Comscore Tracker

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!

Jangan sampai nggak melipir ke sini

Bagi wisatawan dari Indonesia, Singapura telah menjadi tujuan liburan favorit, karena lokasinya yang masih dekat dengan Indonesia. Selain itu, aksesnya sangat mudah, bisa dicapai menggunakan kapal dari Batam atau mengambil penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Indonesia. Meski tergolong negara maju, biaya hidup di Negeri Singa cukup mahal. Apalagi, Singapura masih menyandang gelar kota termahal di dunia selama lima tahun berturut-turut sampai terbitnya tulisan ini.

Hal itulah yang membuat traveler harus memutar otak untuk menghemat pengeluaran ketika berlibur di Negeri Singa. Tapi, sekarang nggak perlu bingung, karena, ada sejumlah tempat wisata di Singapura yang bisa dikunjungi secara cuma-cuma atau gratis. Di mana saja? Inilah sembilan tempat wisata gratis di Singapura yang dimaksud itu.

1. Chinatown

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/jana.on.the.go

Kawasan Chinatown di Singapura yang ikonis nggak pernah sepi oleh turis. Selain bisa menemukan berbagai tempat jajanan, tempat ini juga menjadi favorit wisatawan untuk membeli oleh-oleh. Nggak cuman itu, ada juga Kuil dan Museum Relik Budha yang bisa dikunjungi secara gratis. Kuil dan Museum Relik Budha adalah salah satu ikon wisata Singapura dan tempat bersejarah bagi umat Buddha di sana.

Kuil bergaya Dinasti Cina Tang ini terkenal dengan desain interiornya yang megah dan menawan. Selain fungsinya sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha, rupanya ada toko di lantai 3 yang bisa dikunjungi untuk beristirahat. Di sini, bisa menikmati secangkir teh dan berbagai menu vegetarian yang lezat. Nah, jika tertarik berkunjung ke sini, pastikan untuk mengenakan pakaian sopan dan tertutup, ya!

2. Clarke Quay

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/elslau

Mencari tempat nongkrong malam hari yang asyik di Singapura? Wilayah Clarke Quay adalah jawabannya. Tempat ini dipagari dengan bangunan-bangunan unik dengan nuansa Cina yang sangat kental. Di malam hari, pantulan cahaya warna-warni yang menghiasi bar, kafe dan restoran adalah pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Supaya lebih ekonomis, bisa membawa makanan sendiri sambil duduk santai di tepi Singapore River.

3. East Coast Park

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/stephtee

East Coast Park adalah salah satu taman paling populer di Singapura. Lokasinya di pantai membuatnya begitu menarik, baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan asing. Di sini, nggak cuman bisa menikmati angin pantai yang sejuk, tetapi juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari bersepeda, jogging, memancing atau piknik.

Dan nggak perlu takut kelaparan, karena ada Hawker Centre atau kafe, pusat makanan ringan dan restoran makanan laut.

4. Gillman Barracks

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/gillmanbarracks

Suka berburu seni? Singapura mungkin dikatakan sebagai salah satu tujuan wisata seni yang tepat. Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah Gillman Barracks, yang beralamat di 9 Lock Road. Objek wisata ini awalnya dibangun pada tahun 1936 sebagai barak militer Inggris, tetapi kini telah berubah menjadi galeri seni yang memajang pameran seni lokal dan internasional. Pecinta seni tentu jangan sampai melewatkan kesempatan ini, terlebih nggak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati seni menakjubkan yang ada.

Barak Gillman umumnya buka setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 11 siang sampai 7 malam. Tertarik datang ke sini? Jika demikian, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, karena areanya yang luas. Dan jika perut terasa lapar atau tenggorokan terasa haus karena perjalanan yang panjang, tenang saja, ada bar, kafe dan restoran untuk istirahat.

Baca Juga: 6 Gerai Makanan Halal Tengah Kota di Singapura

5. Japanese Garden Park

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!runsociety.com

Taman Jepang yang terletak di Jurong East terhubung langsung dengan Chinese Garden di sebelahnya. Mereka dihubungkan oleh jembatan besar yang disebut Bridge of Double Beauty. Taman kota ini memiliki kedamaian batin dan suasana yang sangat menenangkan. Memang, nggak ada banyak atraksi menarik di sini, tetapi bagi yang mencari tempat untuk meditasi, Japanese Garden Park adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Sesuai namanya, di sini bisa melihat nuansa khas Jepang dari beberapa dekorasi yang menghiasi taman. Misalnya saja seperti jembatan merah melengkung, lentera batu dan rumah tradisional asal Negeri Sakura.

6. library@orchard

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/lindsayvoitton

Singapura juga terkenal dengan fasilitas perpustakaan umum yang tersebar luas di berbagai sudut kota. Hampir semua gedung perpustakaan di sana memiliki gaya arsitektur yang megah dan modern. Salah satu perpustakaan umum yang harus dikunjungi adalah library@orchard. Yang menarik dari perpustakaan ini adalah interior bangunan yang sangat eye-catching.

Dirancang khusus untuk kaum muda, library@orchard memiliki berbagai sudut yang nyaman, termasuk sudut berdinding kaca dengan pemandangan kota Singapura. Dan ada sekitar 100 ribu koleksi buku bacaan yang bisa ditemukan di sini. Rata-rata buku yang ada adalah buku fiksi, non-fiksi, majalah, majalah digital, surat kabar digital dan materi audio-visual.

Meskipun terbuka untuk umum, pengunjung library@orchard harus mematuhi peraturan yang berlaku, yang utama adalah dengan nggak membuat kebisingan. Dan jika ingin berfoto di sini, diharapkan bisa menjaga ketertiban.

7. Tiong Bahru

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/emilyyyung

Bagi yang ingin mencari pengalaman berbeda ketika berlibur di Singapura, ada tempat bernama Tiong Bahru. Ini daerah yang dikategorikan sebagai salah satu tempat nongkrong hipster paling terkenal di dunia versi majalah Vogue. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari nongkrong di kafe dan kedai kopi dengan arsitektur yang unik, membaca buku di Books Actually sampai perjalanan bersejarah di Temple Monkey, kuil tertua di Tiong Bahru.

Ada juga Hawker Centre yang bisa dikunjungi ketika perut mulai terasa lapar. Bagi yang mencari titik untuk berfoto, area ini bisa digunakan sebagai objek foto yang Instagenic. Karena, rata-rata bangunannya memiliki arsitektur art deco yang mirip dengan arsitektur bangunan tua. Dijamin, akan merasa betah di daerah ini untuk waktu yang lama.

8. Singapore Botanic Garden

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/houseplantjournal

Ingin menyegarkan mata dengan melihat yang hijau? Datang saja ke Singapore Botanic Garden yang terletak di jantung kota. Hutan kota yang berumur sudah tua ini bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati udara Singapura yang bersih dan menyegarkan. Dengan luas sekitar 74 hektar, Singapore Botanic Garden memiliki beragam koleksi tanaman, termasuk tanaman langka yang dikembangkan.

Taman ini buka setiap jam 5 pagi sampai 12 siang. Nggak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati pemandangan hijau yang indah di sini. Karena, bisa mengunjunginya secara gratis.

9. Singapore River

9 Wisata Gratis di Negeri Singa - Singapura, Liburan Jadi Murah!instagram.com/lawrenceanzela_

Singapura memiliki sejumlah tempat wisata gratis yang sayang untuk dilewatkan. Jika patung singa Merlion terlalu membosankan, maka cobalah mengunjungi Singapore River. Tepat di sisi Sungai Singapura ada tujuan wisata menarik yang disebut Raffles’ Landing Site. Sesuai namanya, tempat ini memang merupakan tempat bersejarah, karena merupakan tempat Sir Stamford Raffles pertama kali mendarat di Singapura.

Di sini, nggak cuman bisa menemukan patung Sir Stamford Raffles. Tetapi, juga akan menemukan patung-patung lain yang membentuk diorama di tepi sungai. Jejak patung itu tampaknya menceritakan sejarah Negeri Singa. Selain bisa berfoto secara gratis, juga bisa menikmati keindahan Singapore River.

Itulah tempat wisata gratis di Singapura. Jadi, tempat wisata mana dulu yang ingin dikunjungi?

Baca Juga: 12 Foto Ini Buktikan Singapura Gak Ada Habisnya untuk Dijelajahi

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You