Comscore Tracker

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!

Ada gua vertikal terdalam lho!

Pacitan terkenal dengan wisata alamnya yang indah, mulai dari banyaknya gugusan pantai hingga disebut kota seribu satu gua. Menariknya, Pacitan ini tidak hanya terkenal dengan banyaknya pantai seperti Pantai Klayar, Teleng Ria, hingga pantai Banyu Tibo namun terkenal juga memiliki banyak wisata gua yang tidak kalah menakjubkan seperti Gua Gong, Gua Tabuhan, dan Gua Putri.  

Untuk kamu yang hobi traveling dan suka menjelajah alam. patut kamu kunjungi 7 wisata gua yang pasti akan membuat jiwa petualanganmu tergugah!

1. Gua Gong

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!Instagram.com/ hnrtourtravelsurakarta

Gua Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo Kota Pacitan. Gua ini sudah terkenal oleh para pelanjong dari dalam maupun luar negeri. Gua indah ini dinamakan Gua Gong karena batu di dalamnya ketika dipukul akan mengeluarkan suara yang serupa gong gamelan.

Gua Gong sendiri dinobatkan menjadi gua tercantik se-Asia Tenggara. Tidak perlu khawatir untuk masuk ke dalam, sebab di dalam gua sudah dilengkapi dengan lampu penerangan yang berwarna-warni hingga trek pejalan kaki untuk menyusuri dalam gua.

2. Gua Tabuhan

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!instagram.com/gotojatim

Tidak jauh dari Gua Gong juga terdapat Gua Tabuhan. Gua Tabuhan terletak di Desa Wareng, Kecamatan Panung, Kota Pacitan. Gua yang satu ini tidak kalah bagus dari Gua Gong lho! Sama seperti Gua Gong, stalagmit dan stalaktit di dalamnya juga dapat digunakan sebagai alat musik tabuh. Gua Tabuhan sendiri memiliki nama asli Gua Tapan, di mana pada zaman dahulu gua ini sering digunakan untuk tempat bertapa.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Pacitan yang Enak Ini Wajib Masuk Daftar Kulineranmu

3. Gua Putri

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!pacitantrip.com

Selain Gua Gong dan Gua Tabuhan, Pacitan memiliki gua indah yang lain yaitu Gua Putri. Gua Putri terletak di sebelah barat kota Pacitan yaitu di Desa Soka, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Ukuran dari Gua Putri sendiri tidak terlalu panjang dan besar. Di dalam gua memiliki stalagmit dan stalaktit yang terbentuk melalui proses pelarutan air di daerah kapur yang terus menerus. Asal mula dinamakan Gua Putri tidak terlepas dari isi gua yang terdapat batuan yang menyerupai sosok putri.

4. Gua Dawung

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!pacitanku.com

Gua Dawung terkenal memiliki adanya tujuh sendang di dalam gua. Sendang bisa diartikan sebagai sumber mata air. Gua Dawung terletak di Hutan Dawung, Desa Piton, Kecamatan Punung. Gua ini memiliki karakteristik yang sangat unik dibandingkan dengan gua lainnya., yaitu keberadaan sendang salah satunya yaitu sendang pitu. Sendang ini memiliki cekungan air yang membentang di atasnya.

5. Gua Kalak

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!Instagram.com/tyaslestarie tyaslestarie

Gua Kalak terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Gua Kalak bisa dijumpai di tepi jalan raya arah ke Pantai Klayar. Gua Kalak merupakan salah satu gua yang lebih dulu ditemukan. Gua Kalak terkenal dengan cerita mistis di mana dahulu Gua Kalak digunakan sebagai tempat semedi dan bertapa oleh raja-raja Jawa.

6. Gua Luweng Ombo

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!instagram.com/ranirebs

Pacitan juga memiliki Gua Luweng Ombo. Gua ini terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Luweng Ombo disebut sebagai gua vertikal yang paling terbesar dan terdalam di Pulau Jawa. Jika dilihat di google earth Luweng Ombo Pacitan akan nampak seperti lubang hitam di atas bumi. Terbatasnya sinar matahari di dalam gua membuat dasar gua menjadi lembab sehingga tumbuh berbagai vegetasi di dalamnya.

7. Gua Luweng Jaran

7 Wisata Gua di Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi, Megah dan Indah!instagram.com/ mushthafa_2310

Gua ini terletak di Desa Jlubang, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Sama seperti Gua Luweng Ombo, gua ini merupakan gua vertikal. Di dalam Gua Luweng Jaran terdapat sungai bawah tanah, di mana jika hujan deras terjadi permukaan di sekitar pintu gua akan berubah menjadi sungai. Sehingga akan sangat berbahaya jika pengunjung datang pada saat musim penghujan yang sulit diprediksi.

Itulah tadi 7 gua di Pacitan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur. Menjelajah gua-gua di Pacitan tentu akan memberikan sensasi petualangan yang sangat menarik.So, jangan lupa mampir ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Spot Sunset Paling Epik di Pacitan, Bikin Lupa Pulang

Nina Nadiah Photo Community Writer Nina Nadiah

Kuliah yang menyambi dengan kuli tinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You