Comscore Tracker

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India 

Kota ini didominasi oleh situs bersejarah lho!

Lucknow adalah kota sekaligus ibu kota yang berada di negara bagian Uttar Pradesh. Selain memesona, Lucknow adalah kota yang menjunjung tinggi perbedaan karena kota ini disinggahi oleh semua keyakinan.

Fakta menonjol yang cukup terkenal dari kota ini yaitu keberadaan kamera CCTV di setiap sudut kota. Kamera-kamera tersebut tak lain digunakan sebagai pendukung keamanan kota. Itulah sebabnya, Lucknow mempunyai julukan sebagai kota CCTV.

Supaya suatu saat kamu berkunjung ke kota ini tidak bingung mau pergi ke mana, berikut ini ada enam destinasi menawan milik Lucknow yang wajib kamu tahu.

1. Bara Imambara

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India adotrip.com/

Dibangun sekitar abad ke-17, bangunan megah berarsitektur khas Kerajaan Mughal ini disebut pula Masjid Asfi. Bara Imambara selalu ramai pengunjung baik yang hendak beribadah maupun untuk menikmati keindahan bangunan yang dikelilingi oleh taman tersebut.

Bila bulan Muharram tiba, Bara Imambara menjadi ramai dua kali lipat dikarenakan tempat ini sering digunakan setiap tahunnya oleh umat muslim Lucknow sebagai spot festival Muharram yang meriah dan penuh sukacita.

2. Rumi Darwaza

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India flickr.com/draskd

Rumi Darwaza bisa dibilang landmark dari Lucknow. Banyak orang menyebut Rumi Darwaza yaitu Gerbang Turki karena bangunannya menyerupai gerbang yang dibangun di Konstantinopel atau kini dikenal dengan nama Turki.

Dahulu, Rumi Darwaza digunakan sebagai pintu masuk menuju Kota Tua Lucknow. Kini, bangunan memesona ini dimanfaatkan pula oleh banyak wisatawan sebagai spot fotografi yang menakjubkan.

3. Husainabad Clock Tower

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India ucknow.tourismindia.co.in

Tidak hanya Rumi Darwaza, Husainabad Clock Tower termasuk juga landmark dari Kota Lucknow. Usai dari Rumi Darwaza, kamu bisa langsung ke destinasi ini karena lokasinya yang berdekatan.

Menara jam ini dibangun pada abad ke-18 dengan gaya arsitektur Victorian-Gothic. Memiliki tinggi sekitar 67 meter, menjadikan Husainabad Clock Tower sebagai menara jam tertinggi di India.

Baca Juga: 21 Hal Gila yang Jadi Biasa di India, Bikin Geleng-Geleng Kepala

4. British Residency

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India picfair.com

British Residency kini menjadi bangunan bersejarah yang dilindungi oleh Pemerintah Kota Lucknow meski tidak difungsikan kembali. British Residency kental sekali dengan suasana Eropa-India.

Dahulu, destinasi ini digunakan sebagai tempat tinggal markas besar para jenderal British East India Company namun berubah menjadi camp pengungsi pada tahun 1857 karena pemberontakan.

5. Shahi Baoli Stepwell

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India magikindia.com

Tidak hanya bersejarah, Shahi Baoli Stepwell merupakan spot yang cukup instagramable di Lucknow. Kamu yang suka fotografi, destinasi ini tempat yang tepat!

Shahi Baoli Stepwell tak lain adalah bangunan semacam sumur air atau resorvoir air. Saat masa jayanya, Shahi Baoli Stepwell sering dijadikan sebagai objek lukisan oleh para tamu kerajaan yang kagum dengan bentuk bangunannya yang menyerupai istana berlantai lima.

6. Janeshwar Mishra Park

6 Destinasi Menawan Milik Lucknow, Kota Kepungan CCTV di India lucknow.tourismindia.co.i

Diresmikan pada tahun 2014, Janeshawar Mishra Park disebut-sebut sebagai salah satu taman terbesar di Asia. Taman cantik disinggahi oleh tanaman hijau nan subur serta warna-warni bunga yang indah dan dilengkapi dengan luasnya danau.

Janeshwar Mishra Park juga ramah dengan anak-anak karena terdapat pula arena bermain yang luas serta menawarkan atraksi seru menaiki perahu.

Itu tadi enam destinasi menawan yang ada di Kota Lucknow. Meski didominasi oleh destinasi bersejarah, wisata Lucknow dilengkapi pula oleh taman hiburan modern dan museum. Jika kamu sampai ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Lucknow yaitu tokri chaat ya!

Baca Juga: 7 Resep Makanan Khas India yang Mendunia, Yuk Dicoba!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya