Comscore Tracker

Berlibur ke Yogyakarta? 3 Tempat ini Wajib Dikunjungi! 

Cocok buat quality time bareng keluarga

Jakarta, IDN Times Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Budaya pasti jadi salah satu pilihan wisata #DiIndonesiaAja saat liburan tiba. Sekali liburan di Yogyakarta, dijamin rasanya ingin kembali karena pesona kota satu ini memang sangat memikat. Di kota kenangan ini berbagai pilihan wisata tersedia, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, kuliner, hingga wisata belanja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bercita-cita melakukan new branding untuk Yogyakarta, “Branding wisata Kota Yogyakarta di era baru ini yakni Yogya Kota Kreatif, agar ke depan bisa bersaing di level internasional seperti branding New York The City That Never Sleep atau Paris sebagai City of Love”, kata Sandiaga.

Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai tempat wisata di Yogyakarta yang asyik buat quality time, jangan lupa saksikan NGANTRI atau Ngobrol Bareng Mas Menteri setiap akhir pekan dengan Bintang Tamu dan obrolan yang seru banget secara LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia.

Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 temanmu untuk ikutan, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. Buat yang ingin berlibur di Yogyakarta bareng keluarga, berikut rekomendasi destinasi wisata yang wajib kamu datangi!

1. Ledok Sambi

Berlibur ke Yogyakarta? 3 Tempat ini Wajib Dikunjungi! Ledok Sambi. (Dok. Kemenparekraf)

Ledok Sambi terletak di Desa Sambi, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 19, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Daya tarik yang disuguhkan adalah nuansa khas pedesaan. Di sini wisatawan bisa menikmati ragam kegiatan yang lengkap, dari rekreasi alam hingga edukasi budaya.

Siapa saja boleh datang berkunjung, asal tetap menjaga kebersihan dan sopan santun terhadap penduduk lokal. Pagi hari adalah waktu yang terbaik untuk berkunjung sehingga bisa puas menikmati semua fasilitas yang tersedia. 

Wisatawan bisa bermain ban tubing, flying fox, menaiki kano, terapi ikan, bermain air di sungai, paint ball, outbound, dan sebagainya yang dibanderol mulai dari Rp10.000 sampai Rp50.000.

Pengunjung tidak perlu repot-repot bawa makanan dari rumah, berbagai makanan dan minuman tersedia di Ledok Sambi. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp4.000 sampai Rp18.000 untuk makanan dan Rp5.000 sampai Rp15.000 untuk minuman. Kawasan wisata Ledok Sambi dibuka dari pukul 09:00 hingga 16:30 WIB.

Baca Juga: 5 Tips Aman dan Nyaman Liburan di Yogyakarta, Gak Takut Klitih!

2. The Lost World Castle

Berlibur ke Yogyakarta? 3 Tempat ini Wajib Dikunjungi! The Lost World Castle. (Dok. Kemenparekraf)

Pemberian nama The Lost World Castle dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat akan dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada 2010 yang telah menyapu bersih kawasan Desa Kepuharjo dan sekitarnya.

Di The Lost World Castle (TLWC) kamu bisa menikmati keindahan Gunung Merapi. Selain itu, terdapat berbagai latar untuk mengambil foto yang menarik, di antaranya taman koboi, awan putih, sepeda motor terbang, sayap bidadari, dan lain-lain.

Tersedia pula latar foto trik tiga dimensi berupa air terjun, permadani terbang, dan beberapa bunga sakura tiruan yang turut menghidupkan suasana.

Untuk menikmati spot foto di TLWC, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk mulai Rp30.000 per orang, baik dewasa maupun anak-anak. Kawasan wisata ini buka setiap hari dari pukul 07:00 sampai 18:00 WIB.

3. Wisata malam di Kaliurang Carnival

Berlibur ke Yogyakarta? 3 Tempat ini Wajib Dikunjungi! Kaliurang Carnival. (Dok. Kemenparekraf)

Kaliurang Carnival diadakan dari 1 Mei hingga 17 Juli 2022. Kaliurang Carnival memiliki beberapa wahana bermain yang menarik, mulai dari light forest, yakni deretan lampu-lampu yang bisa menjadi wisata malam paling cantik di Yogyakarta.

Terdapat pula animal carnival, yaitu berbagai binatang yang ramah anak seperti burung makau, kelinci, tupai terbang yang lebih dikenal dengan sugar glider, dan yang mencuri perhatian pengunjung yaitu balon udara atau hot air baloon.

Dengan merogoh kocek Rp300.000 untuk maksimal 200 kg (3 orang) selama 10-15 menit, pengunjung bisa naik balon udara sekaligus menikmati pemandangan sekitar kawasan wisata Kaliurang dari ketinggian. Tak perlu khawatir perihal keamanan, karena wahana bermain ini diawasi dan dikelola oleh tenaga ahli yang profesional.

Sudah terbayang kan betapa serunya liburan di Yogyakarta bila mengunjungi 3 tempat tadi? Nah, sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu sudah vaksin dosis lengkap dan tetap mematuhi protokol kesehatan ya. 

Informasi mengenai destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja juga bisa kamu dapatkan di akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel. (WEB)

Baca Juga: 10 Wisata Yogyakarta untuk Trekking, Dibuat Takjub dengan Alamnya   

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya