Comscore Tracker

5 Destinasi Museum Makanan yang Bikin Kamu Semangat Jalan-jalan

Beberapa bisa menikmati makanan di tempat, lho!

Di Filipina terdapat Dessert Museum dengan konsep makanan penutup yang colorful. Hanya saja semua itu sebatas instalasi, dan lebih cenderung sebagai museum modern art yang instagramable. 

Namun, jika kamu ingin menambah wawasan pengetahuan mengenai dunia makanan. Kunjungi saja lima destinasi yang berada di Asia berikut ini. Ingin tahu di mana saja? Yuk, ke sana!

1. Museum Jenang Kudus

5 Destinasi Museum Makanan yang Bikin Kamu Semangat Jalan-jalanIDN Times/Oetoro Aji

Berada di Jawa Tengah, tepatnya di Kota Kudus. Museum Jenang berada dalam satu bangunan dengan Mubarok Food Cipta yang tak lain adalah pusat oleh-oleh khas Kudus. 

Jenang kudus tak lain adalah makanan khas Indonesia sejenis dengan dodol. Di museum ini, kamu akan bertemu dengan replika berupa seseorang yang sedang membuat jenang kudus, alat yang digunakan untuk pembuatan jenang kudus, hingga replika Menara Kudus dan galeri Asmaul Husna.

Menjadi yang pertama di Indonesia, jangan lewatkan kesempatan bertanya mengenai sejarah jenang kudus dan lain-lainnya. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh juga ya.

2. Cup Noodles Museum

5 Destinasi Museum Makanan yang Bikin Kamu Semangat Jalan-jalansimonearmer.com

Tidak jauh dari Shin-Yokohama Ramen Museum, kamu wajib juga mengunjungi Cup Noodles Museum. Dibangun oleh Nissin Food Company, museum ini menampilkan film pendek mengenai sejarah mi instan.  

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan dengan mata telanjang ribuan replika mi instan, produk mi instan dari seluruh dunia, hingga karya inovatif Nissin berupa ramen bagi astronot.

Serunya lagi, di sini kamu juga dapat membuat mi instan dengan topping dan rasa sesuai keinginan di spot My Cupnoodles Factory.

Baca Juga: 10 Museum Dunia yang Bisa Dikunjungi Secara Online, biar Gak Bosan!

3. Tteok Museum 

5 Destinasi Museum Makanan yang Bikin Kamu Semangat Jalan-jalanenglish.visitseoul.net

Tteok adalah kue tradisional khas Korea Selatan yang terbuat dari beras ketan dan memiliki beragam bentuk serta rasa yang menghibur lidah.

Bagi kamu yang ingin kepo mengenai tteok, kunjungi saja Tteok Museum yang berada di Seoul. Museum ini menampilkan beragam replika tteok beserta penjelasannya, dan peralatan makan yang diperlukan ketika menikmati tteok.

Ada pula ruang pameran yang menampilkan jenis tteok yang dimakan oleh orang Korea ketika ulang tahun, tahun baru, hari kematian, dan lain sebagainya.

Tteok Museum juga membuat kelas belajar membuat tteok bagi pengunjung dan setelahnya dapat dinikmati di tempat atau dibawa pulang.

4. Tao Heung Foods of Mankind Museum

5 Destinasi Museum Makanan yang Bikin Kamu Semangat Jalan-jalangetreadyhk.com

Terletak di Hong Kong, museum ini menampilkan beragam replika serta peralatan makan. Tidak hanya membahas mengenai makanan lokal khas Hong Kong saja. Di sini, wawasanmu akan bertambah mengenai teh mesir, wine prancis, hingga model dapur dari berbagai negara. 

Tak jarang Tao Heung Foods of Makind Museum, menyelenggarakan kelas memasak yang dapat diikuti oleh pengunjung.

5. Wonderfood Museum

5 Destinasi Museum Makanan yang Bikin Kamu Semangat Jalan-jalanpenang.ws

Meski makanan yang ditampilkan museum ini semuanya cukup menggiurkan lidah. Semuanya hanya replika sebagai informasi mengenai makanan tradisional khas Malaysia.

Karena serumpun, jangan heran jika makanan Indonesia dan Malaysia sama. Terletak di Pulau Pinang, Wonderfood Museum juga menampilkan beragam makanan dari Asia lainnya.

Di sini juga terdapat spot instalasi bentuk-bentuk makanan yang dapat dimanfaatkan untuk fotografi.

Nah, itu tadi lima destinasi pengetahuan makanan di beberapa negara Asia yang bikin kamu semangat untuk berkunjung sekaligus menambah wawasan. Jika pandemi COVID-19 telah berakhir, bisa dong mengunjungi salah satunya. Mulai nabung dari sekarang, yuk!

Baca Juga: 5 Museum Aneh di Dunia yang Bisa Jadi Ide Traveling Anti Mainstream

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya