Comscore Tracker

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget 

Pemandangannya bikin perjalanan adem!

Di Eropa, kereta api menjadi salah satu pilihan terbaik saat bepergian. Selain bisa lebih nyaman dan santai, menggunakan jalur kereta api juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi kemacetan. Gak perlu mengemudi, naik kereta api pun bisa jadi solusi buat mengurangi keterlambatan. Mantap, nih.

Terlebih lagi, pemandangan di sekeliling jalur yang sangat indah. Melintasi hamparan pegunungan menakjubkan dan menyusuri desa-desa kecil nan indah. Menyaksikan pesona sekeliling dari jendela kereta, berasa liburan, deh. Berikut beberapa jalur kereta api di Eropa, yang menawarkan landscape alam begitu menakjubkan.

1. Bernina Express, Swiss 

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget instagram.com/@albertocari

Swiss memang sudah jadi surganya pemandangan alam menakjubkan di Eropa. Terlebih pegunungan Alpen di Swiss, menyajikan puncak dan hamparan gletser yang tertutup salju serta lembah hijau yang subur. Bikin betah tinggal di sana, deh. Jika kamu berniat menikmati keindahan Swiss tanpa menguras tenaga, menjelajah dengan jalur Bernina Express bakal jadi pilihan terbaikmu.

Jalur Bernina Express ini siap menemanimu sekitar 2,5 jam untuk menyusuri keindahan Swiss dari balik jendela. Pemandangan pegunungan yang epik, beberapa pedesaan yang menawan, dan ladang bunga yang bakal memanjakan penumpang. Apalagi dengan melihat hamparan pegunungan Alpen yang diselimuti salju. Bakal nambahin ketenangan jiwa, sih.

2. West Highland Line, Skotlandia 

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget www.outdooractive.com

Jalur West Highland di Skotlandia lebih populer dengan sebutan Hogwarts Express. Menerabas keindahan hamparan hijau menggunakan jenis kereta api uap berwarna merah tua, kamu bakal berasa di film Harry Potter. Kereta ini juga menembus dataran tinggi di Skotlandia, yang menawarkan pemandangan bak menuju sekolah Hogwarts di film Harry potter.

Kereta api tua ini bakal memberikan pengalaman perjalanan yang indah dan klasik, seperti kamu sedang berada di dunia terdahulu. Saat kamu melihat ke luar jendela, pemandangan luas dengan pegunungan yang mengesankan dan lembah yang mebentuk liukan sempurna.

Bakal tambah jatuh cinta dengan Skotlandia, deh. Jika kamu jngin menikmati pemandangan Skotlandia yang menawan, kamu bisa datang kesana saat musim semi dimana dedauanan sedang bermekaran indah.

3. Cinque Terre, Italia 

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget www.walksofitaly.com

Cinque Terre merupakan kawasan wisata yang populer bagi warga Italia ataupun mancanegara. Sebenarnya objek tersebut merupakan kumpulan dari lima desa yang bertengger di tebing Pantai Liguria. Bukan jajaran pedesaan seperti pada umumnya saja, Cinque Terre memiliki koleksi bangunan berwarna-warni yang dihadapkan pada pemandangan samudra biru. Sangat dramatis.

Tidak diragukan lagi, jalur kereta api yang membentang panjang tersebut pasti menjadi kendaraan favorit bagi wisatawan. Di sini juga menyediakan kereta lambat yang menawarkan paket tak terbatas buat penumpang, di mana kamu bisa berhenti disetiap desa untuk berjalan-jalan.

Di samping tidak tersedianya akses yang bagus buat mobil, naik kereta api sambil menikmati keindahan dari balik jendela tentu lebih terasa nyaman. Apalagi saat matahari terbenam, jadi kenangan yang dramatis, deh.

Baca Juga: 5 Rute Kereta Api di Swiss dengan Panorama Paling Ciamik 

4. Rhine Valley Line, Jerman

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget livingnomads.com

Jerman memang sudah menjadi salah satu negara yang punya jaringan kereta api yang maju. Maka dari itu, kebanyakan penduduk Jerman memilih kendaraan satu ini sebagai alternatif untuk menikmati kenyamanan dan keindahan. Terlebih, tarif kereta api di Jerman juga cukup terjangkau. Pilihan terbaik, sih.

Selain populer dengan jalur kereta api yang melintasi tengah perkotaan Jerman, di sana juga terkenal dengan jalur indah yang membentang di tengah pedesaan yang dipenuhi hamparan pemandangan hijau. Wajib coba, nih.

Kamu bisa memanjakan mata dengan menikmati keindahan perbukitan hijau, kebun anggur dengan disertai bangunan kastil yang bertengger di atasnya, ataupun birunya air sungai yang membentang di bawahnya. Lengkap, deh.

5. Flam Railway, Norwegia 

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget www.tourhq.com

Walaupun hanya menyusuri sekitar satu jam perjalanan, tapi dijamin wisatawan bakal tertegun dengan sajian alam yang bisa diintip dari balik jendela. Selain melalui hamparan hutan yang hijau dan menyegarkan, penumpang juga bisa menyaksikan lemandangan tebing gletser yang berada di sekeliling jalur kereta. Tampak dramatis, deh.

Jika kamu ingin menyaksikan bebatuan es yang sangat nyata di depan mata, kamu bisa menumpang kereta di sini saat musim dingin. Bakalan terasa di film Frozen, deh. Pastikan kamu juga memilih kursi dekat jendela, ya. Biar bisa menikmati pemandangan alami Norwegia seutuhnya.

6. Linha do Douro, Portugal 

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget www.travel-in-portugal.com

Merupakan jalur yang berada di wilayah Douro, dimana menjadi tempat paling terkenal dengan produksi anggur tradisionalnya. Memiliki perbukitan luas yang ditutupi kebun anggur. Jadi pemandangan yang menggiurkan, deh. Jika kamu naik kereta, kamu bisa turun langsung di pusat Douro, dan berjalan-jalan menyusuri surganya pepohonan anggur di Portugal.

Berkereta di Douro bakal membuat betah wisatawan, karena disuguhkan dengan pemandangan pepohonan anggur yang merambat di sekeliling jalur kereta. Jika ingin menyaksikan puncak keindahan perbukitan anggur di sini, kamu disarankan datang sekitar bulan Mei hingga Agustus saat pepohonan berada di puncak kesuburan.

7. Semmering Line, Austria 

7 Jalur Kereta Api Terindah di Eropa, Pemandangannya Eksotis Banget www.europebyrail.eu

Austria memang sudah terkenal dengan komposisi alam yang dilengkapi dengan perbukitan, pegunungan, serta kota-kota berhiaskan bangunan ikonik, yang bisa ditempuh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang gak mudah. Tapi ada alternatif instan buat menikmati surganya Austria ini, yaitu menjelajah dengan kereta api yang melintasi daerah tersebut.

Semmering Line membentang sejauh 41 km di daerah pegunungan. Jalur perlintasan kereta api tersebut menyuguhkan indahnya panorama alam dari balik jendela kereta. Saking indahnya, jalur ini juga masuk dalam daftar warisan UNESCO, lho. Bahkan, jalur ini juga jadi jalur kereta bersejarah, yang dibangun sekitar tahun 1848 hingga 1854, hebat.

 

Itulah beberapa jalur perkereta apian yang menawarkan pemandangan memesona. Bakal menambah kenangan indah perjalanan liburan, sih. Apalagi biaya perjalanan menggunakan kereta api relatif murah. Paket komplit, deh.

Baca Juga: 10 Jalur Kereta Api Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Termasuk 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya