Comscore Tracker

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lanka

Jangan ganggu gajahnya!

Gak perlu ke Afrika untuk berwisata safari! Sri Lanka, menjadi negara di Asia yang terkenal dengan wisata safari yang luar biasa seru dan mengesankan.

Mau ke mana? Taman Nasional Yala, Taman Nasional Udawalawe, atau Taman Nasional Wilpattu? Semuanya bisa kamu jelajahi, asalkan jangan lakukan tujuh hal ini selama berada di Sri Lanka, ya!

1. Ketika menjelajahi taman nasional, jangan pernah mengganggu para penghuninya

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankainstagram.com/aaannniiieee

Jika kita tiba di objek wisata seperti taman nasional, pastinya ada keinginan untuk dapat melihat dari dekat atau bercengkrama langsung dengan hewan-hewan. Kamu bisa lakukan, kok! Tapi tunggu arahan dari pemandu wisata, ya.

Jangan sampai kamu tiba-tiba mengganggu mereka. Hal ini terlarang di Sri Lanka! Sama seperti kita yang memiliki dunia sendiri, para satwa liar penghuni taman nasional pun ingin keberadaan mereka merasa aman dan terlindungi.

Kalaupun kamu berani melanggarnya, hal itu juga berdampak buruk ke kamu lho! Yang di mana, satwa-satwa tersebut akan marah dan tak ada ampun untuk membalasnya. Apa kamu siap?

2. Oke, kamu penyayang bintang tapi jangan coba-coba mendekati atau menyentuh anjing sembarangan selama di Sri Lanka

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankaexploresrilanka.lk

Virus rabies di Sri Lanka, masih terbilang kasus tinggi di negara ini. Oleh sebab itu, kita dilarang mendekati atau menyentuh anjing sembarangan.

Meski telah banyak lembaga yang menjalankan program vaksinasi anjing di Sri Lanka, tetap saja kita harus berhati-hati karena pernah terdapat kasus yang di mana wisatawan meninggal dunia diakibatkan gigitan anjing yang terkena rabies.

3. Meski terbilang hewan kuat, jangan berniat atau punya keinginan untuk menunggangi gajah

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankaholidayrider.com

Peraturan ini dibuat oleh para wisatawan sendiri lho! Banyak dari mereka yang melakukan perjalanan dan menjelajahi Sri Lanka, menemukan fakta jika banyak gajah yang sengaja disewakan untuk dapat ditunggangi, namun diperlakukan buruk oleh pengelola mulai dari kaki dirantai, dipukul jika tidak menurut, hingga tidak diberi makan.

Apa kalian tega? Karena itu, alangkah baiknya urungkan niat kamu untuk menunggangi gajah, ya!

Baca Juga: 5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!

4. Sebagai negara religius, jangan sampai kamu tidak menghormati keberadaan kuil dan tempat ibadah lainnya

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankatraveltriangle.com

Sama seperti negara kita, semua keyakinan ada di Sri Lanka. Hal tersebut membuat kita harus menghormati bukan hanya kepada pemeluknya, tapi juga tempat ibadahnya.

Sebagai contoh, Sri Lanka yang mayoritas beragama Budha. Tentunya kamu akan mudah sekali menjumpai kuil di sini. Jangan merusak atribut keagamaan seperti gambar, patung, dan artefak Budha.

Perhatikan juga pakaian yang kamu kenakan ketika mengunjungi kuil. Dan jangan coba-coba mengambil gambar/foto dengan membelakangi Budha. Hal tersebut dinggap tidak sopan. Jika staf atau polisi memergokinya, kamu akan diminta untuk menghapus foto.

5. Tahan! Jangan tunjukkan romantisnya kamu dan pasangan di hadapan publik

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankaid.pinterest.com/Travel Blog

Jangan samakan dengan negara barat, meski kamu menjelajahi Sri Lanka yang dalam tanda kutip adalah luar negeri atau negara asing.

Mempertontonkan romantisme selama berlibur di sini seperti mencium pasangan di hadapan umum, masih dinggap tabu secara sosial. Bahkan masyarakat setempat pun, tidak berani melakukannya.

6. Jangan negatif thinking jika kamu bertanya, dan dibalas dengan menggeleng kepala

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankaflickr.com/Brett Davies

Di Sri Lanka menggelengkan kepala adalah bentuk dari bahasa tubuh, dan kamu tidak boleh berasumsi atau negatif thinking jika hal tersebut adalah jawaban dari kata tidak. Karena isyarat tersebut bisa berarti jawaban dari iya, dan senang hati akan membantu.

7. Jangan membandingkan Sri Lanka dengan India

Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Surganya Wisata Safari Asia, Sri Lankarelaxlanka.com

Kamu saja tidak suka dibandingkan, apalagi negara. Betul? Dari segi bahasa hingga tradisi dan budaya, kedua negara ini memang memiliki kemiripan. Tapi jangan pernah membandingkan Sri Lanka dengan India, ya!

Dikutip dari laman Experience It Sri Lanka, kedua negara ini berbeda meski dalam satu kawasan yaitu Asia Selatan. Sri Lanka memiliki populasi penduduk lebih kecil, dan ramah akan perbedaan dari segi budaya hingga keagamaan.

Nah, itulah tujuh hal yang gak boleh kalian lakukan ketika berlibur ke Sri Lanka. Sebagai wisatawan yang budiman, kita wajib mematuhi peraturan yang diterapkan oleh tempat yang akan kita tuju demi kebaikan bersama. Selamat berlibur!

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You