Comscore Tracker

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lho

#HaloJatim Buruan merapat kesini!

Berlibur ke Jawa Timur kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Jombang. Pasti sudah tidak asing dong, dengan nama kota ini. Dengan semboyan The Heart of East Java, Jombang memiliki banyak destinasi wisata yang gak kalah seru dari kota lainnya untuk dikunjungi. Yang memberikan pengalaman liburan menyenangkan, dan tak terlupakan seumur hidup.

Air terjun Tretes salah satu destinasi seru di Jombang, dengan menampilkan panorama alam yang mempesona. Hijaunya tebing yang diselimuti oleh tanaman, menjadi ciri khas air terjun ini. Selain itu, air terjun Tretes menjadi yang tertinggi di Jombang. Gak cuma air terjun Tretes saja lho yang seru, tujuan destinasi di Jombang ini mewakili keindahan kota yang berjuluk kota santri.

1. Wisata Banyu Mili

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/masayulayli

Buka setiap hari sabtu-kamis mulai pukul 08.00-04.30, wisata Banyu Mili terletak di desa Carangwulung, kecamatan Wonosalam. Dengan harga masuk sekitar Rp5 ribu, kamu bisa menikmati serunya bermain perahu bersama keluarga maupun teman.

Gak cuma bermain perahu, kamu dapat juga menikmati kesejukan udara yang berasal dari pepohonan di wisata ini dengan merebahkan diri di hammock. Bagi kamu yang doyan selfie, jangan lupa berkunjung ke rumah hobbit yang menjadi spot paling instagramable banget di Banyu Mili.

2. Kedung Cinet

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/abdljbbrr

Kedung Cinet sendiri ialah nama sungai yang terletak di desa Klitih, kecamatan Palandaan. Suara gemercik air sungai, segaranya air yang mengalir, dan kesejukan hawa disekitar Kedung Cinet yang asri karena pepohonan hijau, sebagian kenikmatan yang dapat memanjakanmu selama di sini.

Keunikan Kedung Cinet terlihat dari dinding sungai yang berasal dari bebatuan kapur yang eksotis di pandang. Tak heran, walau akses menuju ke lokasi menyusuri hutan terlebih dahulu. Pengunjung rela menghabiskan waktunya untuk sampai di sini, karena memang destinasi ini paling seru.

3. Taman Ponggok Banjarsari

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/fridachilwa

Diresmikan pada September 2017 lalu, taman Ponggok Banjarsari terletak di desa Ponggok, kecamatan Bandar Kedung Mulyo. Lokasinya yang berada diantara luasnya area persawahan hijau, membuat taman ini menjadi pusat perhatian pengunjung. Yang mampu menghipnotis mereka untuk datang ke sini.

Terlebih, taman ini ditata seindah mungkin dengan menampakkan kecantikan bunga gumitir yang berwarna kuning, dan oranye. Tidak ada biaya masuk alias gratis untuk menikmati destinasi ini, hanya saja kita perlu menyiapkan uang receh untuk membayar parkir yang tersedia.

Baca Juga: Ajib! 7 Wisata Religi ini Cuma Ada di Jombang, loh!

4. Taman Payung Bukit Hijau

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/dandy_tok

Berada di kecamatan Wonosalam, taman wisata hutan pinus ini memanjakan para pecinta selfie dengan spot-spot instagramable seperti warna-warni payung yang terpasang di antara ketinggian pohon, dan menjadi ikoniknya taman.

Selain itu terdapat spot menarik lainnya seperti kupu-kupu, rumah pohon, sepeda gantung, dan masih banyak lainnya. Dengan biaya masuk Rp10 ribu, kamu bisa menyusuri taman payung bukit hijau sepuasnya.

5. Bulu View

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/syarifudin_11

Siap-siap susah mengedipkan mata ketika berada di Bulu View, karena keelokan alamnya yang bikin berdecak kagum. Menjadi satu dengan wisata gua Sigolo-Golo, di kecamatan Wonosalam. Kamu juga dapat sekaligus memandang indahnya pegunungan Anjasmoro yang mengelilingi tempat ini.

Nah, buat kamu yang suntuk di aktivitas perkotaan. Destinasi ini wajib masuk di daftar liburanmu. Dijamin, usai kembali dari Bulu View pikiranmu segar kembali, dan semangat melakukan aktivitas.

6. Bale Tani

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/skristiana48

Konsep taman ini hampir sama dengan taman Ponggok Banjarsari yang memilih lokasi persawahan sebagai daya tarik pengunjung. Bedanya destinasi ini menyajikan wisata edukatif yang bermanfaat sekali bagi anak-anak untuk sarana edukasi seputar pertanian.

Berdomisili di desa Banjaragaung, pengunjung dapat belajar mengenai pertanian hidroponik, persawahan, ladang, dan holtikultura.

Gak cuma itu, di sini juga terdapat pertenakan juga. Yang tak kalah menarik, wisata ini dilengkapi pula dengan spot kece untuk berfoto. Cukup terjangkau juga lho biaya masuknya, hanya Rp5 ribu saja.

7. Coban Selolapis

7 Destinasi di Jombang Ini Gak Kalah Seru dari Kota Lain Lhoinstagram.com/mifthacul_jr

Yang terakhir, kita tutup dengan merasakan kesegaran suasana sejuk di coban Selolapis. Berlokasi di kecamatan Wonosalam, air terjun ini gak kalah cantik dengan air terjun Tretes. Berada di aliran sungai pegunungan Anjasmoro, coban selolapis menawarkan panorama alam nan asri dan sejuk.

Walaupun di bagian akhir, ditutup dengan keindahan coban Selolapis. Sebenarnya masih banyak destinasi seru lainnya lho di Jombang yang harus dan mesti dikunjungi dalam seumur hidupmu. Dan jangan lupa jaga kelestariannya, ya!

Baca Juga: Pergi ke Jombang, Jangan Lewatkan 4 Warung Nasi Kikil Terpopuler Ini!

Tifani Topan Photo Community Writer Tifani Topan

Book and Interior Design Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You