Comscore Tracker

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betah

Gak boleh terlewatkan, nih  

Yogyakarta memang memiliki ribuan destinasi yang berbasis alam. Gak hanya sebatas pantai dan gunung saja, tapi Yogyakarta juga dilengkapi dengan banyaknya destinasi gua dan air terjun yang begitu menawan.

Tak hanya satu atau dua saja, Yogyakarta memiliki banyak air terjun yang tersebar diberbagai daerah disini. Karena lokasinya yang jauh dari perkotaan, air terjun di Jogja memiliki panorama dan nuansa yang sangat menawan dengan kesejukan yang membuatmu gak ingin beranjak pulang.

Berikut 9 objek air terjun di Jogja yang pemandangannya siap memukau kamu.

1. Air Terjun Curug Setawing 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@w.p.adjie

Terletak jauh dari perkotaan yang memberikan sensasi adem dan menyegarkan dengan udaranya yang masih asri, air Terjun Curug Setawing terletak di Desa Jatimulyo, Kulon Progo. Curug Setawing ini memiliki ketinggian yang lumayan tinggi juga, yaitu sekitar 45 meter.

Karena lokasi air terjun ini sering dilanda kekeringan, kamu bisa mengunjunginya setiap musim hujan tiba. Tak hanya udara yang masih sejuk dan menyegarkan saja, kamu juga akan disuguhkan pemandangan yang memukai di sekitar air terjun ini.  

2. Kedung Kandang 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@jogja.istimewa

Bukan air terjun di pertengahan hutan seperti air terjun lainnya, Kedung Kandang terletak di pertengahan hamparan sawah yang memberikan sensasi kesejukan. Arus air terjun di sini pun gak terlalu deras. Kamu bisa aman mengajak anggota keluarga buat berenang dan bermain air disini.

Di sini juga sudah disediakan spot foto berupa menara pandang yang bakal menambah keren hasil jepretanmu. Walaupun terletak agak jauh dari pusat kota Jogja, tapi kamu bakalan puas dengan pemandangan dan kesejukan dari Air Terjun Kedung Kandang ini.  

3. Air Terjun Kembang Soka 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@joeluluk

Terkenal dengan julukannya sebagai surga tersembunyi, air terjun satu ini terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Destinasi satu ini sangat cocok buatmu yang ingin menenangkan diri dengan kesegaran alam yang merelaksasi pikiranmu.

Terletak jauh dari perkotaan, kesegaran air terjun ini bakalan membuatmu gak pengin pulang. Saat perjalanan menuju air terjun Kembang Soka, kamu juga akan disuguhkan dengan panorama Pegunungan Menoreh. Gak bakal terasa lelah, deh.  

4. Air Terjun Luweng Sampang 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@joeluluk

Terletak di Kabupaten Gunungkidul, air terjun satu ini memiliki ketenangan dan kesejukan yang bakal buatmu gak pengin pulang. Kecantikan dari warna air terjun di sini akan berubah-ubah dengan bergantinya musim juga.

Kamu bisa menyaksikan air terjun dengan bebatuan dan tanah yang cokelat menghiasi putihnya air. Air terjun di sini hanya berketinggian sekitar lima meter dengan debit air yang cukup rendah, jadi masih aman buatmu yang ingin berkecipung sambil bermain air.  

Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Jawa Barat, Ada yang Sebening Kaca

5. Curug Pulosari 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@carrynovarianti

Air terjun ini terletak tak jauh dari pusat kota Jogja, yakni di Kabupaten Bantul. Curug Pulosari memiliki keunikan indah yang terletak pada warna air terjun yang putih berlarik seperti tirai yang memanjang indah.

Air terjun di sini tidak terlalu tinggi, jadi kamu bisa berenang santai di kolam bawah air terjun. Karena lokasinya jauh dari keramaian kota, air terjun di sini cocok buatmu yang ingin mencari suasana tenang dan menyenangkan.  

6. Lepo Dlingo 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@objek_wisata_jogja

Terletak di Kabupaten Bantul, air terjun di sini butuh sedikit tenaga untuk menyaksikan keindahan dari air terjun satu ini. Untuk menyaksikan keindahan panorama dari air terjun ini, kamu harus turun berjalan menyusuri tangga bebatuan sambil melihat aliran sungai disini.

Destinasi ini juga memiliki 3 tingkatan air terjun dan disediakan kolam air di setiap tingkatannya. Kamu bakalan lebih leluasa untuk menikmati kesejukan air terjun di sini, deh.  

7. Air Terjun Sri Gethuk 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahwww.datawisata.com

Siapa sih yang belum pernah kenal sama air terjun memukau satu ini? Karena saking indahnya panorama di sini, air terjun Sri Gethuk sering dibilang juga sebagai Grand Canyon-nya Yogyakarta.

Tak hanya sebatas menikmati air terjun dan kamera saja, kamu juga bisa menyewa pelampung ataupun menguji adrenalinmu melalui rafting dan flying fox yang sudah disediakan dengan harga yang terjangkau. 

8. Air Terjun Goa Selarong 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@pinkanbeby34

Kamu ingin menikmati air terjun dengan santai tanpa takut pancuran air yang deras? Inilah tempat yang cocok buatmu. Selain terkenal sebagai destinasi sejarah yang berkaitan dengan Pangeran Diponegoro, di sini juga memiliki keindahan alam yang memberikan rasa ketenangan buatmu. Kamu bisa mengunjunginya di luar musim hujan agar debit air terjun masih rendah.

9. Air Terjun Kedung Pedut 

9 Objek Air Terjun di Jogja yang Memukau Habis, Ademnya Bikin Betahinstagram/@objek_wisata_jogja

Kedung Pedut merupakan destinasi air terjun yang barusan booming di media sosial. Kamu bisa menikmati keindahan alam dan kolam yang begitu menawan dengan gradasi warna yang memancarkan warna biru kehijauan.

Jika belum cukup berfoto secara langsung di bawah sana, kamu bisa naik ke gardu pandang yang sudah disediakan khusus untukmu yang suka dengan fotografi.

Panorama keindahan alamnya memukau semua, ya. Dari semua tadi, kamu sudah berkunjung di mana saja, nih?

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Padang di Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak Semua

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya