Comscore Tracker

Wisata Sekaligus Menambah Pahala, Ini 5 Tempat Ziarah di Madinah

Nikmati suasananya dan kejar pahalanya

Di tengah kepenatan kadang kamu membutuhkan suasana baru untuk mengembalikan mood dan gairah hidup. Maka tidak ada salahnya sesekali bepergian ke luar negeri untuk mengunjungi suatu tempat. Contohnya adalah mengunjungi 5 tempat ini bisa dimasukkan dalam wishlist-mu.

Selain untuk wisata, kamu juga bisa menambah pahala dengan berdoa dan melakukan salat di lima tempat bersejarah ini. 

1. Masjid Nabawi

Wisata Sekaligus Menambah Pahala, Ini 5 Tempat Ziarah di Madinahpixabay.com/id/konevi

Pertama, tentu saja Masjid Nabawi di Madinah. Selain untuk merasakan suasana suatu tempat yang baru buatmu di sini, kamu bisa melakukan salat dengan nilai pahala yang sangat tinggi, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.

"Salat di masjidku ini (Nabawi) lebih utama 1000 kali dibanding salat di masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram dan shalat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali dari shalat di masjid lainnya." (HR. Ahmad, Ibnu Huzaimah dan Hakim).  

2. Makam Rasullah SAW

Wisata Sekaligus Menambah Pahala, Ini 5 Tempat Ziarah di Madinahsmat-alsafwa.com

Selanjutnya, kamu juga bisa pergi ke makam Rasullulah SAW. Selain mendapati suasana baru, kamu juga meningkatkan cinta kepada Rasullulah.

Dahulu Nabi SAW dinamakan Masqurah. Makam Rasulullah SAW berada di satu ruangan masjid dengan makam Abu Bakar Assiddiq RA, dab Umar Ibnu Khattab RA. 

Baca Juga: 9 Wisata Religi di Banten yang Kental dengan Unsur Agama Islam

3. Jabal Uhud

Wisata Sekaligus Menambah Pahala, Ini 5 Tempat Ziarah di Madinahpixabay.com/yasirgurbuz

Jabal Uhud adalah sebuah bukit terbesar di Madinah, letaknya kurang lebih 5 km dari pusat Kota Madinah. Di lembah bukit ini pernah terjadi perang antara kaum muslimin sebangak 700 orang yang melawan kaum musyrikin Mekkah yang berjumlah 3000 orang.

Perang Uhud terjadi pada tahun ke-3 H. Dalam pertempuran tersebut, 70 orang syuhada gugur, antara lain Hamzah Muthalib, paman Nabi Muhammad SAW. 

4. Khandak atau Masjid Khamsah

Wisata Sekaligus Menambah Pahala, Ini 5 Tempat Ziarah di Madinahtfamanasek.com

Khandak dari segi bahasa berarti parit. Dalam sejarah Islam, yang dimaksud khandak adalah peristiwa penggalian parit pertahanan sehubungan dengan peristiwa pengepungan kota Madinah oleh kaum kafir Quraisy dengan sekutu-sekutunya dari Yahudi.

Atas saran dari sahabat Rasullulah SAW, maka digalilah parit pertahanan di bawah pimpinan Rasullulah SAW sendiri yang terjadi pada bulan Syawal tahun ke-5 Hijriah. Peninggalan perang khandak yang ada sekarang hanyalah lima buah pos yang dulunya berjumlah tujuh.

Menurut sebagian riwayat, tempat tersebut adalah bekas pos penjagaan pada peristiwa perang khandak dan sekarang dikenal dengan nama Masjid Sab'ah atau Masjid Khamsah. 

5. Masjid Quba

Wisata Sekaligus Menambah Pahala, Ini 5 Tempat Ziarah di Madinahpixabay.com/Konevi

Masjid Quba adalah sebuah masjid yang terletak di daerah Quba kurang lebih 5 km sebelah barat daya Madinah.

Ketika Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah, orang pertama yang menyongsong kedatangan Rasulullah SAW adalah penduduk Quba. Di masjid ini pula pertama kalinya diadakan salat berjamaah secara terang-terangan.

Demikian lima tempat ziarah yang bisa jadi wishlist kamu untuk dikunjungi. Selain untuk menikmati suasana baru, namun juga bisa menambah pahala dan mempertebal iman. 

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah Betlehem, Kota Suci Nan Memesona di Tanah Palestina

Santi Rizki Photo Verified Writer Santi Rizki

Aku tak pernah berhenti!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya