Comscore Tracker

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungi

Cocok buat liburan keluarga juga nih...

Garut gak hanya terkenal dengan wisata air terjun/curug atau pantainya yang indah dan mempesona. Di Garut juga terdapat wisata alternatif lain yang bisa kamu kunjungi lho, dan yang pasti sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Kali ini IDN Times akan kasih tahu kamu beberapa tempat wisata di Garut terbaru yang paling hits, favorit dan wajib untuk kamu kunjungi. Apa saja tempat wisata itu? Eksplor, yuk!

1. Awit Sinar Alam Darajat

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/deniramdaniiii

Terletak di lokasi yang sangat strategis, yaitu di Jl. Darajat KM 24 Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Garut. Udaranya sangat sejuk dan mempunyai sumber mata air panas yang natural. Fasilitas di sini juga lumayan lengkap disertai dengan pelayanan yang ramah, menjadikan liburan terasa lebih berkesan.

Fasilitas-fasilitas itu tentunya yang terutama adalah pemandian air panas. Selain itu, ada juga cottage bergaya klasik dan area outbound. Oh iya, menurut catatan di halaman web resmi tempat wisata Awit Sinar Alam Darajat, sampai terbitnya tulisan ini, pemandian air panasnya masih gratis untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun.

2. Cagar Alam Leuweung Sancang

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/_sengklek

Dengan nama ada embel-embel Sancang, tentu lokasinya ada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Garut. Memiliki luas sekitar 2.913 hektar.

Merupakan salah satu tempat wisata konservasi hutan dan cagar alam dengan taraf internasional di Indonesia dan dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu Cagar Alam Pantai / Hutan Pantai, Hutan Dataran Rendah dan Hutan Mangrove / Bakau.

Di sini terdapat primata yang sudah mulai langka, yaitu Owa Jawa. Untuk tumbuh-tumbuhannya, ada tumbuhan yang dilindungi dan mulai langka, yaitu Kaboa dan Meranti Merah.

Selain itu ada juga curug, namun harus menyeberang sungai terlebih dulu untuk ke curugnya. Oh iya, di Hutan Pantai, kita akan disuguhi dengan pemandangan hamparan pasir putih dan air laut yang masih sangat jernih, karena kita berjalan di area Pantai Leuweung Sancang.

3. Darajat Pass

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/r.leaaditama

Kolamnya ada di pinggir tebing dan bisa lihat pemandangan Kota Garut yang di antaranya adalah pegunungan dan pertanian dari atas sambil berendam dengan lanskap alam yang indah.

Lokasinya ada di Jl. Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut atau tepatnya di Kampung Bedeng, Desa Karyamekar. Tempat ini cocok untuk beristirahat dan melepas lelah setelah keliling Kota Garut.

Fasilitas yang ditawarkan yang utama tentunya pemandian air panas dan kolam renang air biasa. Selain itu ada juga fasilitas seperti arena outbound, photo studio, saung, wi-fi gratis dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk kamu yang ke sini sudah terlalu malam, jangan khawatir. Karena, menurut catatan di halaman web resmi Darajat Pass, sampai terbitnya tulisan ini, masih buka 24 jam dan tersedia fasilitas penginapan untuk beristirahat dan bermalam di sini.

4. Gunung Guntur

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/allysanuraini1

Gunung ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang suka naik gunung, nih! Gunung ini berketinggian sekitar 2.249 meter di atas permukaan laut dan merupakan sebuah gunung berapi yang menurut catatan adalah gunung berapi yang sangat aktif pada tahun 1800-an di Pulau Jawa.

Ciri khas Gunung Guntur kebanyakan berpasir, sehingga tanaman tidak begitu banyak tumbuh dan tampak tandus.

Di beberapa area lain kebanyakan hanya rumput liar yang tumbuh dan terlihat seperti savana. Di bagian atas hanya ada beberapa tanaman kantilever yang tumbuh. Selain kantilever, pohon pinus tumbuh lebih banyak di gunung ini.

Di area puncaknya ada sebuah kaldera yang begitu besar dan dalam yang asalanya dari bekas letusan. Dan di sekitaran kaki gunungnya, terdapat beberapa hotel dengan fasilitas pemandian air panas yang rasa panas atau lebih tepatnya hangat didapat dari Gunung Guntur.

Baca Juga: Gak Kalah Sama Bali, Ini 9 Pantai yang Indah Banget di Garut

5. Gunung Papandayan dan Papandayan Leisure Park

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/lelyrahmaputri

Berada sekitar 70 kilometer sebelah tenggara dari Kota Bandung, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.665 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi yang telah beberapa kali memuntahkan lavanya.

Meskipun begitu, di sini terdapat berbagai macam keanekaragaman dan keindahan hayati serta selalu menjadi tujuan wisatawan khususnya para pendaki.

Karena, di sini terdapat potensi wisata yang menjanjikan. Di antaranya yaitu Kawah Papandayan yang terkenal seperti Kawah Baru, Kawah Manuk, Kawah Mas dan Kawah Nangklak.

