Comscore Tracker

5 Wisata Alam di Indonesia yang Kental Unsur Legenda Selain Danau Toba

Tidak sekadar legenda, semuanya menyisipkan pesan moral

Danau Toba adalah salah satu wisata alam di Indonesia yang mencuri perhatian. Bukan hanya panoramanya yang luar biasa indah, eksotisnya danau Toba diselimuti pula oleh legenda yang cukup terkenal di Indonesia. 

Selain danau Toba, lima wisata alam di Indonesia ini juga kental dengan unsur legenda. Apakah kamu pernah mengunjunginya?

1. Danau Lau Kawar

5 Wisata Alam di Indonesia yang Kental Unsur Legenda Selain Danau Tobainstagram.com/tettysuastri_trg

Danau Lau Kawar terletak di bawah kaki Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara. Di balik berkilaunya cahaya yang memantul dari air danau, menyimpan legenda tentang kesalahpahaman yang terjadi antara orang tua dan anak diakibatkan oleh sang cucu.

Dikisahkan, Kawar meminta anaknya untuk mengantar bekal untuk sang nenek. Di tengah perjalanan sang anak lapar dan memakannya habis. Bekal yang dibawakan untuknya berisi tulang belulang, membuat ibu murka, menganggap Kawar durhaka. Ibu dari Kawar bersumpah serapah. Desa yang mereka huni pun menjadi Danau Lau Kawar.

2. Danau Tondano

5 Wisata Alam di Indonesia yang Kental Unsur Legenda Selain Danau Tobainstagram.com/ pinontoan_07

Beda hal dengan danau yang berada di Sulawesi Utara, ini yang menyimpan kisah sepasang kekasih berujung petaka. Penyebabnya berawal dari Maharimbow, anak dari Tonnas wilayah utara berikrar tidak menikah selagi orang tuanya masih hidup.

Begitu juga dengan Marimbow anak dari Tonnas wilayah selatan. Tapi, mereka dipertemukan oleh takdir dan menikah. Janji yang tidak ditepati mengakibatkan gempa dan gunung meletus. Jadilah danau yang kini dikenal dengan nama Tondano.

Baca Juga: 10 Danau Terbesar di Indonesia Selain Toba, Bikin Takjub!

3. Pantai Karang Bolong

5 Wisata Alam di Indonesia yang Kental Unsur Legenda Selain Danau Tobainstagram.com/zenalbi

Di Indonesia terdapat banyak pantai bernama Karang Bolong. Masing-masing memiliki legenda. Salah satu yang menarik perhatian adalah Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah.

Bermula karena istri Pangeran Kartasura yang sakit. Sang pangeran mendapatkan ilham jika obat untuk istrinya ada di pantai selatan. Tempat yang dimaksud mengarah ke Pantai Karang Bolong. Ia pun meminta Adipati Surti yang tak lain adalah tangan kanannya, untuk pergi ke sana. 

Di Pantai Karang Bolong, Adipati Surti mendapatkan obat yang dimaksud (bunga karang) berkat Nyi Roro Kidul. Tapi, terdapat syarat setelahnya yaitu Adipati Surti harus menikahi Nyi Roro Kidul. Syarat tersebut disanggupi yang berdampak melimpahnya hasil sarang walet di sekitar pantai.

4. Danau dan Gunung Batur

5 Wisata Alam di Indonesia yang Kental Unsur Legenda Selain Danau Tobainstagram.com/m.akmal_15

Berdasarkan legenda yang berkembang di masyarakat sekitar, dahulu terdapat seorang anak laki-laki yang tumbuh besar layaknya raksasa, bernama Kebo Iwa. Ia terkenal rakus terhadap makanan.

Untuk memenuhi isi perut, Kebo Iwa mengganggu warga sekitar supaya mau memberinya makan. Karena resah dan khawatir perbuatan Kebo Iwa semakin menjadi, para warga membuat rencana yaitu dibuatkan galian air untuk mengaliri sawah.

Permintaan itu disanggupi Kebo Iwa. Di waktu bersamaan saat Kebo Iwa menggali tanah, masyarakat sekitar mengumpulkan batu kapur. Air mulai muncul dari permukaan tanah. Kebo Iwa pun lelah dan beristirahat hingga ketiduran. 

Masyarakat memanfaatkan waktu tersebut dengan melempar batu ke galian air hingga volume air meningkat. Kebo Iwa pun tenggelam. Galian air menjadi danau, sedangkan tumpukan batu kapur menjadi gundukan tanah yang dikenal sekarang Gunung Batur.

5. Pulau Kemaro

5 Wisata Alam di Indonesia yang Kental Unsur Legenda Selain Danau Tobainstagram.com/nia995703

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan legenda Pulau Kemaro di Palembang? Legenda pulau ini mengisahkan sejoli berbeda keyakinan yaitu Tan Bun An dan Siti Fatimah.

Saat perjalanan pulang setelah meminta restu pernikahan kepada orang tua, Tan Bun An dihadiahi tujuh guci. Sempat kecewa karena guci tersebut berisi sawi asin, Tan Bun An membuangnya ke Sungai Musi. Tan Bun An akhirnya menyesal karena dibalik tumpukan sawi asin pada guci terdapat harta karun. Ia mendapatinya ketika salah satu guci yang dibuang ke sungai pecah.

Tan Bun An menyelam ke sungai, diikuti oleh pengawalnya. Karena tak kunjung nampak ke permukaan sungai, Siti Fatimah ikut menyelam. Nasib nahas menimpa mereka karena hilang di Sungai Musi.

Nah, itu tadi lima legenda yang melekat pada wisata alam di Indonesia selain Danau Toba. Percaya atau tidak, masing-masing legenda sebenarnya memberikan nilai moral yang dapat dijadikan pembelajaran. Ada lagi wisata alam kental unsur legenda yang kamu ketahui? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 8 Mitos dan Legenda Berdasarkan Kisah Nyata yang Mengerikan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya