Comscore Tracker

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!

Kamu bisa liburan tapi juga sambil belajar sejarah lho! 

Masjid merupakan tempat beribadah umat muslim, di mana tempat tersebut juga menjadi pusat kehidupan mereka. Di zaman modern ini fungsi masjid sudah tidak hanya sebagai rumah beribadah umat muslim, namun banyak juga yang dijadikan destinasi wisata religi yang tersebar di berbagai negara.

Dari ribuan masjid di seluruh dunia, berikut merupakan 6 masjid tertua yang bisa kamu jadikan destinasi wisata yang sarat akan sejarahnya.

1. Masjid al-Haram, Makkah, Arab Saudi

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!myumrahguide.com

Masjid al-Haram adalah masjid tertua dan terbesar di dunia yang mengelilingi Ka'bah. Meskipun tanggal pendiriannya tidak diketahui, namun tempat ini sebagai tujuan utama bagi jamaah haji dan umroh umat Islam.

Masjid tersebut mulai dibangun kembali sejak Zaman Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS setelah sebelumnya rusak terkena air bah pada zaman nabi Nuh AS. Bangunan tersebut telah direnovasi berulangkali, hingga menjadi struktur yang sangat megah dengan daya tampung hingga 820.000 orang.

2. Masjid Quba, Madinah, Arab Saudi

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!islamiclandmarks.com

Masjid Quba terletak di Al Khatim, Madinah, Arab Saudi. Masjid Quba merupakan masjid terbesar di Arab Saudi, yang dibangun pada tahun 622 Masehi.

Nabi Muhammad (SAW) meletakkan pondasi Masjid Al-Quba ketika pertama kali mencapai Madinah pada tahun 622 Masehi. Selanjutnya Masjid Quba dibangun kembali menggunakan gaya arsitektur Islam modern di abad ke-20.

Luas masjid kini mencapai 5.035 dengan daya tampung 20.000 jamaah. Di bagian tengah masjid ini terdapat tiga unit pendingin, di mana masing-masing memiliki kemampuan satu juta delapan puluh ribu unit pendingin.

3. Masjid Al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!unsplash/@adliwahid

Masjid al-Nabawi terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah pada tahun 622 M, yaitu beberapa bulan setelah dibangunnya masjid Al-Quba. Struktur pertama masjid dibangun di dekat rumah Nabi Muhammad.

Masjid ini telah mengalami konstruksi selama berabad-abad di bawah dinasti penguasa yang berbeda. Di luar masjid ini pula terdapat makam Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya.

Baca Juga: Ini 5 Masjid di Aceh dengan Gaya Timur Tengah yang Memukau Mata 

4. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!www.pilotguides.com

Masjid al-Aqsa atau Bait al-Muqaddas merupakan kiblat pertama bagi umat Islam. Masjid ini dibangun selang 40 tahun setelah di bangunnya Masjid al-Haram. Masjid al-Aqsa terletak di Yerusallem dan dibangun tepat pada tahun 1035. Masjid al-Aqsa merupakan kompleks masjid yang terletak di Palestina.

Masjid Al-Aqsa memiliki desain arsitektur yang memadukan unsur tradisional dengan sedikit sentuhan modern. Masjid ini memiliki 7 buah lorong yang ditunjang oleh tiang-tiang melengkung bergaya hypostyle nave.

5. Masjid Al-Qiblatain, Madinah, Arab Saudi

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!www.oberoihotels.com

Masjid al-Qiblatain (masjid dua kiblat) dibangun pada tahun 623 Masehi. Ketika Nabi Muhammad menerima wahyu untuk mengubah arah salat (kiblat) dari Yerusalem ke Makkah. Yang menawan dari bangunan masjid ini adalah kubah dan menara yang memiliki ruang mihrab dengan ukiran kaligrafi yang dicat dengan menggunakan warna kuning emas. Masjid ini mampu menampung sekitar 2000 jamaah secara bersamaan.

6. Masjid Huaisheng, Guangzhou, Tiongkok

6 Masjid Tertua di Dunia, Enggak Hanya di Saudi Arabia!trip.com

Masjid Huaisheng dibangun sekitar 627 M oleh Hz Sa'ad ibn Abi Waqas (RA) atau paman dari Nabi Muhammad SAW. Masjid tersebut terletak di Guangzhou, Tiongkok. Masjid Huaisheng juga disebut sebagai Masjid Guangta atau Masjid Mercusuar atau Menara Menara Cahaya.

Masjid Huaisheng dibangun untuk mengenang Nabi Muhammad SAW, maka masjid tersebut diberi nama Huaisheng yang dalam Bahasa China berarti “Mengingat Santo”.

Itulah enam masjid tertua yang tersebar di berbagai negara yang mana tempat itu juga dijadikan kunjungan wisata religi. Nah dari semua masjid tertua tadi, mana yang jadi idola kamu? 

Baca Juga: 5 Fakta Masjid Central London, Bangunan Klasik Terkenal di Inggris

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Penikmat kopi pekat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya