Comscore Tracker

5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!

Ini dia tempat mencicipi kurma di Indonesia

Menikmati kurma segar kini gak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah sana. Sebab di Indonesia, ternyata ada beberapa wisata kebun kurma yang bisa kamu kunjungi. Apa saja? Yuk, simak satu per satu.

1. Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan

5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!explorewisata.com

Wisata kebun kurma seluas 3,7 hektar ini terletak di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Disini, terdapat kurang lebih 150 pohon kurma dewasa yang sudah tumbuh subur dan ada sekitar 400 pohon yang masih muda.

Kurma yang ditanam terdiri dari berbagai varietas, seperti Kurma Ajwah, Emirat, Khilaf, dan Sayer. Untuk pohon yang berasal dari kultur jaringan, ada varietas Barhee, Lulu, Sultana, dan Madjoel.

Selain pohon kurma, di sini kamu bisa menjumpai pohon zaitun, siwak, delima Iran, delima merah, dan pohon-pohon khas Timur Tengah lainnya. Tempat wisata ini buka setiap hari, kecuali hari Jumat. 

Untuk masuk ke tempat ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu saja. Kamu juga bisa memetik dan membeli kurma muda dengan harga Rp 3-5 ribu per bijinya. 

2. Kebun Kurma Barbate Aceh

5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!steemit.com

Areal kebun seluas kurang lebih 320 hektar ini terletak di Lembah Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar.

Dulunya, tanah disini merupakan tanah tandus yang pada akhirnya dimanfaatkan oleh kelompok tani yang diketuai seorang pria bernama Mahdi Muhammad. Tanah gersang tersebut dibersihkan menggunakan alat berat, lalu ditanami bibit kurma yang didatangkan langsung dari Inggris hingga dikembangkan menjadi agrowisata.

Ada banyak jenis kurma yang ditanam di sana, tetapi kebanyakan adalah jenis Barhee. Untuk berkeliling kebun kurma ini, kamu harus membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau motor. Gak usah khawatir, jalanan di sini sudah dibenahi sehingga bisa kamu lalui dengan mudah.

Tersedia pula beberapa fasilitas seperti mushala dan tempat beristirahat.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Arab Saudi Selain Kurma, Ada Buah Kesukaan Nabi

3. Kawasan Kebun Kurma Indonesia Kampar (KKIK) Riau

5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!auramedia.co

Kebun ini terletak di Desa Ranah Sungkai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Kebun kurma di kawasan seluas 500 hektar ini ditanam dan dikelola oleh PT. Kawasan Kurma Indonesia (KKI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar. 

Dari total luas lahan di kawasan ini, ada 194 hektar lahan yang sudah ditanami pohon kurma. Beberapa tanaman di sini sudah berbuah lebat.

Lokasi kawasan ini juga berdekatan dengan danau PLTA Koto Panjang yang bisa juga kamu kunjungi.

4. Bangka Botanical Garden (BBG)

5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!indonesiakaya.com

Saat ini, Bangka Botanical Garden (BBG) menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu sambangi saat berlibur ke Kepulauan Bangka Belitung. Agrowisata BBG terletak di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

Di lahan bekas tambang timah di BBG, terdapat beberapa pohon kurma yang tumbuh subur. Gak kurang dari 600 pohon kurma telah ditanam di tempat ini dan menjadi pohon yang produktif.

5. Kurma Masjid Al-Barkah Bekasi

5 Pilihan Wisata Kurma di Indonesia, Gak Harus ke Timur Tengah!img-z.okeinfo.net

Di masjid yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 46, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan, ini ada sekitar 20 pohon kurma yang tumbuh dengan subur. Dari semua pohon itu, ada beberapa pohon yang sudah berkali-kali berbuah lebat. Gak sedikit warga yang berkunjung untuk melihat langsung pohon kurma di sini.

Jadi, kamu tertarik berkunjung ke kebun kurma yang mana nih?

Baca Juga: 5 Resep Kurma Cokelat yang Legit Banget, Camilan Spesial buat Keluarga

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You