Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!

Liburan tidak harus menyampingkan kebutuhan rohani

Buat kamu yang suka jalan-jalan, tidak ada salahnya untuk membuat rencana melakukan perjalanan spiritual agar kebutuhan rohani kamu tercukupi. Pikiran dan hati pun menjadi tenang, lantas kadar keimananmu pun semoga juga semakin bertambah.

Nah, buat kamu yang hendak melakukan wisata atau perjalanan spiritual, berikut IDN Times rekomendasikan beberapa kota yang wajib dikunjungi. Dijamin, perjalanan spiritualmu bakal berkesan deh!

1. Mekkah

Rekomendasi 5 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!nytimes.com

Mekkah adalah salah satu kota suci bagi umat muslim, selain Madinah dan Al-Quds (Yerusalem). Terletak di Arab Saudi, kota ini menjadi tempat umat muslim diseluruh dunia untuk menjalankan rukun islam ke-5 yaitu Haji. Selain itu, umat muslim dapat melakukan perjalanan spiritual seperti umroh.

Kota Mekkah pertama kali ditempati oleh Nabi Ibrahim bersama istrinya Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail. Dan dikota ini juga, Nabi Muhammad lahir. Mekkah menjadi kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia.

2. Vatikan

Rekomendasi 5 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!elsouvenir.com

Kota Vatikan adalah merupakan pusat budaya dan sejarah penting bagi umat Katolik dan peziarah serta turis lainnya dari seluruh dunia. Tujuan populer di antara pengunjung adalah Basilika Santo Petrus yang dibangun pada abad ke-4 dan dibangun kembali pada abad ke-16.

Basilika Santo Petrus menjadi Gereja Katolik terbesar didunia. Disini, wisatawan dapat menghadiri misa dan menerima Komuni. Setelah itu, Paus memberi pesan perdamaian dan memberkati orang banyak di halaman luar Basilika Santo Petrus.

3. Varanasi

Rekomendasi 5 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!/traveltriangle.com

Sebuah kota kuno di sepanjang tepian Sungai Gangga, India. Varanasi dianggap oleh banyak umat Hindu sebagai pusat alam semesta Hindu. Legenda Hindu menceritakan tentang Dewa Siwa yang mendirikan Varanasi dan tinggal di sana sekali waktu.

Lokasi utama yang penting di Varinasi yaitu Sungai Gangga, sebuah sungai yang sangat tidak dapat dipisahkan dari kepercayaan umat Hindu. Dalam satu tahun, lebih dari satu juta orang percaya akan memasuki kota suci untuk mandi atau minum air suci di Varanasi.

4. Bodh Gaya

Rekomendasi 5 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!industrialtour.com

Terletak di Bihar, India. Bodhgaya adalah tempat suci bagi umat Budha. Sejarah menyebutkan, setelah 49 hari meditasi duduk di bawah pohon Bodhi di kota suci ini, Siddhartha Gautama mencapai pencerahan dan menjadi Buddha.

Terletak di depan pohon Bodhi, Kuil Mahabodhi adalah kuil Buddha yang paling suci. Setiap tahun, peziarah serta biarawan dan biarawati pergi ke Bodh Gaya untuk bermeditasi di bawah pohon yang sama dengan Sang Buddha.

5. Yerusalem

Rekomendasi 5 Kota Untuk Kamu yang Berniat Lakukan Perjalanan Spiritual!urlaubspiraten.de

Yerusalem adalah kota suci yang terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara laut tengah dan laut mati. Salah satu kota tertua didunia ini menjadi kota suci bagi tiga agama yaitu Yahudi, Islam, dan Kristen.

Umat Yahudi percaya bahwa Dome of the Rock yang terdapat pada Kota Yerusalem adalah tempat ruang Maha Kudus, tempat paling suci bagi agama Yahudi. Dinding ratapan atau tembok barat adalah tempat ziarah utama umat Yahudi dari penjuru dunia.

Bagi umat Kristen, Yerusalem adalah tempat dimana Yesus disalib di bukit Golgota atau bukit Kalvari. Terdapat Gereja Makam Kudus yang dikelola bersama dan tempat ini menjadi salah satu tujuan ziarah utama bagi umat Kristen diseluruh dunia.

Sedangkan bagi umat Islam, Al-Quds (Yerusalem) adalah tempat dimana Nabi Muhammad datang ke Masjidil Aqsa dari Mekkah dalam perjalanan malam Isra Miraj, melakukan sholat dan doa. Dan kini, Masjid Al-Aqsa menjadi  tujuan ziarah umat muslim diseluruh dunia.

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya