Comscore Tracker

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Ini

Wisata berkesan, pengetahuan juga nambah.

Selain terkenal dengan wisata alam dan kulinernya, Bandung juga terkenal dengan keunikan wisata sejarahnya. Ada beberapa museum unik yang wajib kita kunjungi saat di Bandung. Jika kamu masih libur sekolah atau baru mengambil cuti jatah Lebaran, kamu bisa mengunjungi 7 museum terbaik di Bandung ini.

1. Museum Konferensi Asia Afrika.

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Initrivia.id

Museum ini paling ramai dikunjungi dibanding museum lainnya. Selain karena lokasinya yang dekat dengan pusat wisata kota, tetapi juga acara menarik sering diadakan di dalam museum ini. Di dalam museum, kita bisa menemukan mesin ketik, telepon, teropong, piagam, buku-buku bersejarah yang disusun dengan rapi dan terawat. Ada juga foto-foto kegiatan konferensi Asia Afrika dan sekilas ceritanya tertempel di sepanjang dinding. Tidak hanya itu, di satu ruangan ada beberapa layar interaktif yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui orang-orang di balik Konferensi Asia Afrika.

2. Mengenal sejarah pendidikan melalui Museum Pendidikan Nasional.

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Iniberita.upi.edu

Museum ini terletak di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Bangunannya memiliki desain yang modern dan terhitung masih baru. Kamu dan keluarga bisa mengenal perkembangan pendidikan di Indonesia  melalui museum ini. Di dalam museum, kamu bisa melihat cuplikan materi pelajaran, koleksi buku, alat tulis, ijazah, dan bangunan sekolah dari masa klasik sampai masa reformasi.

Bagi kamu calon guru di sini kamu juga dapat mengetahui sejarah guru dan pendidikan guru pun ada di sini. Satu hal yang paling menarik lagi yaitu terdapat cafe lho di lantai atas museum ini!

3. Belajar seni di Museum Barli.

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Initrivia.id

 Museum ini didirikan untuk mengenang Barli, seorang pelukis terkenal pada masanya dan sempat mendesain logo Siliwangi. Museum Seni Barli menyimpan sejarah lukisan Barli dari masa ke masa, perkembangannya, dan alat-alat lukis yang pernah ia pakai. Demi melestarikan budaya, kreativitas, dan nilai-nilai Indonesia, Museum Barli juga mengadakan kelas menggambar. Selain punya koleksi tentang seni, kamu bisa menemukan permainan lama seperti pinball dalam bentuk fisiknya di sini. Museum ini terletak di Jalan Prof. Ir. Sutami, Sukasari. Wah dekat nih!

4. Museum Geologi Bandung kaya koleksi fosil.

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Inidagoholiday.com

Museum ini juga terletak di pusat kota tepatnya di dekat gedung sate yang paling iconic di Bandung. Museum ini memperoleh bantuan renovasi dari JICA (Japan International Cooperation Agency) dan diresmikan oleh salah satu Presiden RI yaitu Megawati Soekarnoputri pada tahun 2000. Di museum ini terdapat materi-materi geologi yang berlimpah seperti fosil, batuan dan mineral. Selain itu ada juga alat simulasi gempa dan layar khusus untuk menonton Film dokumenter proses pembentukan bumi lho. Seru kan?

Baca juga: Museum Madame Tussauds Hong Kong Segera Pamerkan Patung Lilin Jokowi

5. Mengenal kebudayaan Jawa Barat melalui Museum Sri Baduga.

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Iniwikipedia.org

Dengan berkeliling di museum bertingkat tiga ini, kamu bisa mempelajari hampir seluruh kebudayaan Jawa Barat. Museum Sri Baduga punya koleksi terlengkap seputar kebudayaan di Jawa Barat. Dari mulai batu, koin zaman dulu, wayang, kain, tumbukan, karya seni rupa, sampai kerangka makhluk hidup pun ada di sini.

6. Surganya para filateli, Museum Pos Indonesia.

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Initrivia.id

Di museum ini terdapat prangko dari luar negeri di zaman Perang Dunia ke-II dan zaman lainnya yang jumlahnya sampai ribuan akan menjadi pengalaman baru buatmu. Selain itu, ada juga surat emas bersejarah dari para raja di zamannya. Tidak ketinggalan pula, berbagai kendaraan yang dipakai untuk mengantar surat dapat disaksikan di sini. Alat transportasi tersebut mulai dari sepeda kumbang, sampai motor berbadan besar yang populer di tahun 1990-an.

7. Berjelajah di Museum Kereta Api

Masih Liburan? Coba Kunjungi 7 Museum Terbaik di Bandung Inihttp://trivia.id

Museum kereta api dikenal juga dengan gedung Graha Parahyangan, museum ini tak cuma menyimpan foto-foto stasiun di pulau Jawa dari zaman ke zaman. Di dalamnya ada gerbong lama, mesin pembuat karcis, mesin cetak tanggal karcis, alat komunikasi telegraf, telepon kayu, serta alat hitung odhever yang tentunya berasal dari zaman dulu dan tidak digunakan lagi.

Baca juga: Libur Lebaran, Kunjungi 11 Museum Terbaik Di Indonesia Ini

Sari Nurmayani Photo Verified Writer Sari Nurmayani

Science and Research enthusiast | Love teaching so much

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You