Comscore Tracker

5 Destinasi Seru di Palangka Raya yang Gak Boleh Terlewatkan

#PiknikAsik Destinasi nomor 5 paling dicari!

Palangka Raya adalah kota yang pernah direncanakan oleh Presiden Soekarno sebagai pengganti ibukota negara, menggantikan Jakarta. Menjadi ibukota Kalimantan Tengah, Palangka Raya memiliki destinasi seru untuk dikunjungi bersama keluarga, maupun squad kalian.

Taman Nasional Sebangau merupakan salah satu destinasi seru yang dapat memanjakanmu dengan menikmati keindahan alam berupa keanekaragaman flora, dan faunanya. Tidak hanya Taman Nasional Sebangau, kamu juga dapat mengunjungi 5 destinasi seru ini.

1. Danau Tahai

5 Destinasi Seru di Palangka Raya yang Gak Boleh Terlewatkanbackpackerjakarta.com

Berada di kecamatan Bukit Batu, Danau Tahai merupakan destinasi seru yang perlu kamu kunjungi sesempainya di Palangka Raya. Kenapa? Karena danau ini memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di sini seperti menyusuri hutan di dekat danau, mendayung perahu, hingga bermain sepeda angsa. Jika sedang beruntung, kamu dapat melihat uwak-uwak yakni jenis kera yang keberadaanya hampir punah di hutan dekat danau.

Di sekitar danau terdapat pula penginapan dengan harga yang cukup terjangkau per malamnya. Buat kalian yang berasal dari luar kota, gak usah khawatir! Kalian bisa mencari penginapan sesuai keinginan dekat Danau Tahai.

2. Pantai Ujung Pandaran

5 Destinasi Seru di Palangka Raya yang Gak Boleh Terlewatkanksmtour.com

Jet ski, banana boat, doughnut boat adalah serangkaian permainan air yang bisa kalian coba di pantai Ujung Pandaran. Pantai yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini memiliki warna pasir putih kecoklatan yang nampak eksotis.

Pantai Ujung Pandaran bukan hanya sekedar destinasi liburan. Warga sekitar pantai, masih menjalankan ritual adat yang dilakukan secara turun temurun, seperti Simah Laut. Ritual ini biasanya diselenggarakan pada sepuluh hari setelah Idul Fitri. Masyarakat meyakini ritual ini dapat melimpahkan hasil tangkapan laut.

Baca Juga: 8 Penginapan Rp300 Ribuan di Korea, Cocok untuk Solo Traveler

3. Arboretum Nyaru Menteng

5 Destinasi Seru di Palangka Raya yang Gak Boleh Terlewatkansambojalodge.com

Berdiri sejak 1988, Arboretum Nyaru Menteng ialah kawasan pelestarian plasma nuftah ekosistem hutan rawa yang digolongkan ke tipe hutan tropik dataran rendah dengan mayoritas struktur tanah berawa dan bergambut.

Di sini, pengunjung dapat berbaur dengan fauna yang dilindungi oleh pemerintah seperti orangutan dan hewan lainnya karena memang, tempat ini adalah rumah penangkaran bagi satwa yang dilindungi. Buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00, lokasi Arboretum Nyaru Menteng beralamatkan di jalan Tumbang Tahai, Bukit Batu, dekat dengan wisata danau Tahai.

4. Taman Kota Palangka Raya

5 Destinasi Seru di Palangka Raya yang Gak Boleh Terlewatkankamerabudaya.com

Destinasi ini paling populer dikunjungi di Palangka Raya. Lokasi taman yang dekat dengan Kantor Gubernur Kalimantan Tengah ini dihiasi dengan relief-relief perjuangan masyarakat Palangkaraya dan relief yang merepresentasikan Sumpah Pemuda dimana terdapat lima orang yang berasal dari suku berbeda di Indonesia yang saling berpegangan. Relief ini jadi spot paling digemari oleh pengunjung untuk mengabadikan momen mereka di sini dengan berfoto karena memang instagramable banget lho!

5. Museum Balanga

5 Destinasi Seru di Palangka Raya yang Gak Boleh Terlewatkanakurat.co

Berada di Palangka Raya, kurang seru jika tidak mampir ke Museum Balanga. Di sini, banyak sekali informasi mengenai Kalimantan dan sejarah kebudayaan suku Dayak yang ditampilkan melalui sejumlah artefak, benda-benda budaya, dan lainnya.

Mandau, miniatur rumah panjang, alat pengundang ikan atau Mihing, patung Sapundu dan Hampatung Karuhei, hingga keramik asal Cina dari Dinasti Ming dan Ching yang disebut Balanga dan piring Malawen bisa kamu lihat di museum yang terletak di Kecamatan Jekan Raya.

Nah, itulah tadi destinasi seru yang cukup populer di Palangka Raya yang gak boleh terlewatkan. Yuk main ke sana!

Baca Juga: Jika Ibukota Pindah ke Palangka Raya, 4 Hal ini Bisa Saja Mengubah Jakarta

Tifani Topan Photo Community Writer Tifani Topan

Book, Travel, and Interior Design Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You