Comscore Tracker

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya India

Kota sederhana sejuta cerita!

Kochi adalah salah satu nama kota yang masuk dalam daftar Top Cities 2020 versi Lonely Planet. Kota yang berada di negara bagian Kerala, India ini lokasinya berada di tepi pantai. Tepatnya berada dekat dengan Laut Laccadive.

Punya latar belakang sebagai jalur perdagangan berbagai negara, Kochi menjadi kota yang memiliki ragam budaya. Hal tersebut nampak sekali dan dapat dilihat dari beberapa objek wisatanya yang penting dan bernilai sejarah. 

Mau tahu wisata apa saja yang ada di kota Kochi? Ke sana, yuk!

1. Pantai Cherai

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiacheraibeachresorts.com

Salah satu pantai di kota Kochi ini menjadi wisata asyik yang cukup ramai dikunjungi setiap harinya. Apalagi bila musim dingin tiba karena, wisatawan dapat menyaksikan lumba-lumba nan lucu menampakkan keberadaannya dengan meloncat-loncat di perairan sekitar.

Tak kalah menarik, mata akan dimanjakan dengan pemandangan unik tepi pantai yang dipenuhi oleh jaring ikan atau biasa masyarakat Kochi sebut cheena vala. Warisan dari pedagang Tiongkok yang datang ke kota ini pada abad ke-14.

2. Pulau Willingdon

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiainstagram.com/9_annu

Sama halnya dengan Pulau Yas di Abu Dhabi, Pulau Willingdon adalah pulau buatan terbesar di India. Pulau ini mendapatkan namanya dari Lord Willingdon, raja muda dari kerajaan di India.

Pulau Willingdon menjadi wisata terbaik di Kochi untuk mengusir penat. Di pulau ini banyak berdiri penginapan dan pusat komersil, serta memiliki pemandangan Laut Arab yang menakjubkan.

3. Istana Mattancherry

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiaflickr.com/tramptravellercom

Berada di distrik Ernakulum, istana ini dibangun pada tahun 1557 oleh Portugis yang pernah singgah di Kochi dalam rangka melakukan perdagangan.

Istana yang kini telah berubah menjadi museum ini sengaja dibangun oleh bangsa Portugis sebagai hadiah untuk Raja Veera Kerela Varma, raja dari Kochi.

Di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi mebel, lukisan, dan mural yang menceritakan kisah Ramayana dan Mahabarata.

Menariknya lagi, meski istana ini dibangun oleh Portugis, Istana Mattancherry dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Istana Belanda. Mungkin karena bentuk bangunannya yang khas seperti bangunan kolonial.

Baca Juga: 5 Destinasi Kece di Bangalore, India yang Cocok untuk Hunting Foto

4. Benteng Kochi

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiathenewsminute.com

Masih berada di distrik yang sama dengan Istana Mattancherry. Benteng Kochi adalah kota Eropa pertama di India.

Di dalam benteng yang dibangun sejak tahun 1503 ini terdapat banyak spot-spot penting yang masih berdiri kokoh hingga sekarang dan menjadi wisata menarik bagi wisatawan. Di antaranya terdapat pemukiman penduduk dengan bangunan khas kolonial, Gereja St. Francis, Santa Cruz Basilica, Vasco da Gama Square, dan masih ada lainnya.

5. Hill Palace Museum

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiainstagram.com/_dreamer_girl_l

Istana yang telah berubah menjadi museum etno-arkeologi ini dahulu adalah kediaman para penguasa Kochi yang memerintah di kota ini pada abad ke-17.

Di dalam Hill Palace Museum berdiri kurang lebih 49 bangunan yang dipamerkan ke publik sebagai situs warisan budaya. Selain itu, di sini wisatawan juga dapat menyaksikan koleksi seni kontemporer.

6. Marine Drive Kochi

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiakeralatourism.travel

Wisata satu ini adalah kawasan pejalan kaki yang indah di wilayah Kochi. Marine Drive Kochi juga menjadi salah satu spot kece yang wajib banget dikunjungi saat berlibur ke kota ini.

Tidak hanya berlayar dengan menyewa kapal di sekitar dermaga, Marine Drive Kochi dikelilingi pula oleh pusat perbelanjaan dan restoran makanan cepat saji sehingga usai lelah jalan-jalan bisa langsung mengisi perut atau berbelanja.

7. Suaka Burung Mangalavanam

7 Wisata Asyik di Kota Kochi, Top Destinasi 2020 Punya Indiaplanmitrip.in

Ingin menyatu dengan alam Kochi? Suaka Burung Mangalavanam tempatnya. Dipenuhi dengan vegetasi pohon bakau, di suaka ini wisatawan dapat menyaksikan kurang lebih 194 burung dari 32 spesies mendiami tempat ini.

Banyak masyarakat lokal memilih Suaka Burung Mangalavanam sebagai sarana edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya alam dan sekitarnya.

Masih banyak lagi wisata menarik lainnya yang dapat kamu kunjungi di Kochi. Mengingat tahun ini adalah tahun yang spesial bagi kota ini karena namanya masuk ke daftar Top Cities 2020 versi Lonely Planet, tidak ada salahnya memasukkan Kochi sebagai destinasi liburan kamu selanjutnya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Surat, Kota Bersih di India yang Jadi Rumah Berlian Dunia

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya