Comscore Tracker

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timur

#HaloJatim Keindahan Jawa Timur nggak ada matinya

Pulau terluas di Pulau Jawa ini memiliki segudang alam, budaya, seni dan tradisi yang apik serta masih lestari. Mengenai pesona alam dan tujuan wisatanya, Jawa Timur lagi dan lagi selalu menyuguhkan keindahan yang nggak ada duanya serta nggak pernah mati.

Ketika kamu ingin atau sedang ada di Provinsi Jawa Timur, ada baiknya deretan tempat wisata berikut dimasukkan ke dalam list agenda wisatamu, karena panoramanya apik-apik!

1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/miwafajri

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun kurang lebih setinggi 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa serta tertinggi kedua di Indonesia. Keindahan dan mitos di tempat ini membuat para pengunjung penasaran akan hal itu.

Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tujuan wisata ini memiliki pesona tersendiri. Air Terjun Madakaripura selalu ramai ketika akhir pekan tiba. Tercatat, banyak wisatawan domestik dan mancanegara selalu mengunjungi tempat ini, misalnya saja wisatawan dari Arab, Cina, Jepang, Jerman, Malaysia dan lain-lain.

2. Air Terjun Pundak Kiwo, Magetan

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/yolawidowati

Beralamat di Desa Ngancar, Sub-Distrik Plaosan, Magetan, dinamai Pundak Kiwo, karena air terjun ini berada di sebelah kiri lereng Gunung Lawu. Ciri-ciri air terjun ini memiliki tebing yang terdiri dari batu andesit dan memiliki anak tangga. Pemandangan di lokasi Air Terjun Pundak Kiwo luar biasa, karena begitu indah dikelilingi oleh pepohonan rimbun dengan suasana yang sangat menyejukkan.

Ada mitos yang diyakini oleh penduduk setempat, mereka percaya jika ada orang yang membawa kayu dari air terjun ini dengan menggunakan bahu kanan, orang tersebut nggak akan sampai ke tujuannya. Kayu harus dipindah ke pundak kiwo (bahu kiri) supaya aman dan selamat sentosa sampai tujuan.

3. Bukit Pelalangan, Madura

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/aanastasia_d

Bukit Pelalangan terletak di salah satu kawasan Obyek Wisata Agama Pesarean Rato Ebu, tepatnya di Desa Bherballuk, Sub-Distrik Arosbaya, Bangkalan, Madura. Salah satu spot foto favorit di sini adalah di antara bukit-bukit yang menyerupai gua.

Banyak yang mengatakan bahwa Bukit Pelalangan mirip dengan tebing di Arizona, Amerika Serikat. Cuman, tempat ini nggak dikelilingi oleh sungai dan padang belantara.

Baca Juga: Wisata Sambil Belajar, Yuk Kunjungi 5 Desa Budaya di Jawa Timur Ini

4. Pantai Pasir Putih, Situbondo

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/griya_kehamilanpasutri

Jawa Timur memiliki banyak pantai yang indah yang bisa digunakan sebagai tujuan wisata. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih di Situbondo. Pasir putih dan air laut yang jernih seakan-akan membuatnya serasa di Hawaii.

Ketika musim liburan tiba, pantai ini akan sangat ramai dengan pengunjung. Karena, banyak sekali kegiatan seperti festival atau konser musik yang diadakan di Pantai Pasir Putih. Yang ingin ke sini, jika dari arah Surabaya, akan memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

5. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/ellysa.yulia

Para pecinta alam pasti sudah tahu keindahan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Lumajang. Danau dengan luas sekitar 15 hektar ini adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dibutuhkan sekitar 4 jam trekking, tergantung kondisi masing-masing pendaki untuk sampai ke danau ini.

Tapi percayalah, setibanya di Ranu Kumbolo akan segera lupa betapa lelahnya perjalanan yang dilakukan. Sebelum sampai di sini, sepasang mata juga akan disajikan dengan lembah yang subur dan juga bisa menjadi tempat foto prewedding. Sebelum pergi ke sana, pastikan sudah melakukan registrasi secara online, karena ada batas kuota setiap harinya.

6. Surabaya North Quay

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/nunginung13

Ibu Kota Jawa Timur juga nggak mau ketinggalan. Terletak di Tanjung Perak Utara, Surabaya North Quay adalah dek atap pencakar langit yang menawarkan pemandangan indah kapal pesiar yang lewat, laut dan pelabuhan.

Di tempat ini sepasang mata bisa melihat Pulau Madura dan Jembatan Suramadu dari jauh. Biasanya, pada akhir pekan sejumlah pertunjukan musik diadakan di sini. Pemandangan di tempat ini akan sangat indah ketika matahari terbenam dan ketika ada kapal pesiar berlabuh.

7. Taman Nasional Baluran

7 Wisata Keren yang Sayang Dilewatkan Ketika Mbolang ke Jawa Timurinstagram.com/natgeoindonesia

Taman Nasional Baluran berada di kawasan Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Taman nasional ini dikenal juga dengan julukannya, yaitu Africa van Java yang merupakan kawasan konservasi alam dengan ekosistem asli. Sistem pengelolaannya menggunakan sistem zonasi yang digunakan untuk tujuan budidaya, ilmu pengetahuan, pariwisata, pendidikan dan penelitian.

Gak cuma keren, tujuh tempat wisata tersebut juga sangat instagramable lho. Tapi ingat, jangan tinggalkan sampah di tujuh tempat tersebut yaa.

Baca Juga: Cobain Berwisata ke 5 Kebun Coklat di Jawa Timur Ini, Dijamin Seru!

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya