Comscore Tracker

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke Semarang

Yuk liburan dulu!

Statusnya sebagai Ibukota Provinsi, menjadikan Semarang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kalau lagi ke Semarang, biasanya kita teringat pada salah satu objek wisatanya yaitu Lawang Sewu.

Padahal, banyak juga lho tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi. Nah, ini dia lima tempat yang wajib banget kamu kunjungi. Check this out!

1. Candi Gedong Songo

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke SemarangDoc. Pribadi

Candi Gedong Songo ini letaknya di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang. Candi Gedong Songo cukup unik dan berbeda dibandingkan candi lainnya di Indonesia.

Candi-candi yang ada di sini letaknya berjauhan. Untuk menuju dari satu candi ke candi lainnya, para wisatawan harus menelusuri jalan setapak yang menanjak.

Meski cukup melelahkan, pemandangan di sekeliling jalan setapak sayang untuk dilewatkan. Di tengah-tengah jalan setapak yang menanjak tersebut, ada kawah belerangnya lho.

2. Umbul Sidomukti

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke SemarangDoc. Pribadi

Tidak jauh dari Candi Gedong Songo, tepatnya di Jimbaran, Bandungan, terdapat pemandian air panas yang bernama Umbul Sidomukti. Selain pemandian air panas, Umbul Sidomukti juga menyediakan Outbond Training, Adrenalin Games, dan Camping Ground.

Cocok deh buat para wisatawan yang mau berlibur bareng keluarga besar.

3. Brown Canyon

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke SemarangDoc. Pribadi

Nah, kalau yang ini sebenarnya adalah lokasi bekas penambangan tanah. Lokasinya di Meteseh, Semarang. Pemandangan di Brown Canyon ini juga dianggap mirip dengan Brown Canyon yang terletak di Amerika Serikat.

Kalau ingin ke Brown Canyon, usahakan datang pada sore ya, agar tidak terganggu oleh debu-debu dari sisa tanahnya.

4. Sam Poo Kong

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke SemarangDoc. Pribadi

Menurut sejarah, Kelenteng  Sam Poo Kong ini merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Di dalam kawasan wisata ini terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang besar banget loh.

Selain itu, ada juga toko souvenir yang menjual buku-buku sejarah dan menyediakan penyewaan kostum khas Tiongkok.

5. Simpang Lima

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke SemarangDoc. Pribadi

Nama sebenarnya adalah Lapangan Pancasila Semarang, tapi lebih dikenal dengan nama Simpang Lima. Sama halnya dengan Alun-Alun Yogyakarta, di Simpang Lima Semarang juga banyak yang menyewakan sepeda hias yang harganya sekitar 25 ribu sampai 35 ribu.

Tidak usah khawatir kalau lelah berkeliling Simpang Lima, karena banyak sekali penjual makanan dan minuman. Jadi tinggal pilih deh!

6. Masjid Agung Jawa Tengah

6 Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Lagi ke SemarangDoc. Pribadi

Buat wisatawan yang ingin mencoba wisata religi, Masjid Agung Jawa Tengah bisa banget lho dijadikan destinasi. Masjid Agung Jawa Tengah terkenal karena memiliki payung yang mirip dengan Masjid di Madinah.

Selain itu, terdapat juga menara yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melihat indahnya Kota Semarang. Usahakan datang pada malam hari ya, karena pemandangannya akan lebih indah.

Nah, jadi mau ke tempat wisata yang mana dulu nih?

Savira Tavana Dewi Photo Community Writer Savira Tavana Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You