Selain itu, ada juga Blok Pondok Saladah, yaitu padang rumput yang cocok untuk berkemah dengan ketinggian 2.288 mdpl dan luas sekitar 8 hektar. Ada juga Blok Sumber Air Panas alami untuk melepas rasa lelah dan masih banyak lagi spot indah di sini.

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/rafhaelamt

Untuk yang tidak ingin terlalu merasakan lelah mendaki Gunung Papandayan, bisa mampir ke Papandayan Leisure Park. Lokasinya ada di Jl. Papandayan, Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Garut yang berbukit curam dan tebing terjal. Di sini kamu bisa menikmati panorama indah dengan udara yang alami, segar dan sejuk.

Di sini juga ada berbagai tempat unik yang cocok untuk selfie atau prewedding, seperti hamparan rumput hijau dan kolam yang berada persis di pinggir jalan. Selain itu ada juga area outbound, bukit teletubbies, camping ground, menara pandang, rumah kabin dan lainnya.

6. Lembah Karacak

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/ambarmentari12

Paling populer beredar dengan nama Karacak Valley, lokasi wisata ini berada di Jl. Karacak Valley, Garut, tepatnya di perbatasan Kelurahan Margawati, Garut Kota dan Kelurahan Sukanegla, Garut kota.

Secara umum, wisata ini adalah hutan pinus serta kebun kopi dan memiliki luas secara menyeluruh sekitar 92 hektar, namun sampai terbitnya tulisan ini, yang digunakan untuk area wisata sekitar 10 hektar.

Di sini, terdapat air terjun / curug bernama Curug Ngebul untuk kamu bermain air. Selain itu ada juga puncak, yang bernama Puncak Dogar.

Di puncak tersebut kamu bisa langsung melihat Gunung Cikuray dan lanskap daerah Garut tanpa halangan. Yang ingin merasakan berkemah juga bisa, karena di Lembah Karacak terdapat camp area.

7. Leuwi Jurig

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/rionoors

Jika di dalam Bahasa Indonesia, artinya "Kolam Setan". Lokasinya ada di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Garut. Meskipun dari namanya terdengar menyeramkan, nyatanya memiliki panorama yang indah.

Sebenarnya bernama asli Leuwi Rumpit, yang berarti "Kolam Bertebing" dengan warna airnya biru-kehijauan dan jernih.

Sekilas, tempat ini terlihat seperti Grand Canyon di Arizona, Amerka Serikat, karena bertebing batu dan warna airnya yang biru-kehijauan.

Di sini kamu bisa bermain air sepuasnya dan dengan lanskap seperti itu, sangat cocok untuk latar belakang foto.

8. Pemandian Air Panas Cipanas & Ciengang

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/etoy_evigassing

Pemandian Air Panas Cipanas adalah yang terpopuler di Garut. Uniknya, sumber air panasnya berasal dari kerak bumi / geiser, menjadikan pemandian ini sangat berbeda dari lainnya yang biasanya bersumber dari mata air, bukan geiser. Dan pastinya, mudah dijangkau serta masih buka 24 jam sampai terbitnya tulisan ini.

Mandi air hangat di Cipanas, kamu bisa memilih beberapa lokasi / tempat, di antaranya ada Cipanas Indah, Danau Dariza, Kampung Sumber Alam, Sabda Alam, Surya Alam, Tirta Gangga dan lain-lain.

Kemudian ada Pemandian Air Panas Ciengang yang lokasinya masih satu area dengan Pemandian Air Panas Cipanas, teapatnya di Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut dan tidak semegah Pemandian Air Panas Darajat Pass serta Cipanas itu sendiri.

Tapi, setidaknya bisa menghilangkan rasa tidak enak di tubuh, seperti lelah dan pegal. Yang perlu diketahui, Pemandian Air Panas Ciengang hampir 100% masih alami dan sangat tradisional.

9. Taman Satwa Cikembulan

9 Tempat Wisata di Garut Paling Favorit dan Wajib Buat Dikunjungiinstagram.com/bagoess_photography

Berada di Kecamatan Kadungora, Garut, tepatnya di Kampung Jati, Desa Cikembulan, awal mulanya adalah usaha dari warga lokal dan bertujuan untuk wisata terpadu. Dibuka untuk publik pada tahun 2009, nyatanya sudah ada sejak tahun 1998.

Suasananya tidak berbeda jauh dengan kebun binatang, hanya saja tidak ada hewan berukuran besar seperti badak, gajah dan jerapah.

Taman Satwa Cikembulan memiliki banyak sekali hewan mamalia, primata dan reptil. Dan yang paling unik, di sini kamu dapat langsung bercengkerama dengan Orang Utan Kalimantan yang dilepas di kandang sedikit terbuka.

Oh iya, yang ingin bermalam di sini juga bisa. Pihak pengelola menyediakan penginapan dengan harga terjangkau sesuai fasilitas yang tersedia.

Demikianlah rekomendasi destinasi atau tempat wisata di Garut terbaru yang lagi hits. Ternyata Kota Garut banyak wisata cantik-cantik ya! Kapan nih mau main ke Garut?

Baca Juga: 9 Curug Menawan yang Terlalu Indah Dilewatkan Jika Main ke Garut

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina
  • Wendy Novianto
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya