Comscore Tracker

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di Tiongkok

Mau tahu tentang kota Wuhan?

Nama kota Wuhan tiba-tiba menjadi pembicaraan di seluruh dunia setelah disebut sebagai kota yang menjadi sumber dari virus corona. Saat ini kota Wuhan sendiri sedang diisolasi atau ditutup oleh pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran virus yang semakin luas. 

Sebelumnya mungkin tak banyak yang mengetahui tentang kota Wuhan. Nah, berikut ini 5 fakta yang perlu kamu ketahui tentang kota Wuhan di Tiongkok:

1. Terdiri dari tiga distrik

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di Tiongkokbstatic.com

Wuhan terdiri dari Wuchang, Hankou, dan Hanyang. Tiga distrik tersebut dipisahkan oleh Sungai Yangtze dan Sungai Han. Setiap distrik tersebut memiliki fungsi utama yang berbeda-beda. Wuchang merupakan pusat kebudayaan yang memiliki banyak universitas. Di sini juga terdapat distrik riset dengan industri hi-tech. Hankou merupakan pusat perdagangan sehingga paling sibuk dan sejahtera di Wuhan. Sedangkan Hanyang merupakan daerah industri yang menjadi penyokong pembangunan di Wuhan. 

2. Pernah jadi kota termakmur

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di Tiongkokstrikinglycdn.com

Wuhan merupakan kota yang letaknya cukup strategis. Pada akhir abad ke-19, kota ini menjadi yang paling makmur di bagian tengah Tiongkok. Pada tahun 1927, Hankou, Wuchang, dan Hanyang bersatu membentuk kota Wuhan. Saat ini, Wuhan dikenal sebagai pusat budaya, pendidikan, dan pusat transportasi. 

3. Pertumbuhan transportasi yang pesat

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di Tiongkokstaticflickr.com

Kota ini memiliki 6 jembatan dan 1 terowongan yang melintasi Sungai Yangtze. Terdapat 2 stasiun utama di Hankou dan Wuchang. Kereta Guangzhou-Wuhan High Speed merupakan salah satu yang paling cepat di dunia dan bisa mencapai kecepatan 394 km/jam.

Sebelum munculnya virus corona, kota ini mencatat pertumbuhan trafik penerbangan yang pesat di Wuhan Tianhe International Airport. Bandara ini disebut salah satu yang paling sibuk di Tiongkok.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Menhub Tutup Rute Penerbangan ke Wuhan

4. Kota dengan pabrik otomotif

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di Tiongkokbusinessinsider.com

Wuhan juga dikenal sebagai rumah bagi pabrikan otomotif ternama di dunia seperti General Motors, Renault, Peugeot, Nissan, dan Honda. Akibat virus corona, aktivitas pabrik otomotif di kota tersebut tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Beberapa pabrik seperti Renault dan Honda bahkan memilih tutup. Meskipun kota Wuhan ditutup sementara, namun perusahaan otomotif asal Perancis, Peugeot (PSA) ingin melakukan evakuasi pada karyawan ekspatriat yang tidak memiliki gejala terinfeksi.

5. Iklim subtropis basah

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di Tiongkoksmartcity.press

Kota Wuhan memiliki iklim subtropis basah dengan 4 musim. Rata-rata suhu tertinggi ada di bulan Juli yaitu 33°C. Sedangkan rata-rata suhu terendah ada di bulan Januari yaitu  0°C. 

Ibu kota dari Provinsi Hubei ini berada di kawasan benua yang besar dan terletak 60 km dari laut sehingga pada musim panas akan terasa intens, sedang musim dingin akan sangat dingin.

Saat ini Kota Wuhan menjadi sorotan dunia dan pemerintah di sana memilih untuk menutupnya sehingga tak ada akses keluar-masuk. Meskipun jauh dari Indonesia namun penyebaran virus ini perlu diwaspadai karena bisa menular antar manusia lewat bersin, batuk, dan air liur.

Jadi Pusat Virus Corona, 5 Fakta tentang Kota Wuhan di TiongkokIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya