Comscore Tracker

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!

Rata-rata berada di Eropa lho

Kamu penyuka olahraga sepak bola? Selain jadwal pertandingan sepak bola yang wara-wiri di layar kaca televisi. Sudah tahu belum dengan keberadaan museum-museum ini? Museum yang wajib banget diketahui oleh para football lovers.

Karena di museum-museum berikut ini, kalian akan mendapatkan informasi serba-serbi sepak bola atau klub bola dunia. Seperti apa, ya penampakan museum tersebut? Yuk, ke sana!

1. National Football Museum

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!boydengroup.com

Terletak di Manchester, Inggris, National Football Museum ialah museum sepak bola terbesar dan terbaik di dunia. Di museum ini terdapat kurang lebih 140 ribu koleksi barang terkait dengan sepak bola.

Selain mendapatkan informasi seputar sepak bola dengan melakukan tur, di National Football Museum ini pengunjung juga dapat melakukan permainan interaktif yang seru dan menyenangkan.

2. Museum of Spanish Football Team

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!michael84.co.uk

Kemenangan Spanyol pada ajang Piala Dunia 2010, membuat museum ini makin populer sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Madrid. Menjadi kebanggaan masyarakat Spanyol, di museum ini kalian dapat menyaksikan piala treble Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

3. Japan Football Museum

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!play-life.net

Jepang salah satu negara di Asia yang ikut serta dalam Piala Dunia. Museum ini tidak hanya sebagai sebatas wadah informasi seputar sepak bola saja. Japan Football Museum didedikasikan untuk menarik minat para anak-anak maupun remaja untuk mempelajari seputar sepak bola.

Selain ruang pameran dan tempat permainan, di sini terdapat pula toko J-League di mana pengunjung dapat membeli kit dan syal sepak bola J-League terbaru.

Baca Juga: 11 Museum Terbaik di Indonesia, Referensi Wisata Asyik Selama Ramadan

4. German Football Museum

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!fernwehundso.de

Memiliki desain futuristik, museum ini berisi mengenai sejarah sepak bola di Jerman yang digambarkan pada pajangan dinding, fotografi pertandingan bola, pameran kostum bola, dan masih banyak lainnya. Museum in terletak di kota Dortmund.

5. Scottish Football Museum

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!visitscotland.com

Jalan-jalan ke Taman Hampden, Glasgow, tidak ada salahnya mampir ke Scottish Football Museum. Museum sepak bola milik Skotlandia ini ternyata pertama di Eropa lho. Di dalam museum ini terdapat Hall of Fame Sepak Bola Skotlandia yang menampilkan individu-individu dengan kontribusi besar bagi Sepak Bola Skotlandia.

6. FIFA World Football Museum

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!inyourpocket.com

Dioperasikan oleh FIFA, museum ini berlokasi di Zurich, Swiss. Diantara semua museum sepak bola, FIFA World Football Museum mencakup semua aspek warisan sepak bola internasional.

Pendirian museum ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang unik dan menarik, dan menunjukkan bagaimana FIFA menghubungkan dan menginspirasi dunia melalui sepak bola.

7. Arsenal Football Club Museum

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!442design.com

The Gooners, kalian harus ke sini setidaknya sekali seumur hidup. Terletak di London, banyak item yang dipamerkan disumbangkan dengan baik oleh mantan pemain yang memegang tempat khusus dalam sejarah Arsenal.

Museum Arsenal membuka tur yang didampingi oleh berpemandu yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi balik layar Stadion Emirates, rumah dari klub sepak bola Arsenal.

8. Chelsea FC Museum and Stadium Tours

8 Museum Sepak Bola Ini Wajib Dikunjungi Football Lovers!goldentours.com

Masih di kota London, selama berada di Chelsea FC Museum and Stadium Tours kamu bisa melihat barang-barang koleksi Chelsea seperti jersey, bola, sepatu, dan piala treble.

Menariknya kamu akan ditawari kesempatan untuk mengunjungi ruangan-ruangan yang biasanya disediakan untuk para pemain pada hari pertandingan, termasuk ruang ganti dan ruang pers.

Itulah tadi delapan museum yang wajib diketahui oleh kamu yang ngaku football lovers. Jika diberi kesempatan ke salah satu museum tadi, kalian pilih kemana?

Baca Juga: 5 Museum Paling Keren di Singapura, Dijamin Gak Bosen Deh!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You