dengan pemandangan sawah, dan Burarang yang menyajikan makanan khas Asia dan Western Cuisine ala resto bintang 5 dengan pemandangan danau.

Di sini juga terdapat Galeri Flora Indonesia yang menyediakan berbagai macam tanaman hias dan suvenir kerajinan tangan berbahan dari bambu seperti tas, topi, piring, dan kerajinan tangan lainnya. 

Sudah tidak sabar ingin berlibur bersama keluarga? Yuk, liburan #DiIndonesiaAja! Sebelum bepergian, pastikan sudah vaksin dosis lengkap dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan di akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok: @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel.

Baca Juga: Bandung Zoo Beri Kesempatan Siswa Jadi Perawat Satwa Selama Liburan

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya