Comscore Tracker

5 Fakta Unik San Marino, Negara Kecil di Eropa Selatan yang Cantik

Walaupun kecil, pemandangannya menakjubkan, lho!

Apakah kamu pernah mendengar negara bernama San Marino? San Marino adalah salah satu negara yang berada di Eropa Selatan. Negara ini berbentuk republik yang wilayahnya dikelilingi oleh Itali. San Marino dijuluki sebagai 'Least Visited Country in Europe karena setiap tahun hanya ada sekitar 60 ribu wisatawan yang berkunjung.

Walaupun jarang dikunjungi, negara ini cocok buat kamu yang tidak suka keramaian. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, baca dulu lima fakta unik tentang Negara San Marino. Berikut penjelasannya!

1. Negara terkecil nomor lima di dunia

5 Fakta Unik San Marino, Negara Kecil di Eropa Selatan yang Cantikmirror.co.uk

Luas Negara San Marino, yaitu sekitar 61 km persegi. Selain dikelilingi oleh Itali, negara ini berbatasan dengan Emilia-Romagna di bagian utara dan Marche di bagian selatan. Populasi penduduknya sekitar 33 ribu jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 520 per km persegi.

2. Lebih banyak mobil, daripada penghuninya

5 Fakta Unik San Marino, Negara Kecil di Eropa Selatan yang Cantikearthtrekkers.com

Di San Marino, hal unik lainnya ialah terdapat lebih banyak mobil dibandingkan penghuninya. Hal ini karena adanya suaka pajak (tax haven). Adanya suaka pajak menyebabkan suatu negara memberlakukan pajak yang rendah atau tidak mengenakan pajak sama sekali.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Liburan ke Andorra, Eropa Itu Menyenangkan!

3. Memiliki pemandangan yang menakjubkan

5 Fakta Unik San Marino, Negara Kecil di Eropa Selatan yang Cantikrtwin30days.com

Dikenal sebagai negeri kecil nan cantik, tidak heran jika pemandangan di San Marino sangat menakjubkan. Negara yang topografinya didominasi dengan Pegunungan Apennine ini terletak di atas pegunungan. Pemandangan berupa perkotaan dan jalan menuju Kroasia dapat kita saksikan di negara ini dari ketinggian.

4. Memiliki banyak patung

5 Fakta Unik San Marino, Negara Kecil di Eropa Selatan yang Cantikcheckinprice.com

Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan, San Marino merupakan negara yang memiliki banyak patung. Negara yang menggunakan bahasa Itali ini memiliki lebih dari seratus patung yang sangat unik. Salah satu yang terkenal, yaitu patung Lady of Liberty.

5. Tidak memiliki bandara sendiri

5 Fakta Unik San Marino, Negara Kecil di Eropa Selatan yang Cantikworldatlas.com

San Marino tidak memiliki bandara sendiri di wilayahnya. Jika kamu akan berkunjung ke negara ini, kamu harus berhenti di Bandara Internasional Federico Fellini yang terletak di Rimini, Itali. Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke San Marino dengan transportasi darat.

Itu tadi lima fakta unik negara San Marino. Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke sana?

Baca Juga: 17 Kota di Eropa Ini Bagaikan Negeri Dongeng Saat Malam Natal

Riezma Prasiwi Photo Verified Writer Riezma Prasiwi

@riezmaprsw

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya