Comscore Tracker

5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalan

Kota kolonial di negara yang tidak pernah dijajah

Berkunjung ke kota tua bukanlah hal baru ketika sedang pelesiran ke suatu tempat. Namun, Kota tua Phuket berbeda dengan kota tua dari berbagai negara. Apa yang membedakan?

Dahulu, Phuket terkenal sebagai pusat penambangan timah di Thailand. Dan, kawasan yang dikenal sebagai Kota tua Phuket ini adalah tempat tinggal para pedagang dari berbagai negara seperti Portugis, Tiongkok, Arab, dan lainnya.

Jika kota tua dari berbagai negara umumnya digunakan sebagai pusat pemerintahan atau tempat tinggal para keluarga penjajah. Kota tua Phuket, tidak!

Di Kota tua Phuket ini ada lima hal seru yang gak boleh terlewatkan ketika kalian mengunjunginya. Apa saja, ya? Yuk, baca!

1. Mengunjungi Thai Hua Museum yang kental nuansa Tiongkok

5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalanmyguidephuket.com

Di bangunan dengan arsitektur gaya  Sino-Portuguese ini terdapat tiga jenis ruangan yang terdiri dari ruang koleksi museum, ruang pameran, dan aula serbaguna.

Uniknya, museum ini tidak hanya memamerkan koleksi benda atau kebudayaan Thailand saja! Thai Hua Museum juga kental nuansa Tiongkok. 

Buat kalian yang suka kepo tentang sejarah, mengunjungi Tha Hua Museum menjadi hal menyenangkan karena dapat mempelajari sejarah dan kebudayaan dari dua negara sekaligus.

2. Mengambil gambar di Soi Romanee, spot instagramable di Kota tua Phuket

5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalanmsblissness.com

Hobi fotografi? Soi romanee di Kota tua Phuket, tempat yang tepat untuk mengambil gambar.

Wilayah ini disinggahi oleh deretan kafe, bar, dan losmen yang mana bangunannya memanfaatkan gedung atau ruko tua dengan arsitektur khas Portugis yang disegarkan kembali dengan warna-warni cat.

Nuansa klasik Soi Romanee bikin hati para pengunjungnya jadi terpikat. Wajar saja jika Soi Romanee menjadi spot instagramable yang mengasyikan pula sebagai spot untuk nongkrong.

3. Wisata rohani atau menyaksikan festival Kuil Jui Tui dari dekat

5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalandreamstime.com

Bagi kalian yang menganut keyakinan Buddha, tidak ada salahnya mengunjungi Kuil Jui Tui selama berada di Kota tua Phuket.

Kuil bersejarah ini adalah kuil tradisional Tiongkok yang telah berdiri di kota tua ini sejak tahun 1911. Banyak umat Buddha kota Phuket ibadah di kuil dengan menggunakan pakaian ibadah berwarna putih.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, kuil ini terbuka untuk umum bagi wisatawan yang ingin menilik sejarah dan arsitektur kuil atau menyaksikan Festival Vegetarian Phuket atau yang dikenal  pula dengan sebutan Nine Emperor Gods
Festival yang berlangsung setiap tahun.

Untuk tahun ini, Festival Vegetarian Phuket akan berlangsung selama beberapa hari di bulan Oktober mendatang. 

Baca Juga: 5 Kafe Instagramable di Phuket, Biar Gak ke Pantai Aja!

4. Mencicipi lezatnya kolaborsi kuliner Thailand dan Tiongkok di China Inn Café

5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalanthelostguides.com

Memasuki kafe klasik ini kalian akan disambut pemandangan menarik berupa keindahan kaligrafi huruf Mandarin, lukisan, serta tatanan furniture yang kental
nuansa Tiongkok.

Tidak hanya itu saja, selama di sini lidah kalian akan dimanjakan pula dengan hidangan lezat kolaborasi kuliner Thailand dan Tiongkok yang punya cita rasa nan khas dan bikin terngiang-ngiang usai mencicipinya.

5. Kuliner malam dan belanja oleh-oleh di Phuket Walking Street

5 Hal Seru di Kota Tua Phuket, Thailand yang Bikin Betah Jalan-jalanthailand.tripcanvas.co

Pelesiran ke Kota Tua Phuket, jangan sampai melewatkan serunya kuliner malam dan belanja oleh-oleh di Phuket Walking Street! Kenapa? Karena pasar malam ini hanya buka pada hari Minggu saja!

Jadi, sayang banget jika kalian sampai melewatkan serunya tawar menawar barang untuk oleh-oleh atau sekadar mencicipi lezatnya street food ala Phuket Walking Street seperti seafood panggang, telur puyuh goreng, tom yum, thai tea, dan masih banyak kuliner lainnya.

Cukup menarik bukan pelesiran ke kota tua yang ini? Jika biasanya kalian dibuat merinding karena riwayatnya yang kental nuansa penjajahan.

Di Kota Tua Phuket kalian tidak akan mendapati hal tersebut. Jadi, kapan nih kalian akan berkunjung ke Kota tua Phuket?

Baca Juga: 6 Pantai di Phuket Ini Wajib Kamu Datangi Ketika Liburan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya