Comscore Tracker

5 Spot di Solo Selain Pasar Klewer yang Bikin Pecinta Batik Cuci Mata

Bisa sekalian belanja, guys!

Sebagai pasar batik terbesar di Kota Solo, Pasar Klewer menjadi destinasi wajib dikunjungi oleh para pecinta batik. Selain mata dimanjakan dengan cantiknya kain batik beragam corak dan warna, setiap pengunjung yang datang juga dapat berbelanja batik dengan harga terjangkau.

Tidak hanya Pasar Klewer, lima spot di Solo berikut ini mesti dikunjungi juga oleh para pecinta batik. Yuk, catat nama tempatnya!

1. Museum Batik Danar Hadi

5 Spot di Solo Selain Pasar Klewer yang Bikin Pecinta Batik Cuci Matainstagram.com/danarhadi_id

Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Memiliki arsitektur bangunan bergaya Eropa, di dalam museum pengunjung dapat menyaksikan koleksi kain batik yang jumlahnya mencapai ribuan.

Jenis batik yang dipamerkan pun beragam. Terdapat batik Jawa Hokokai, batik asli keraton, batik Jawa Hokokai, batik pesisir hingga batik Sumatera yang mana semuanya memberi kamu edukasi tentang perbedaan corak masing-masing batik.

Selama di museum batik ini pengunjung juga diberi kesempatan untuk menyaksikan secara langsung proses membatik hingga menjajal membuat batik. Asyik banget, deh!

2. Rumah Heritage Istana Batik Keris

5 Spot di Solo Selain Pasar Klewer yang Bikin Pecinta Batik Cuci Matainstagram.com/journey_traveling

Rumah Heritage Istana Batik Keris terbilang spot baru di Solo. Wisata ini berdiri di atas bangunan tua tak berpenghuni yang disinggahi oleh kelelawar, dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Omah Lowo.

Bermetamorfosis menjadi bangunan klasik nan memesona, banyak hal menarik yang ditawarkan oleh spot wisata satu ini. Mulai dari menyaksikan beragam kerajinan batik, menikmati keindahan interior museum yang terbilang nyeni banget hingga menikmati sajian lezat dari resto atau kafe di Rumah Heritage Istana Batik Keris.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Selat Solo Autentik, Awas Bikin Ketagihan!

3. Kampung Batik Laweyan

5 Spot di Solo Selain Pasar Klewer yang Bikin Pecinta Batik Cuci Matainstagram.com/laweyan.solo

Kepengin memuaskan diri belajar mengenai batik? Kunjungi saja Kampung Batik Laweyan. Kampung batik ini lekat sekali dengan Kyai Haji Samanhudi yang tak lain adalah tokoh pendiri Sarekat Dagang Islam sekaligus pengusaha batik di Kota Solo.

Sebab itu, di kampung ini kamu akan mendapati pula keberadaan Museum Samanhoedi yang memamerkan koleksi batik hasil karya sang legenda. Batik Laweyan sendiri berbeda dari batik Kauman, yang mana warnanya lebih terang.

Karena itulah jangan sia-siakan kesempatan belajar dari para pengerajin batik Laweyan dengan ikut serta membatik.

4. Dalem Go Tik Swan

5 Spot di Solo Selain Pasar Klewer yang Bikin Pecinta Batik Cuci Matainstagram.com/idalaksmono

Dalem Go Tik Swan menjadi museum batik selanjutnya yang dapat kamu kunjungi selama di Kota Solo. Jangan heran jika mengunjungi museum ini kamu mendapati banyak arca maupun benda pusaka karena Go Tik Swan memiliki jiwa seni tinggi.

Go Tik Swan adalah sang maestro batik di Solo keturunan Tionghoa. Tak cuma batik, Go Tik Swan sosok tokoh yang sangat mencintai budaya Jawa. Di rumahnya yang kini disulap menjadi museum tersebut memamerkan batik dengan motif berbeda, yang disebut batik Indonesia.

5. Kampung Batik Kauman

5 Spot di Solo Selain Pasar Klewer yang Bikin Pecinta Batik Cuci Matainstagram.com/explorekampungbatikkauman

Mengunjungi Kampung Batik Kauman, akan membuatmu serasa kembali ke Solo tempo dulu karena banyak bangunan lawas yang berdiri di pemukiman ini. Lokasinya di jantung Kota Solo, Kampung Batik Kauman tak pernah sepi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk belajar mengenai batik Solo.

Selain dimanjakan dengan batik klasik berdasarkan standar keraton, banyak spot foto yang instagramable banget di Kampung Batik Kauman. Terdapat juga beberapa kafe dan tempat makan yang siap memanjakan lidah kamu.

Jangan cuma tahu Pasar Klewer saja, ya! Lima spot di atas dapat dikunjungi juga oleh para pecinta batik ketika pelesiran ke Solo. Selagi mengunjungi salah satu atau semua spot batik yang telah disebutkan tadi, gali sebanyak mungkin informasi mengenai batik yang bisa menambah wawasan kamu.

Baca Juga: 5 Spot Wisata Asyik di Solo Lokasinya Tak Jauh dari Keraton Surakarta

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya