Comscore Tracker

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahun

Masih ada yang aktif juga lho!

Mendaki gunung sudah menjadi aktivitas yang digemari oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Bagi pecinta alam sendiri, mendaki gunung menjadi sebuah aktivitas yang harus di lakukan pada jangka waktu tertentu. Dan berikut ini adalah list gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk didaki di akhir tahun ini.

1. Gunung Sindoro - Temanggung.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunbackpackerjakarta.com

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 mdpl. Untuk mendaki sampai puncak dibutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Gunung Sindoro menjadi favorit para pendaki karena memiliki pemandangan yang indah, serta terdapat sabana yang dipenuhi oleh bunga edelweis. Gunung yang terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing ini juga termasuk gunung yang masih aktif. Aktivitas terakhir pada tahun 2011.

2. Gunung Sumbing - Wonosobo.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunbluetripper.com

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Jalur pendakian paling umum adalah Jalur Garung, di Wonosobo. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

3. Gunung Ungaran - Semarang.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunbrobali.com

Gunung ini sangat favorit bagi para pendaki, khususnya yang berdomisili di Semarang dan daerah sekitarnya. Dengan ketinggian 2.050 mdpl, gunung Ungaran memiliki pemandangan yang indah. Gunung ini juga menjadi habitat spesies fauna dan flora. Seperti : Elang jawa, kijang, trenggiling, bondol jawa, jamuju, waru, bunga kantil, dll.

4. Gunung Prau - Wonosobo.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunphinemo.com

Gunung Prau adalah salah satu gunung paling indah di Jawa Tengah. Dengan ketinggian dibawah 3.000 mdpl, membuat gunung ini tidak sukar didaki. Jalur yang biasa ditempuh ialah jalur Patak Banteng di Wonosobo.

Pemandangan yang disajikan jelas membuat kagum para penikmatnya. Keindahan yang terkenal ialah bukit-bukit hijau yang sering disebut bukit Teletubies.

5. Gunung Andong - Magelang.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunidntimes.com

Gunung adalah gunung bertipe perisai dengan ketinggian sekitar 1.463 mdpl, yang mana tidak terlalu tinggi untuk sebuah gunung. Walaupun tak setinggi gunung pada umumnya, gunung Andong tetap menarik untuk didaki. Karena, memiliki pemandangan yang keren dan jalur yang mudah ditempuh. Cocok sekali untuk yang baru pertama kali mendaki gunung.

6. Gunung Lawu - Karanganyar.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunsewarga.com

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.642 mdpl yang lokasinya terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung lawu sendiri tergolong gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif. Jalur yang bisa dilalui untuk ke puncak ada beberapa jalur, antara lain jalur cemoro kandang, cemoro sewu, cetho, dll.

Gunung dengan pemandangan yang indah ini juga merupakan gunung yang begitu mistis. Karena, pada tanggal 1 Suro dalam penanggalan Jawa, banyak orang yang melakukan pendakian untuk ziarah. Namun, bukan sesuatu yang mengerikan, karena pada saat itu akan ada banyak pendaki yang membuat suasana menjadi seru. Terlebih di puncak, para pendaki dapat menikmati sunrise indah ala Gunung Lawu.

7. Gunung Merapi - Boyolali.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahuntempat.co.id

Gunung Merapi adalah salah satu gunung api yang paling aktif di Indonesia. Wedhus gembel menjadi sesuatu yang tak asing bagi masyarakat luas, dan telah menempel dengan citra Gunung Merapi.  Gunung ini berada di beberapa wilayah. Yaitu, Boyolali, Klaten, Magelang, dan Sleman. Gunung yang tingginya 2.930 mdpl ini memiliki berbagai tumbuhan pegunungan tropik dan hutan bambu. 

8. Gunung Merbabu - Boyolali.

8 Gunung Keren Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi di Akhir Tahunkesiniaja.com

Gunung Merbabu ketinggian 3.145 mdpl. Gunung yang letaknya berdampingan dengan Gunung Merapi ini memiliki pemandangan yang begitu mengagumkan. Bukan hanya di puncaknya, namun setiap bagian gunungnya. Salah satunya, padang sabana yang menyajikan kecantika bunga edelweis. Sabana ini dapat dijumpai dengan melalui jalur Selo, Boyolali. Jalur lain yang dapat ditempuh selain itu, ada jalur kopeng di Salatiga dan wekas di Magelang.

rizqi akbar Photo Community Writer rizqi akbar

http://siakbar.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You